Kenapa Kucing Anda Tidak Mau Makan, Kenali Penyebabnya

23 Apr 2024 11:59 224 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kenapa Kucing Anda Tidak Mau Makan, Kenali Penyebabnya

Bagi anda yang di rumah memiliki peliharaan berupa kucing tentulah pernah mengalami kondisi dimana pada suatu hari menemukan kucing anda tidak mau makan seperti biasanya. Jika ini berlangsung selama beberapa hari maka perlu diwaspadai dan segera periksa kondisi kucing untuk mencegah masalah yang lebih serius.

Kucing yang tidak mau makan tentu akan membuat pemilik kucing bingung dan cemas. Kucing yang tidak mau makan lebih dari jangka waktu 24-36 jam maka hal ini bisa menjadi pertanda bahwa adanya gangguan kesehatan pada kucing anda. Dimana kucing yang tidak mau makan disebabkan oleh berbagai faktor seperti kehilangan nafsu makan yang dikenal dengan istilah anoreksia. Biasanya kucing akan tampak lemas, pasif, dan kurang bersemangat.

Penyebab kucing tidak mau makan adalah karena kucing mengalami gangguan kesehatan berupa fisik maupun mental seperti demam, masalah pencernaan, atau gangguan mental seperti stress dan cemas. Kucing tidak mau makan menandakan kondisinya sedang tidak baik. Nah anda sebagai pemilik kucing harus peka terhadap kondisi kucin dengan segera membawa ke dokter hewan untk mendapatkan perawatan.

Dilansir dari laman hellosehat.com, penyebab kucing tidak mau makan diantaranya adalah sebagai berikut :

1/ Masalah kesehatan sistemik

Sejumlah kesehatan sistemik bisa menyebabkan kucing tidak mau makan. Masalah kesehatan sistemik diantaranya adalah ketidakseimbangan hormon, masalah pankreas, penyakit hati, penyakit jantung, gagal ginjal dan kanker.

2/ Penyakit infeksius

Penyakit ini dapat menyebabkan ketidaknymanan dan adanya penurunan nafsu makan pada kucing. Infeksi menular yang umum pada kucing adalah feline immunodeficiency virus (FIV), feline leukemia virus (FeLV), feline infectious peritonitis (FIP), dan toksoplasmosis. Kucing yang mengalami infeksi ini akan mengalami demam hingga gangguan makan berupa anoreksia.

3/ Demam

Ketika kucing anda mengalami demam, kucing akan kehilangan nafsu makan sehingga tidak mau makan. Kucing tidak mau makan saat demam mencapai puncaknya biasanya disertai dengan gejala lain seperti kelelahan, bersembunyi di lingkungan sekitarnya, menggigil dan bernafas lebih cepat dari biasanya.

4/ Masalah pencernaan

Penyebab kucing tidak mau makan yang keempat mungkin karena mengalami masalah pencernaan yang membuatnya mual sehingga tidak mau makan. Masalah pencernaan tersebut dapat berupa gangguan menelan, pola makan yang kurang sehat dan radang usus besar.

5/ Gangguan gigi atau gusi

Gangguan gigi atau gusi yang meradang juga bisa menyebabkan kucing tidak mau makan. Hal ini membuat kucing tidak mampu mengunyah makanan dan akibatnya kucing tidak mau makan dan kalu anda beruntung, kucing anda hanya mau minum saja.

6/ Stres atau kecemasan

Kucing bisa mengalami gangguan kesehatan baik secara fisik maupun mental. Perubahan dasar yang terjadi pada kucing seperti pindah rumah atau dipaksa berpisah dengan pemilik sebelumnya dapat menyebabkan gangguan mental. Kondisi ini akan membuat kucing mengalami penurunan nafsu makan sehingga tidak mau makan.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel