Keanggunan Islamic Center Mataram di Lombok: Wisata Religi NTB Yang Indah untuk Dikunjungi Bersama Keluarga

28 Mar 2024 10:51 445 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Keanggunan Islamic Center Mataram Di Lombok: Wisata Religi NTB Yang Indah Untuk Dikunjungi Bersama Keluarga

Islamic Center Mataram di Lombok adalah salah satu destinasi wisata religi yang saat ini sedang viral di Lombok banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik dan turis asing mancanegara.

Islamic Center Mataram di Lombok mampu tampil unggul diantara beberapa destinasi populer wisata lainnya di sini seperti objek wisata pantai dan objek wisata alam yang menjadi favorit para pengunjung.

Islamic Center Mataram di Lombok memiliki tempat yang strategis untuk dicapai dari arah mana saja yaitu terletak di Kelurahan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat dimana di sekelilingnya memiliki nuansa kota yang ramah dan menarik untuk difungsikan sebagai aktivitas santai bersama dengan keluarga di hari libur.

Ini adalah salah satu masjid termegah dan terbesar keenam di kawasan Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal dan Masjid Islamic Center Samarinda. Masjid ini berdiri di pusat kota dengan dikelilingi oleh panorama alam yang teduh di sepanjang jalan raya Kota Mataram tampak menonjol karena mempunyai menara dan kubah yang berukuran tinggi dan besar berdiri tegak.

Jika kamu tertarik untuk mengajak anggota keluarga liburan ke Kota Mataram, wajib untuk mengunjungi objek wisata religi yang satu ini. Sebelumnya yuk kenali terlebih dahulu serba-serbi Islamic Center Lombok yang terkenal akan keindahan yang megah dengan membaca sampai habis artikel ini.

Lombok adalah salah satu pulau yang terkenal dengan julukan Pulau Seribu Masjid. Julukan ini sudah diberikan sejak tahun 1970. Terdapat sekitar lebih dari 9.000 masjid dalam beragam ukuran menyebar dari kota sampai masuk ke pelosok desa. Beberapa diantaranya memiliki arsitektur bangunan yang unik karena kental akan budaya warga Sasal Lombok sehingga difungsikan sebagai destinasi wisata religi.

Diantara banyaknya masjid ini maka yang paling menonjol adalah Masjid Islamic Center yang lokasinya sudah kami sebutkan tersebut di atas. Islamic Center Lombok mempunyai nama resmi yang diberikan oleh umat Islam di Lombok yaitu Masjid Hubbul Wathan Islamic Center. Lokasi ini diresmikan pada tahun 2013 yang lalu dan selanjutnya mengalami perkembangan yang sangat cepat sebagai destinasi wisata religi kental akan kebudayaan Islam yang mencakup kegiatan-kegiatan keagamaan didukung oleh bidang kesenian rakyat Lombok yaitu pasar seni.

Islamic Center Lombok sejak tahun 2014 menjadi pusat keseluruhan kegiatan pengkajian Islam disertai dengan studi sejarah Islam di Nusa Tenggara Barat. Seiring dengan perkembangan ke masa depan, lokasi ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai tempat ibadah saja, melainkan juga sebagai tempat untuk singgah para pelancong ke daerah Lombok. Karena mereka kagum dan merasa tertarik dengan keunikan dan kemegahan dari arsitektur bangunan masjid yang jarang ditemukan pada masjid lainnya dan inilah yang menjadi pusat perhatian turis asing untuk mengunjunginya.

Desain kubah menjadi daya tarik utama dari masjid ini yang dibangun sedemikian rupa menerapkan motif Batik Sasambo berwarna cerah menyala dan akan tampil kerlap-kerlip berwarna-warni pada waktu kamu berkunjung ke sini di malam hari.

Meskipun keseluruhan bangunan menonjolkan nuansa tradisional khas Sasak yang sangat kental, Islamic Center tetap mempertahankan nilai-nilai filosofi keagamaan terutama Islam pada umumnya melalui pembangunan menara setinggi 90 meter yang melambangkan “99 Asma ul Husna” yang luhur.

Bukan hanya sebagai tempat menarik untuk jalan-jalan santai, kawasan wisata Islamic Center Lombok menyimpan banyak kegiatan lainnya yang menarik untuk diperhatikan Membuat para wisatawan betah berkunjung ke sini di setiap liburan mereka dan paling seru dilakukan bersama dengan keluarga. Sebagai salah satu wisata religi di Lombok, tempat ini selalu ramai dikunjungi bahkan ada beberapa turis asing yang dengan penuh semangat menempuh perjalanan jauh untuk bisa melihat keindahan dan keelokan Islamic Center Lombok dar dekat. Hal lain yang tak kalah menarik untuk dinikmati saat kamu liburan di sini adalah mengikuti kulineran bulan puasa. Aktivitas ini adalah salah satu kegiatan yang kerap dilakukan di banyak masjid selama bulan puasa dimana para pengunjung bisa memperoleh takjil gratis.

Ada beragam masakan khas Nusantara tersaji untuk memanjakan perut para pengunjung setelah mereka seharian berpuasa di sekitar lingkungan masjid. Yang paling populer adalah ragam masakan berupa sate yang banyak dijual di dekat masjid. Nah itulah keunggulan dari Islamic Center Lombok yang megah tapi anggun untuk dikunjungi selama liburan ke Lombok.     

Tags Wisata

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel