Cara Mencari Arsitek

12 Sep 2018 21:23 182 Hits 0 Comments

Apakah Anda terpikir untuk membangun rumah dengan bantuan arsitek? Jika iya, Anda harus mencari arsitek berpengalaman yang mampu mewujudkan rumah impian.

Apakah Anda terpikir untuk membangun rumah dengan bantuan arsitek?

Jika iya, Anda harus mencari arsitek berpengalaman yang mampu mewujudkan rumah impian.

Bagaimana ya cara mencari arsitek yang kompeten dan berpengalaman?

Tentunya Anda tidak bisa memilih arsitek secara sembarangan karena ini berkaitan dengan hunian yang akan Anda tinggali.

Jangan khawatir, berikut ini pembahasan tentang cara mencari arsitek agar Anda bisa menemukan seseorang yang tepat untuk dipercaya mendesain tempat tinggal Anda.

4 Cara Mencari Arsitek

Koneksi

Salah satu cara yang paling konvensional untuk menemukan arsitek yang kompeten adalah dengan mengandalkan koneksi. Anda bisa mencari kenalan atau kerabat yang berprofesi sebagai arsitek.

Memilih seseorang yang Anda kenal memudahkan Anda untuk berkomunikasi dan menggambarkan ide-ide yang dimiliki.

Selain itu, arsitek yang cukup dekat dengan Anda mungkin lebih mudah untuk mengetahui karakteristik Anda sehingga mampu mendesain hunian yang sesuai selera.

Dengan demikian, rumah impian bisa terwujud dengan mudah.

Sayangnya, koneksi juga mempunyai kelemahan terutama jika selera Anda dan arsitek tersebut sama sekali berbeda. Anda mungkin merasa tidak enak untuk menolak desain yang telah dibuat apabila desain tersebut tidak sesuai dengan selera.

Di satu sisi, Anda tidak bisa menggunakan desain yang tidak Anda sukai. Di sisi lain, Anda punya rasa tidak enak ketika ingin menolak hasil karya arsitek tersebut.

Jadi bingung sendiri, kan?

Belum lagi jika Anda ingin mendapatkan harga spesial sebagai seorang teman. Mungkin arsitek tersebut juga tidak enak untuk menolak permintaan Anda. Akibatnya, desain yang dihasilkan juga tidak maksimal karena menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Referensi

Cara yang satu ini juga cukup sering digunakan. Anda bertanya kepada rekan atau kerabat tentang arsitek yang berpengalaman dan mampu menghasilkan desain sesuai dengan ide-ide pelanggan.

Siapa tahu mereka pernah menggunakan jasa arsitek tertentu untuk membangun rumah atau gedung kantor.

Mencari arsitek lewat referensi mempunyai keuntungan tersendiri.

Salah satunya, Anda bisa mendapatkan informasi yang cukup akurat. Anda juga bisa membuktikan hasil karya arsitek tersebut dengan informasi yang Anda peroleh dari rekan atau kerabat.

Teman Anda bisa memberikan informasi mengenai karakter sang arsitek, kelemahan dan kekurangannya, hingga biaya yang biasa dikeluarkan. Singkatnya, cara ini bisa memudahkan Anda untuk menemukan arsitek terbaik.

Meskipun demikian, cara ini juga mempunyai kelemahan. Arsitek rekomendasi orang lain belum tentu cocok dengan selera Anda.

Hal ini tentu cukup merepotkan jika Anda sudah terlanjur menyetujui untuk menggunakan jasa arsitek tersebut.

Memanfaatkan Majalah

Anda bisa memanfaatkan majalah desain untuk mencari arsitek yang berkualitas. Kini tersedia beragam majalah yang membahas tentang desain interior atau proyek arsitektur. Dari majalah tersebut, Anda bisa mencari tahu tentang arsitek tertentu lewat hasil karya yang diliput di majalah.

Selain membahas tentang suatu proyek arsitektur atau desain interior, majalah juga biasanya meliput arsitek yang berprestasi.

Tentu saja ini bisa menjadi jalan yang tepat bagi Anda untuk menemukan arsitek yang kompeten. Namun, Anda harus bersiap dengan tarif yang tinggi, ya.

Website

Internet selalu memudahkan siapapun untuk mencari sesuatu, termasuk jika Anda sedang mencari arsitek terbaik. Biasanya arsitek-arsitek tersebut akan mengupload portfolio mereka, seperti desain rumah, denah rumah, dekorasi, atau karya mereka yang lainnya di bidang arsitektur. 

Kini Anda tidak perlu khawatir untuk mempercayakan desain rumah Anda.

Dengan melihat portofolio hasil karya arsitek yang dimuat di website, Anda bisa menemukan arsitek favorit.

Tags

About The Author

Ivandi 9
Kapur Tulis

Ivandi

Hanya pemuda biasa yang bercita-cita membangun kampung IM :)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel