Pengertian SMTP, POP3, dan IMAP

5 Jan 2019 20:56 413 Hits 0 Comments
pengertian tentang smtp,imap, dan pop3

Pastinya beberapa pengguna internet termasuk Anda sudah tidak asing menggunakan teknologi komunikasi semacam email.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas seperti apa cara kerja layanan email dengan mempelajari layanan SMTP, POP3, serta IMAP.

Pengertian Protokol di layanan Email
Sebelum saya akan menjelaskan layanan SMTP, POP3 dan IMAP, Anda harus mengetahui protokol terlebih dahulu.

Saat komputer berkomunikasi dengan komputer yang lainnya, harus ada sebuah aturan serta instruksi yang diikuti oleh setiap komputer. Istilah ini biasanya disebut dengan protokol.

Protokol yang akan saya bahas di sini masih berkaitan dengan pengiriman dan penerimaan email yakni SMTP, POP3, dan IMAP. Paragraf selanjutnya akan menjelaskan pengertian dari masing-masing protokol tersebut.

Pengertian SMTP dan POP
Sebelum saya akan membahas apa itu IMAP, Anda harus memahami penjelasan tentang SMTP beserta port defaultnya.

Apa Itu SMTP?
Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP berfungsi untuk berkomunikasi kepada server agar dapat mengirimkan email dari lokal email kepada server, sebelum akan dikirimkan ke server email penerima. Proses ini sendiri biasanya akan dikontrol dengan Mail Transfer Agent (MTA) yang terdapat di dalam server email Anda.

Port SMTP Default

  • Port 25 – Port yang tidak dienkripsi
  • Port 426 – Port SSL/TLS, atau yang biasa disebut SMTPS

Pengertian POP3
POP3 (Post Office Protocol 3) merupakan versi terbaru dari protokol standar yang berfungsi untuk menerima email. POP3 adalah protokol client/server email yang dikirimkan dari server menuju email lokal. Berfungsi untuk berkomunikasi kepada email server dan mengunduh/mendownload semua email kedalam email lokal (semacam Outlook, Thunderbird, Windows Mail, Mac Mail, dan yang lainnya), tanpa harus menyimpan salinannya di dalam server. Umumnya, dalam aplikasi email memiliki beberapa pilihan agar tetap bisa menyimpan salinan email yang telah diunduh pada server atau tidak.

Jika Anda sering mengakses akun email yang sama dengan menggunakan perangkat berbeda, kami sarankan jika Anda untuk menyimpan backup data. Hal ini harus dilakukan sebagai langkah antisipasi, Apabila perangkat kedua tak bisa mengunduh email, sedangkan perangkat pertama telah menghapusnya.

POP3 merupakan protokol komunikasi satu arah, yang berarti jika data diambil dari server dan mengirimkannya menuju email lokal pada perangkat komputer Anda.

Port POP3 Default

  • Port 110 – Port yang tidak dienkripsi
  • Port 995 – Port SSL/TLS, atau yang umumnya disebut POP3S

Kelebihan Menggunakan POP3

  • Saat email telah diunduh dengan menggunakan aplikasi local mail di komputer, Anda sudah tak perlu terhubung dengan internet jika Anda ingin membukanya kembali.
  • Kebanyakan tak memiliki ukuran limit untuk email yang akan dikirim atau diterima.
  • Bisa membuka file attachment dengan sangat cepat .
  • Tak memiliki ukuran maksimal untuk mailbox, kecuali harddisk di komputer Anda sudah penuh.

Kekurangan Menggunakan POP3

  • Jika JavaScript di email reader diaktifkan, email phishing yang memiliki embed JavaScript bisa terbaca di email.
  • Semua pesan yang masuk atau keluar secara otomatis akan disimpan ke dalam penyimpanan komputer. Hal ini tentu saja akan mengurangi space harddisk komputer.
  • Semua file attachment akan diunduh dan disimpan kedalam penyimpanan komputer. Karenanya, kemungkinan komputer terinfeksi virus dari email semakin besar.
  • Folder email terkadang kerap hilang. Jika ini sampai terjadi, upaya untuk me-restore akan sulit dilakukan.

Pengertian IMAP dan Perbedaannya dengan POP3

IMAP (Internet Message Access Protocol), sama halnya dengan POP3, juga berfungsi untuk mengirimkan email kepada local mail, hanya saja perbedaannya terletak di cara kerja.

IMAP merupakan sebuah protokol komunikasi dua arah yang membuat perubahan pada local mail yang akan dikirimkan kepada server. Pada dasarnya, isi email akan tetap berada di dalam server. Protokol IMAP sangat direkomendasikan oleh penyedia email semacam Gmail jika dibandingkan dengan menggunakan POP3.


Penjelasan Selanjutnya Bisa Anda Lihat Selengkapnya di Pengertian SMTP, POP3, Dan IMAP.

Tags

About The Author

SSTutorial 18
Pensil

SSTutorial

Just Sharing Artikel

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel