Tips Mengelola Waktu Mengajar Para Guru Lewat Ponsel Pintar

24 Apr 2024 09:13 192 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Mengelola Waktu Pengajaran Para Guru Lewat Ponsel Pintar

Belajar secara daring dengan menggunakan smartphone guru tentunya mempunyai tantangan tersendiri. Karena ini dianggap lebih bebas dan fleksibel dimana peserta didik justru dituntut supaya memiliki komitmen gunamelakukan pembelajaran secara mandiri di rumah. Pembelajaran secara daring dengan bantuan smartphone guru mempunyai tantangan tersendiri dalam hal pengawasan agar para peserta didik bisa melakukan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan waktu belajar tatap muka secara langsung di kelas dengan para guru. Di samping itu perangkat teknologi seperti smartphone dan laptop serta jaringan internet yang lancar wajib tersedia. Lalu bagaimana caranya agar pembelajaran secara daring  dapat dilakukan secara efektif ?

Juga berhubungan dengan manajemen waktu adalah sebuah proses perencanaan, pengaturan, dan pengendalian sumber daya waktu guna mencapai tujuan yang ditentukan. Ini termasuk menetapkan prioritas, mengatur tugas-tugas dan kegiatan serta mengelola interupsi dan mengatasi prokrastinasi. Hubungan yang harmonis dengan teman-teman dan para guru adalah hal yang diimpi-impikan di sekolah selama melalui kegiatan offline dan online. Ini adalah gambaran kehidupan yang seimbang atau life balance. Keseimbangan hidup merupakan situasi dimana seseorang mempunyai kehidupan yang seimbang dan efektif dalam segala hal. Tentu saja hal tersebut dicapai dengan berusaha da nada banyak faktor yang mempengaruhinya.

Seperti penyusunan target-target yang matang, perencanaan tugas-tugas yang konsisten dan pengelolaan waktu yang efektif. Sebagai upaya dalam mewujudkan hal-hal yang saling berhubungan seperti antara pelajar dengan pguru di sekolah. Perlu mengenal beberapa tips mengelola waktu pengajaran dengan trik pintar dibantu oleh keberadaan smartphone untuk guru dan pelajar. Silahkan simak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

 

1/ kelola waktu dengan baik

Aturlah waktu belajar Anda supaya Anda tidak terbiasa mengulur-ulur waktu dalam mengerjakan tugas dari guru. Biasakan diri untuk fokus dan mengerjakan tugas di awal waktu.

Adanya komitmen pengerjaan tugas tentunya akan lebih mudah dilakukan jika pihak sekolah atau perguruan tinggi menetapkan batas-batas waktu pengerjaan tugas kepada para pelajar.

 

2/ Carilah tempat yang nyaman

Tempat-tempat yang nyaman sangat dibutuhkan yang merupakan salah satu kunci supaya belajar tetap fokus dan penuh dengan konsentrasi. Anda bisa mencari tempat seperti sudut rumah yang biasanya dijadikan taman santai yang nyaman untuk brlajar. Selanjutnya adalah luangkan waktu Anda guna mendekor area meja belajar sekreatif mungkin untuk menambah semangat Anda bertemu para guru secara online.

 

3/ Siapkan perangkat yang dibutuhkan

Persiapkan sejak dini perangkat yang akan Anda butuhkan seperti laptop, smartphone, komputer maupun saklar listrik guna mengisi daya perangkat Andaagar tidak kehabisan daya di tengah-tengah fokus belajar dimulai.

Pastikan juga perangkat Anda terhubung dengan jaringan internet Anda yang dalam keadaan lancar bebas lemot agar Anda dapat mengakses platform pembelajaran daring yang Ada butuhkan tanpa kendala.

 

4/ Komunikasikan dengan pengajar dan teman-teman belajar dalam satu grup

Meskipun Anda diwajibkan untuk melakukan proses belajar jarak jauh namun bukan berarti Anda bebas bersantai dan menunda tugas yang diberikan.

Tetap jaga komunkasi dengan para pengajar dan teman-teman belajar Anda dalam satu grup. Jika diperlukan, Anda juga bisa mengadakan grup chat khusus untuk tujuan membahas tugas yang diberikan. Di sini Anda juga bisa melaporkan tugas setiap harinya kepada pengajar.

 

5/ Jagalah kebersihan

Di saat pandemi covid-19 ini, kebersihan merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Rajin-rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan jangan lupa membersihkan perangkat belajar Anda baik itu smartphone maupun laptop secara berkala.

Semoga bermanfaat.

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel