Hati Hati Dengan Lisan!

4 Sep 2018 00:03 506 Hits 0 Comments
Apa saja hal yang mungkin kita dapatkan apabila kita kurang bisa menjaga lisan?

Manusia disebut juga makhluk sosial, artinya manusia tidak bisa hidup sendiri, dan membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu , manusia membutuhkan interaksi dengan orang lain , agar bisa mendapat banyak teman dan tidak merasa kesepian.

Dan untuk berkomunikasi, tuhan telah menciptakan lidah sebagai alat untuk manusia berbicara, bercanda atau berkomunikasi dengan orang lain. Khusus untuk bercanda terkadang kita bercanda sampai berlebihan , misalnya mempermalukan teman kita yang mempunyai kekurangan akan hal tertentu, mungkin menurut orang yang mempermalukan hal itu merupakan hal yang biasa, sedangkan kita tidak tahu perasaan orang yang dipermalukan, bisa saja dia merasa sangat sakit hati namun tidak ia perlihatkan rasa sakit dan kecewa tersebut. Walaupun kamu minta maaf setelah kamu meluarkan kata kata yang menyakitkan tersebut, orang lain mungkin bisa saja memaafkan, akan tetapi kata kata yang kamu ucapkan itu akan selalu diingat oleh orang yang kamu sakiti.

Kita harus selalu menjaga ucapan kita, ingat mulutmu harimaumu , segala apapun hal yang kita ucapkan kepada orang lain , tentu akan ada respon atau reaksi dari orang lain baik itu reaksi baik, maupun buruk. Dengan hanya salah mengeluarkan kata , seseorang bisa saja kehilangan pekerjaan , dijauhi teman, dibenci lingkungan sekitar dan hal hal buruk lainnya

Dan ketika akan mengeluarkan suatu ucapan kita sebisa mungkin berfikir dulu, apakah ucapan kita bisa membuat orang lain sakit hati, ataupun membuat orang tersebut tersinggung. Perlu diingat juga bahwa kata kata yang kita keluarkan itu diibaratkan lebih tajam dari sebuah pedang, dengan ucapan yang keluar dari mulut seseorang, dapat menyebabkan orang lain menjadi down, tidak pede atau malah frustasi.

Disisi lain, ucapan yang keluar dari mulut kita juga bisa menjadi sebuah kebaikan , contohnya saja memotivasi teman kita yang sedang down, menghibur teman kita yang sedang sedih, dan hal lain yang mengandung kebaikan. Bahkan banyak orang yang menjadi sukses karena mendapat motivasi dari orang lain baik itu sahabat dekatnya ataupun keluarga

Dalam sebuah hadis, suatu hari seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW seraya berkata, “Ya Rasulullah! Sungguh si fulanah itu terkenal banyak shalat, puasa, dan sedekahnya. Akan tetapi juga terkenal jahat lidahnya terhadap tetangga-tetangganya.” Maka berkatalah Rasulullah SAW kepadanya, “Sungguh ia termasuk ahli neraka.”

Kemudian laki-laki itu berkata lagi, “Kalau si fulanah yang satu lagi terkenal sedikit shalat, puasa dan sedekahnya, akan tetapi ia tidak pernah menyakiti tetangganya.” Maka Rasulullah SAW berkata, “Sungguh ia termasuk ahli surga.” (HR.Muslim)

Dari hadist diatas sudah sangat jelas bahwa kita harus menjaga lisan kita, sebaik apapun kita beribadah namun kita tidak bisa mengontrol lisan kita, maka ibadah tersebut bisa dikatakan tidak bernilai karena pahala ibadah kita diberikan kepada orang yang hatinya tersakiti oleh lisan kita.

Banyak sekali manfaat apabila kita mampu menjaga lisan kita, diantaranya disenangi oleh orang lain, menjadi orang yang dianggap dapat dipercaya dan kita pun juga terlihat lebih berwibawa karena memiliki tutur kata yang baik dalam berbicara

Tags

About The Author

Ikhsan - 4 21
Pensil

Ikhsan - 4

Masih Belajar :)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel