Bagaimana Cara Menikmati Liburan Agar Tetap Asik Meskipun Sedang Musim Hujan? Lakukan Hal Berikut ini

27 Mar 2024 13:10 235 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana Cara Menikmati Liburan Agar Tetap Asik Meskipun Sedang Musim Hujan? Perjalanan Akan Tetap Nyaman Dengan Melakukan Beberapa Tips Ini

Saat ini sedang memasuki musim hujan di Indonesia dimana hampir setiap hari hujan mulai mengguyur beberapa wilayah tujuan wisata populer di Indonesia seperti Bali atau daerah Jawa Timur. Namun jangan sampai musim hujan ini menjadi penyebab rencana liburan kamu menjadi berantakan. Maka dari itu pastikan untuk mengikuti tips dari kami mengenai liburan nyaman ketika sedang musim hujan. Dengan memperhatikan tips-tips ini diharapkan perjalanan liburan kamu tetap nyaman dilakukan. Dimana adanya persiapan yang baik akan membuat liburan kamu berjalan menyenangkan meskipun sedang turun hujan deras dan pastinya akan berakhir dengan manis. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa tips untuk membuat liburan tetap seru di tengah musim hujan, baca sampai selesai artikel ini.

1. Langkah awal adalah melakukan riset destinasi liburan

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan perjalanan liburan ketika sedang musim hujan, pertama-tama lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui situasi dan kondisi di tempat berlibur. Dengan secara langsung mengecek destinasi tersebut maka kamu bisa mengetahui potensi adanya hujan atau tidak di lokasi berlibur. Ketahuilah jadwal operasional destinasi wisata kamu guna mengantisipasi adanya kemungkinan objek wisata tidak beroperasi ketika sedang memasuki musim hujan. Cari tahu juga tentang kondisi alam destinasi tujuan terutama ketika sedang musim hujan. Contohnya adalah apakah akses jalan akan licin, area sekitar berkabut tebal, dan lain sebagainya. Hindarilah destinasi wisata yang rawan banjir atau cuaca ekstrem.

2. Jangan lupa untuk tetap perhatikan cuaca

Sebelum kamu melakukan liburan, maka pastikan untuk mengecek dan update prakiraan cuaca destinasi tujuan liburan. Kamu bisa menggunakan informasi prakiraan cuaca yang dirilis melalui situs-situs resmi BMKG dimana prakiraan cuaca ini membahas tentang kondisi cuaca, suhu, kecepatan angina atau tingkat kelembaban udara. Kamu juga bisa melakukan pemantauan terhadap status/kondisi ombak di pantai dan status aktif gunung apabila berencana melakukan bepergian ke pantai atau gunung. Apabila telah mengecek prakiraan cuaca maka kamu juga bisa menyesuaikannya dengan keperluan terutama perlengkapanmu.

3. Jagalah selalu kesehatan sebelum dan saat/menjelang berlibur

Adanya perubahan suhu yang ekstrem sering muncul ketika sedang berada pada musim hujan. Maka dari itu, sebelum kamu menikmati liburan maka pastikan menjaga daya tahan tubuh. Ini bisa dilakukan dengan cara melakukan istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang mencukupi.

4. Selanjutnya ingat untuk melakukan cek kendaraan

Bagi kamu yang berencana untuk memakai kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan berlibur, disarankan untuk mengecek kendaraan sebelum berangkat. Ini tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi baik dan layak pakai. Karena musim hujan juga mempunyai potensi terjadi banjir yang rentan menyebabkan kendaraan mogok. Pengecekan kondisi kendaraan ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

5. Ingat selalu untuk membawa perlengkapan ini

Sebelum berangkat untuk berlibur pastikan untuk membawa perlengkapan hujan seperti sepatu tahan air, mantel hujan dan payung. Perlengkapan ini sangat dibutuhkan supaya perjalanan liburan kamu menjadi aman dari basah sehingga nyaman tanpa perlu kuatir akan basah kuyup. Jangan lupa mempersiapkan sandal jepit, plastik atau bawa ponsel anti air untuk melindungi diri dan perlengkapan penting kamu dari air hujan. Jika kamu ingin mengabadikan momen liburan di tengah guyuran hujan, maka pastikan membawa/memakai jaket anti hujan, karena selain kondisi akan basah dimana-mana juga cuaca menjadi sangat dingin. Segera ganti pakaian yang basah karena kehujanan agar tidak masuk angin. 

6. Bawa selalu beberapa jenis obat-obatan

Seperti halnay dimanapun dan kapanpun, kamu wajib membawa atau menyediakan beberapa jenis obat-obatan terutama saat sedang musim hujan. Musim penghujan seringkali dibarengi kemunculan beberapa jenis penyakit seperti flu, masuk angin, batuk-batuk dan lain sebagainya. Kamu bisa membawa obat-obatan seperti minyak kayu putih, obat flu, obat masuk angin, dan beberapa jenis vitamin.

7. Segera mandi usai basah kuyup

Apabila dalam kondisi basah kuyup setelah bepergian di luar ruangan, kamu harus segera mandi dengan air hangat lalu ganti pakaian dengan mengenakan baju yang hangat. Hal ini bisa dilakukan untuk menghindari jatuh sakit sebagai akibat masuk angin.

Semoga bermanfaat.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel