Peluang Usaha di Bidang Arsitektur

13 Sep 2018 20:16 303 Hits 0 Comments
Apakah kerjaannya cuma membuat rancangan rumah atau desain dapur minimalis? Hai calon mahasiswa! Penasaran ga si, apa aja peluang usaha di bidang arsitektur? Prospek lulusan arsitektur itu gimana? 

Hai calon mahasiswa! Penasaran ga si, apa aja peluang usaha di bidang arsitektur? Prospek lulusan arsitektur itu gimana? Apakah kerjaannya cuma membuat rancangan rumah atau desain dapur minimalis? UMMM...

Daripada ragu, yuk kita bahas bareng bareng disini secara lengkap.

Arsitektur adalah bidang ilmu yang berkaitan dengan bangunan.

Namun lebih dari itu, arsitektur juga mempelajari tentang banyak aspek, sesuai dengan kemampuan arsitek yang dituntut jeli dalam melihat permasalahan secara holistik.

Sehingga, peluang usaha di bidang arsitektur tidak hanya tentang bagaimana menjadi arsitek yang baik. Namun juga bisa berkembang ke arah yang lain.

Berikut beberapa peluang usaha yang bisa dilakukan.

12 Ide Peluang Usaha Bagi Mahasiswa Arsitektur

1. Arsitek

Salah satu peluang usaha yang utama dari bidang arsitektur adalah menjadi seorang arsitek. Arsitek akan membantu perencanaan dan desain sebuah proyek.

Peluang usaha ini membutuhkan kemampuan perencanaan yang mumpuni, mulai dari fungsi bangunan, estetika, sirkulasi, dan segala macam hal lainnya. Selain itu, arsitek juga perlu memberikan RAB atau Rencana Anggaran Biaya.

2. Developer

Selain menjadi arsitek, peluang usaha lainnya adalah menjadi pengembang atau developer. Dalam hal ini, seorang developer harus jeli dalam melihat sebuah kawasan.

Developer biasanya akan membeli tanah yang cukup luas, yang nantinya akan dikembangkan fasilitas-fasilitas serta perencanaan tapak yang baik.

Lalu terbentuklah tanah kavling atau perumahan yang dijual per unit dengan harga yang menguntungkan.

3. Kontraktor

Kontraktor adalah seorang yang melayani pelaksanaan proyek. Kontraktor biasanya adalah sebuah tim yang terdiri dari ahli-ahli di bidang konstruksi, mandor, dan juga tukang bangunan.

Mereka akan bekerja sama dalam membangun proyek yang sudah disetujui. Pembangunan oleh kontraktor harus sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan sebelumnya.

4. Toko Bangunan

Tidak dipungkiri bahwa usaha toko bangunan bisa memberikan omset yang besar jika dilakukan dengan teknik marketing yang tepat.

Toko bangunan, dari yang skala kecil hingga besar, bisa mewadahi kebutuhan proyek apapun.

5. Jasa Pembuatan Maket

Jasa pembuatan maket juga menarik untuk digeluti dari bidang arsitektur. Biasanya, jika ada pameran arsitektur, perusahaan-perusahaan akan membuat miniatur bangunan untuk visualisasi.

Pembuat maket akan membuat miniatur sesuai dengan skala yang dikehendaki. Usaha ini juga bisa mengasilkan omset yang besar, karena harga maket itu sendiri juga cukup mahal.

6. Produsen Tulangan Besi

Dalam sturktur konstruksi bangunna, tulangan besi sangat diperlukan. Khususnya untuk bangunan modern yang membutuhkan rangka yang kuat.

Kamu bisa membuka usaha yang berkaitan dengan tulangan besi, yaitu sebagai produsennya. Tulangan besi ini bisa dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Tujuannya adalah untuk menghemat waktu dan tenaga pekerja bangunan.

7. Bengkel Las Besi/Baja

Besi dan baja sering juga digunakan sebagai material bangunan. Apalagi di era modern seperti sekarang, dimana model minimalis uckup digemari.

Kamu bisa membuka usaha yang berkaitan dengan besi atau baja, misalnya bengkel las. Kamu bisa melayani pembuatan pagar minimalis, railing, atau detail interior lain dari bahan besi atau baja.

8. Produsen Mebel

Tidak hanya besi, kayu pun masih menjadi primadona di sektor bangunan. Masih ada banyak orang yang membutuhkan pintu kayu, jendela kayu, dan perlengkapan bangunan lainnya.

Usaha produsen mebel kayu cukup bisa diandalkan.

9. Usaha Aluminium

Bahan aluminium juga merupakan bahan yang cukup banyak dicari. Apalagi akhir-akhir ini banyak yang membutuhkan kusen dari aluminium.

Kamu bisa membuka usaha yang berkaitan dengan aluminium ini. Misalnya pembuatan kusen aluminium, rak aluminium, etalase aluminium, dan sebagainya.

10. Rangka Atap Galvalum

Seiring dengan semakin mahalnya material kayu untuk bangunan, banyak pihak yang mulai menggunakan rangka atap pengganti kayu, seperti galvalum atau baja ringan.

Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha yang berkaitan dengan rangka atap.

11. Kursus Software Konstruksi

Ada banyak software yang bisa dimanfaatkan di dunia arsitektur. Kebanyakan adalah software desain dan gambar yang cukup rumit.

Kamu yang memiliki kemampuan digital cukup baik bisa membuka jasa kursus software tersebut. Mulai dari autocad, photoshop, sketchup, revit, 3D max, dan sebagainya.

12. Website Arsitektur

Usaha lain yang tidak boleh ketinggalan adalah membuat website atau bloh dengan tema arsitektur. Blog semacam ini akan mendapatkan penghasilan yang cukup fantastis jika kamu bisa mengembangkan dengan baik.

Demikianlah beberapa peluang usaha di bidang arsitektur yang menarik untuk dilakukan.

Semoga bermanfaat ya, khususnya yang memang berada pada bidang profesi yang sama. Fight!

Tags

About The Author

Sulthon Habibi 7
Kapur Tulis

Sulthon Habibi

Lagi enjoy nulis aja.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Sulthon Habibi