Bagaimana cara mengatasi gejala masuk angin?

7 Nov 2018 10:10 174 Hits 0 Comments
Berikut ini ulasanya!

Istilah masuk angin sangat popular di masyarakat Indonesia,meskipun tidak ada istilah masuk angin dalam kamus dan ilmu kedokteran. Masuk angin yaitu adalah..

Apa itu masuk angin?

Masuk angin adalah suatu "penyakit" yang disebabkan karena berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh. Masuk Angin diyakini menjadi penyakit yang nyata, namun saat ini belum ada bukti medis untuk mendukung klaim ini. Penyakitini mirip influenza karena gejala dan penyebabnya hampir sama.

 

Bagaimana ciri-ciri masuk angin?

Selain itu, ciri-ciri masuk angin lainnya juga bisa ditunjukkan dengan badan terasa hangat atau demam, perut kembung, sering sakit perut, sering buang angin dan berbau, diare, serta pegal-pegal.

 

Lalu bagaimana gejala-gejala yang di keluhkan pada umumnya:

  • Rasa dingin,Kadang sampe mengigil.
  • Keluhan meriang atau demam agak tinggi
  • Perut terasa kembung,kadang dapat di sertai mual/mulas
  • Cegukan atau sering bersendawa
  • Pilek
  • Badan terasa Lelah
  • Berkeringat dingin
  • Nafsu makan berkurang

Apa saja cara  mengatasi masuk angina?

  • Minum yang banyak

Saat badan sedang kurang sehat, Jangan sampai kamu kekurangan cairan tubuh. Sebab dalam kondisi seperti ini, Kamu justru akan banyak butuh cairan untuk melancarkan organ tubuh.Minum air yang cukup bisa meredakan gejala yang sedang di alami.

Sebaliknya hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan alkohol yang dapat membuat mu dehidrasi.

  • Makan makanan bergizi

Penyakit jenis apapun,termasuk masuk angin,membutuhkan makanan dengan gizi seimbang guna mempercepat pemulihan.Jika masuk angin di sertai dengan deman, flu, hidung tersumbat, dan meriang, makanan yang berkuah hangat bisa jadi pilihan yang tepat. Pastikan juga memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin E dan vitamin C, yang bisa bantu melawan infeksi.

 

  • Minum obat sesuai gejala yang di rasakan

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, gejala yang masuk angin yang dirasakan tidak akan selalu sama. Saat ini mungkin kamu demam, di kemudian hari tubuh merasa mengigil , tetapi kemarin hanya mual dan muntah saja.

Nah kalo sudah begini kamu harus segera makan obat-obatan yang bisa kamu minum guna mengatasi masuk angin sebaiknya di sesuaikan dengan gejala yang sedang di rasakan.konsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk mengetahui obat jenis apa yang tepat dengan kondisi badan mu.

 

  • Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat perlu untuk mempercepat penyembuhan, jangan di paksakan untuk melakukan banyak aktivitas jika sudah merasa gejala-gejala tersebut terasa, tidak ada salahnya kok,untuk menghentikan semua kegiatan yang sedang kamu jalani untuk sementara waktu.

Setidaknya,beri waktu istirahat untuk tubuh sampai kondisi pulih kembali,Jika kamu tetap memaksakan beraktifitas padahal tubuh dalam kondisi masuk angin, tentu masuk angin itu tidak akan sembuh sembuh dan juga jika tidak di obati akan sama saja.

 

Tags

About The Author

Akbar Rahman - 4 22
Pensil

Akbar Rahman - 4

Enjoy your life

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel