Cara Membuka Webmail Melalui cPanel Hosting Anda

6 Jan 2019 00:02 981 Hits 0 Comments
cara membuka web mail dengan cpanel.

Cara untuk membuka email di cPanel bisa Anda lakukan dengan menggunakan tiga cara. Pada tutorial kali ini, saya akan membahas bagaimana caranya untuk mengakses akun email yang Anda punya di cpanel hosting Anda.

Yang Perlu Anda Persiapkan?
Sebelum Anda memulai langkah selanjutnya pada tutorial ini, pastikan jika Anda sudah memiliki:
 

  • OPTIONAL (Anda bisa mencoba cara No. 3) mengakses dengan menggunakan cPanel secara langsung
  • Akses login akun Email Anda

Cara 1: Membuka Email Dengan menggunakan Alamat IP Server
Salah satu cara untuk membuka email, yaitu dengan menggunakan Webmail, Untuk mengaksesnya harus menggunakan alamat IP server dari layanan hosting milik Anda. Sebagai ilustrasi: https://ip_server:2095(port dengan HTTPS) atau http://ip_server:2094 ( Bukan port HTTPS) (untuk yang bertuliskan IP server itu adalah IP Address akun hosting Anda). Jika Anda tidak mengetahui secara pasti detail dari IP Server, Anda bisa menanyakan hal ini kepada tim support hosting Anda.

Anda juga bisa menggunakan alamat URL http://ip_server/webmail. Dari kedua cara tersebut akan mengarah anda menuju halaman login webmail, dimana Anda hanya perlu memasukkan alamat email serta password untuk mengakses akun email Anda di cPanel. Halaman login bisa Anda lihat seperti gambar di bawah ini.[ÃÃÃâIMG]

Cara 2: Cara Membuka Email Dengan menggunakan Nama Domain Anda
Cara sederhana dan paling mudah untuk diingat saat Anda mengakses email yaitu dengan menggunakan nama domain Anda sendiri (namadomain.com/webmail). Sebagai ilustrasi, apabila Anda mempunyai nama domain namaanda.com, berarti yang harus Anda tulis ketika mengakses adalah namaanda.com/webmail. Anda juga bisa mengakses webmail dengan menggunakan nomor port selain /webmail, seperti: namaanda.com/2096/.

[ÃÃÃâIMG]

Langkah Selanjutnya Bisa Anda Lihat Selengkapnya Di Cara Membuka Webmail Dengan Cpanel.

Cara 3: Cara Membuka Email dengan menggunakan Akun Email di cPanel

Silahkan Anda mengakses login ke akun cPanel dan pilih opsi Email Accounts.

Usai Anda berada di halaman Email Accounts, selanjutnya klik More di akun email yang ingin Anda buka, kemudian pilihlah opsi Access Webmail:

Selanjutnya akan muncul pilihan dan pilihlah email klien yang akan digunakan, Anda bisa memilih salah satunya. Anda juga bisa memilih Set As Default agar ketika Anda membuka webmail nanti akan langsung masuk ke mail client yang ingin Anda gunakan.

Kesimpulan

Di tutorial kali ini Anda sudah mempelajari cara untuk membuka email di cPanel dengan menggunakan layanan Webmail. Anda juga bisa mengakses Webmail dengan menggunakan tiga email klien yang berbeda, serta menentukan client email sebagai default.

Agar dapat mempermudah Anda, kami sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan layanan mail client Roundcube. Pengoperasian yang terbilang mudah tentu saja akan menyederhanakan pekerjaan Anda.

Artikel Selengkapnya Bisa Anda Temukan Di Partner Solusi Untuk Dunia Digital Anda

Tags

About The Author

SSTutorial 20
Pensil

SSTutorial

Just Sharing Artikel

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel