Apakah Laravel Masih Relevan di 2024?

2 Jan 2024 18:25 347 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Framework lawas yang gak ketinggalan zaman

Pada tahun 2024, dunia pengembangan web terus mengalami evolusi pesat dengan munculnya berbagai framework dan teknologi baru. Di tengah persaingan yang ketat, pertanyaan muncul, apakah Laravel, sebuah framework PHP yang telah lama ada, masih relevan di tahun 2024?

 

Evolusi Laravel

Laravel, yang pertama kali dirilis pada tahun 2011, telah menjadi pilihan populer di kalangan pengembang web karena menyediakan lingkungan pengembangan yang ekspresif, produktif, dan memiliki sintaks yang jelas. Dengan kehadiran fitur-fitur seperti Eloquent ORM, Blade templating engine, dan Laravel Artisan, framework ini telah membantu mempercepat proses pengembangan.

Pencipta Laravel, Taylor Otwell, secara konsisten memperbarui framework ini dengan menambahkan fitur-fitur baru dan meningkatkan kinerja. Pembaruan Laravel juga selalu berusaha menjawab tantangan dan tren terbaru dalam pengembangan web.

 

Kelebihan Laravel yang Bisa Dipertimbangkan di 2024

1. ORM Eloquent: Laravel telah memperkenalkan fitur ORM (Object-Relational Mapping) Eloquent yang memfasilitasi interaksi dengan database. Dengan Eloquent, Anda dapat mendefinisikan model struktur dan hubungan, dan kemudian berinteraksi dengan database menggunakan sintaks yang kuat dan ekspresif.

2. Notifikasi dan Email: Laravel memungkinkan Anda untuk mengirim notifikasi yang indah dan stylish ke pengguna melalui email, Slack, SMS, in-app, dan lainnya. Anda dapat menghasilkan notifikasi dengan mudah dan mengirim pesan ke salah satu pengguna aplikasi Anda.

3. Antrian Pekerjaan: Laravel memungkinkan Anda untuk menunda pekerjaan yang lambat ke antrian latar belakang, menjaga permintaan web Anda cepat. Anda dapat menjalankan sebanyak mungkin worker antrian yang Anda butuhkan untuk menangani beban kerja Anda.

4. Jadwal Pekerjaan: Laravel memungkinkan Anda untuk menjadwalkan pekerjaan dan perintah berulang dengan sintaks yang ekspresif dan menghindari file konfigurasi yang rumit.

5. Event dan WebSockets: Event Laravel memungkinkan Anda untuk mengirim dan mendengarkan event di seluruh aplikasi Anda, dan listener dapat dengan mudah dikirim ke antrian latar belakang. Aplikasi frontend Anda bahkan dapat berlangganan ke event Laravel Anda menggunakan Laravel Echo dan WebSockets, yang memungkinkan Anda untuk membangun aplikasi real-time dan dinamis.

6. Autentikasi: Laravel memudahkan implementasi autentikasi. Semua proses konfigurasi autentikasi berjalan secara otomatis. Anda dapat menemukan file konfigurasi autentikasi ini di `config/auth.php`.

7. Modularity: Laravel menyediakan kumpulan modul dan library yang terkait dengan composer. Fitur ini dapat membantu Anda untuk menyempurnakan dan meningkatkan fungsionalitas dari situs web yang dibangun, serta mempermudah proses pembaruan.

8. Testability: Laravel dibangun dengan fitur proses pengecekan yang cukup lengkap. Framework ini mendukung proses pengecekan dengan PHPUnit dan file phpunit.xml yang dapat disesuaikan dengan aplikasi web yang sedang dibangun.

 

Penyesuaian dengan Tren Baru

Laravel terus beradaptasi dengan tren baru dalam dunia pengembangan web. Dengan dukungan terhadap API, integrasi dengan platform seperti Docker, dan fokus pada performa yang lebih baik, Laravel terus berusaha memenuhi kebutuhan pengembang modern.

 

Kapan Tidak Memilih Laravel?

Meskipun Laravel masih memiliki relevansi yang kuat, terdapat situasi di mana pengembang dapat memilih framework lain. Apabila suatu proyek memerlukan tingkat kontrol yang lebih tinggi atau keterlibatan langsung dengan PHP tanpa adanya lapisan abstraksi yang mendalam, pengembang mungkin lebih memilih untuk menggunakan framework yang lebih sederhana atau bahkan menghindari penggunaan framework sama sekali.

 

Kesimpulan

Pada tahun 2024, Laravel tetap menjadi pilihan yang kuat untuk pengembangan web karena memiliki fitur yang cukup lengkap serta framework PHP ini sudah mencakup full stack, maka dari itu programmer hanya perlu memaksimalkan dari fitur fitur yang sudah Laravel berikan. Laravel mempertahankan relevansinya sebagai salah satu framework PHP yang populer dan dapat diandalkan. Keputusan untuk menggunakan Laravel atau framework lainnya harus didasarkan pada kebutuhan proyek dan preferensi pengembang.

Tags

About The Author

Hafizh Athallah Y. 11
Novice

Hafizh Athallah Y.

Penulis baru & Pelajar

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel