Dari TELEDOR jadi TELITI

6 Oct 2018 11:59 179 Hits 0 Comments
Pasti diantara kalian semua pasti pernah mengalami rasanya Ceroboh,tidak teliti, atau juga teledor kan ya? nah bagaimana cara agar semua itu tidak terjadi lagi simak opini saya disini!

Rasanya antara teledor dan tidak teliti sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari , ada banyak resiko yang kita rasakan waktu kita mengalaminya dan terkadang baik teledor dan teliti sering terjadi begitu saja tanpa kita ambil hikmah dari kejadian yang udah dialami, jadinya… keteledoran yang sama terjadi lagi di lain hari.

berdasarkan pengalaman sendiri dan beberapa sumber dari https://sabammanurung.wordpress.com

Pernah mengalami salah ngitung nomor pas mau beli pulsa, (misalnya kita pikir jumlah nomor nya ada 11 rupanya ada 12) padahal kurang satu nolnya aja udah rugi besar kan pulsa nya jadi masuk ke orang :(. Kemudian pernah ngalami ketinggalan barang pribadi di suatu tempat (atau barang punya orang yang dititipkan sama kita tapi ketinggalan disuatu tempat), kelupaan sama janji atau sesuatu, lupa tanggal, kehilangan barang pribadi, ceroboh, salah nulis kelengkapan data atau surat-surat (ini penting untuk anak administrasi Negara). Semuaa yang kutuliskan tadi adalah bahagian dari keteledoran, yang kesemuanya punya risiko masing-masing, nga jarang resiko itu bisa merugikan kita atau mengancam diri kita didepan orang lain. Pernah ga mengalaminya??? Kalo aku udah kualami semuanya dan resikonya udah aku tanggung

Kalo dalam KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) teliti berarti cermat, seksama, hati-hati ataupun ingat-ingat. Sekarang kita anggap aja teledor itu berarti tidak cermat, tidak seksama, tidak hati-hati atau tidak ingat-ingat. Tapi yang jelas kalo teledor itu tidak teliti. Setubuh, ehh setuju kan??

Aku tuh termasuk orang yang teledor, kurasa sudah ada dari kalian yang setuju ya kan? Kayak kubilang tadi diawal kriteria teledor itu udah kualami semua dan resikonya udah aku tanggung.  Hal teledor yang nga ku lupa itu aku sering kali lupa naro barang-barang pribadiku terakhir disimpen dimana, bayangin aja kalo headset ku udah ilang dua kali, pokok nya mah banyak weh duh

 keteledoran ku pikir harus kita kurangi mulai dari sekarang, kalo bisa jangan sampe teledor lah.. karenapengaruh nya besar sama diri kita waktu kuliah sekarang dan berpengaruh juga bagi karir kita waktu kerja nanti, waktu kerja kita akan berhadapan dengan surat-surat (bagi yang sekretaris atau bagian administrasi), dengan nominal uang (bagi yang kerja di bank atau bendahara),  dengan keputusan yang matang (bagi public policy) dan bidang lainnya. Kalo kita teledor pastilah ada resikonya, mulai dari ditegur, nga dipercaya, kerugian pribadi atau bahkan bisa jadi dipecat!! Waw..  semoga kita nga sepele ya dengan keteledoran.!!

Dari keteledoran kita selama ini, semoga jadi pelajaran lah untuk kita dan tinggalkan lah itu, mulailah TELITI, teliti itu penting, gimana cara menjadi teliti? Cukup dengan menjadi orang yang cermat, hati-hati, ingat-ingat dan seksama, kemudian kalo emang kamu orangnya pelupa sediain aja catatan di buku saku mu atau di draft hp juga bisa ngingatin hal-hal yang penting terus jangan buru-buru kalo mau ngelakui sesuatu. Kalau kita udah bisa menjalankan itu semua, Selamat! Berarti kita udah jadi orang yang teliti.

Semoga artikel ku ini membantu ya…. Dan sebaiknya jangan membaca apalagi menyebarluaskan artikel ini. Karena bisa menjadi acuan bagi orang-orang teledor di seluruh dunia. hehehe

 

 

 

 

Tags

About The Author

Akbar Rahman - 4 22
Pensil

Akbar Rahman - 4

Enjoy your life

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel