3 Manfaat Pentingnya Mencatat Pengeluaran Setiap Bulan

5 Jan 2018 18:25 666 Hits 0 Comments
Jangan cuma nyatet diary aja, pengeluaran kamu juga penting lho untuk di catet! Siapa tau kamu bisa jadi ahli akuntan atau konsultan pajak Indonesia

Bagi kamu yang suka hitung-hitungan dan kelak bercita-cita menjadi seorang akuntan yang handal atau mungkin ingin melakukan tax audit di berbagai perusahaan terkenal di Indonesia, mulailah belajar dari hal yang sepele dahulu, misal mencatat pengeluaran kamu per bulannya. Karena dengan mencatat pengeluaran, selain kamu bisa melatih mengontrol keuangan, kamu akan mendapatkan 3 manfaat ini!

1.   Perencanaan Finansial yang Baik

Kalau kamu sering mendengar keluhan dari temen ‘duh baru awal bulan tapi gaji gue udah abis nih’ atau ‘mau beli ituuuu, tapi lagi gapunya duit’. Kamu tidak akan merasakan hal itu kalo kamu selalu mencatat pengeluaran kamu dengan baik. Kamu akan tahu dengan pasti cara mengalokasikan berapa uang yang akan digunakan dalam sebulan. Seseorang yang cermat mengeluarkan uangnya pasti memiliki perencanaan finansial yang baik. Sehingga jika akhir bulan ada barang yang perlu dibeli, kamu tidak akan mengatakan ‘tunggu gajian aja deh, duit gue udah abis soalnya’.

Selain dengan mencatat pengeluaran, perencanaan finansial yang baik juga bisa kamu lakukan dengan mulai menabung atau ikut asuransi. Manfaat asuransi memang akan terasa dalam jangka panjang, tetapi ada manfaat all risk yang perusahaan asuransi berikan jika kamu mengalami musibah sewaktu-sewaktu, seperti masuk rumah sakit atau kecelakaan.

2.   Tidak Stres Karena Hutang

Karena kamu sudah mengalokasikan dengan baik keuangan kamu dalam sebulan, kamu pastinya sudah mengantisipasi jika tiba-tiba ada pengeluaran yang tidak terduga. Sehingga gak ada lagi tuh cerita ‘minjem duit ke temen dulu’ atau ‘ngutang’. Hutang bisa membuat kamu stres lho, apalagi kalo kamu terus dikejar-kejar untuk melunasi hutang tersebut.

Dengan mengetahui setiap pengeluaran akan membuat kamu lebih siap dan terencana dalam menghadapi kebutuhan tak terduga. Jadi stres karena hutang dan masalah finansial yang lain bisa dihindari.

 

3.   Tidak Kalap dalam Berbelanja

Dalam berbelanja khususnya wanita, tanpa disadari kamu bisa menghabiskan uang untuk hal–hal yang tidak dibutuhkan. Dengan selalu mencatat dan mengetahui setiap dana yang masuk dan keluar beserta tujuannya akan membuat kamu mengetahui jumlah harta yang kamu miliki dalam sebulan. Otomatis, kamu pasti akan mikir-mikir terlebih dahulu sebelum membelanjakan uang kamu. So, pastiin kamu nyatet setiap awal bulan keperluan apa yang memang harus dibeli dan mana yang tidak.

Terkadang, manusia hanya ‘laper mata’. Setelah belanja, barang tersebut jadi tidak bermanfaat. Hanya digunakan sekali atau mungkin tidak digunakan sama sekali. Memang agak sulit untuk mengikuti gaya hidup jaman now, tapi kalau ada manfaat untuk jangka panjang, kenapa enggak?

 

 

So, mulailah untuk menggunakan uang yang kamu dapatkan perbulan dengan sebaik-baiknya. Memang sih ada pepatah work hard, play hard, tetapi tetap harus disesuaikan juga ya ‘play hard’ nya yang seperti apa. Selamat mencoba, guys!

Tags

About The Author

Ingrid Fadila 14
Pensil

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel