Bagaimana Cara Membimbing Anak Agar Aman Menggunakan Smartphone

2 Apr 2024 11:50 171 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana Cara Membimbing Anak Agar Aman Menggunakan Smartphone

Sebagai orang tua anda disarankan untuk melek teknologi. Tak hanya mengenali apa saja yang anak-anak lakukan di dunia maya melainkan anda juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam membimbing mereka seperti memiliki smartphone. Smartphone memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya. Seperti salah satu diantaranya adalah untuk memantau aktivitas apa saja yang dilakukan anak-anak ketika daring dari anda sebagai orang tua.

Meskipun anda sebagai orang tua bisa belajar dari pengalaman dimana anda bisa memberikan anak-anak kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik, tetap saja cara mendidik anak di rumah akan menjadi bagian dari perkembangan mereka di masa depan. Ini bisa direfleksikan ketika mereka beraktivitas di dunia nyata atau maya melalui smartphone. Memang terasa sulit untuk mengalihkan perhatian anak-anak yang terlanjur melekat dengan gadget, karena anak menjadi memiliki kenikmatan tersendiri ketika berjam-jam di depan HP untuk melakukan kegiatan online dan bisa saja melupakan hubungan sosial dengan anda sebagai orang tuanya. Meskipun terlihat mengkuatirkan bagi para orang tua, kecanduan anak terhadap gadget bisa diakali dengan banyak cara, contohnya adalah mengajak anak-anak bermain atau melakukan kegiatan lain yang setidaknya mampu menarik minatnya untuk sejenak menjauh dari gadget. Beberapa kegiatan bersama yang sederhana bisa anda lakukan terhadap anak-anak seperti membaca buku cerita, menyanyi atau menggambar adalah alternatif kegiatan bersama yang bijaksana.rencanakan setiap akhir pekan dengan melakukan akegiatan di luar rumah yang aman dan nyaman serta meneynagkan bagi anak anda.

Salah satu kegiatan yang bisa mengalihkan perhatian anak dari gadget adalah olahraga renang. Selain melatih fisiknya juga bisa meningkatkan kecerdasan anak dan menumbuhkan jiwa sportifitasnya. Memiliki gadget tidak selamanya berarti negatif karena penggunaan gadget bagi anak-anak tidak boleh sembarangan dan tetap perlu mendapatkan pendampingan dari para orang tua. Karena dampak negatif akan muncul jika anak terlalu dini terpapar dan sampai kecanduan gadget.Untuk itulah perlu mengetahui cara mendidik dan mengatur anak bermain gadget terutama jenis smartphone. Yuk simak penjelasan kami tersebut di bawah ini.

1/ Batasi waktu bermain gadget

Daripada bosan dan lelah terus-menerus melarang, maka lebih baik membuat aturan dan kesepakatan waktu bermain gadget. Anda bisa melarang anak bermain game hanya pada hari sekolah saja lalu memperbolehkan mereka bermain online hanya pada hari libur. Atau boleh saja bermain setelah tugas dan tanggung jawabnya di rumah selesai dikerjakan.

Dua jam per hari adalah waktu normal untuk anak bermain game di gadget. Ingat semakin lama anak terpapar layar gadget maka semakin berkurang juga daya konsentrasi anak karena memiliki pengaruh terhadap neurotransmitter otak yaitu dopamine.

2/ Beri contoh lalu letakkan gadget sembarangan

Supaya anak anda patuh dengan kesepakatan, maka orang tua juga perlu memberikan contoh. Jika memang ini adalah urusan pekerjaan, jelaskan kepada anak-anak. Jangan letakkan gadget sembarangan agar anak tidak tergoda untuk bermain. Jika anak sudah memiliki gadget sendiri, anda bisa password agar tidak bebas di akases oleh mereka.  Berikan bila waktunya mereka bermain dan kembalikan ke tempatnya bila waktunya usai.

3/ Bermain bersama

Menemani anak-anak menggunakan gadget seperti bermain game tak hanya meningkatkan hubungan sosial tetapi juga ikut memperhatikan tontonan maupun game yang mereka pilih untuk dimainkan. Karena sekarang banyak game yang tidak cocok untuk anak-anak dengan mudah bisa dibuka oleh mereka jika anda kurang kontrol terhadap aktivitas online mereka.

4/ Gunakan platform video khusus anak-anak

Supaya streaming video sesuai dengan tontonan anak-anak, arahkan agar hanya boleh mengakses pada platform khusus anak. Sembari menjelaskan bahwa banyak konten yang tidak boleh di akses karena tidak sesuai usia, menakutkan dan lain sebagainya. Informasi yang diberikan pun harus menggunakan kata-kata yang jelas, halus da sesuai dengan kemampuan maupun usia anak-anda.

5/ Batasi kuota internet

Salah satu cara untuk mengontrol penggunaan gadget pada anak adalah dengan membatasi kuota internet. Ini bisa dilakukan apabila pembatasan waktu kurang ampuh dan anak anda kerap minta tambahan waktu bermain atau untuk menonton video.

Cara mudah untuk pembatasan kuota internet adalah bisa dengan menggunakan paket kuota keluarga atau paket akrab dari provider yang mengusung tagline ‘Jadi Lebih Baik’. Selain cara pembatasan kuota yang mudah, anda juga bisa berbagi kuota ke semua anggota keluarga.

Semoga bermanfaat.

Tags Teknologi

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel