10 Jenis Sablon Kaos Manual Yang Wajib Kamu Tahu

10 Aug 2018 10:06 90 Hits 0 Comments
Peluang bisnis seperti ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan kamu mengelola yang benar. Hal ini juga berkaitan dengan jenis sablon untuk yang harus kamu gunakan. Ada banyak pilihan jenis yang bisa kamu pilih. Tentu saja kondisi seperti ini akan memberikan pengaruh terhadap modal yang kamu butuhkan.

Bisnis sablon kaos saat ini sudah semakin populer. Bahkan, kamu bisa saja menjalankan bisnis sablon ini dari rumah dengan menggunakan perlengkapan sederhana. Teknik yang dibutuhkan juga terdiri dari berbagai pilihan. Referensi cara untuk melakukan sablon bisa kamu dapatkan dari banyak sumber, seperti ini.

Namun, peluang bisnis seperti ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan kamu mengelola yang benar. Hal ini juga berkaitan dengan jenis sablon untuk yang harus kamu gunakan. Ada banyak pilihan jenis yang bisa kamu pilih. Tentu saja kondisi seperti ini akan memberikan pengaruh terhadap modal yang kamu butuhkan.

Metode sablon kaos yang harus kamu pilih

Sebenarnya ada dua pilihan metode sablon kaos yang bisa kamu pertimbangkan. Masing-masing dari metode seperti ini menggunakan perlengkapan yang berbeda. Hal ini juga akan berdampak pada modal yang kamu butuhkan untuk menjalankan bisnis sablon untuk kaos seperti ini.

Apalagi masing-masing metode dianggap akan memberikan hasil yang berbeda juga. Namun, untuk menerapkan metode yang ideal sebaiknya pertimbangkan juga kemampuan kamu untuk mulai menyablon kaos ini. Berikut ini ada metode sablon untuk kaos yang sering digunakan, seperti:

Metode sablon digital atau digital printing

Ini adalah satu satu metode sablon yang menggunakan mesin tambahan. Ada banyak jenis mesin yang bisa kamu gunakan. Saat ini sudah banyak mesin modern yang akan membantu kamu untuk menyablon kaos. Harga dari mesin itu juga beragam. Teknik atau cara yang dibutuhkan sebenarnya hampir mirip dengan digital printing.

Apalagi beberapa mesin modern juga memiliki pengaturan sistem yang sangat mudah. Biasanya hasil dari sablon digital ini juga disesuaikan dengan gambar yang diintegrasikan pada komputerisasi mesin. Untuk menggunakan metode ini kamu harus mengeluarkan biaya yang besar saat membeli mesin dan perlengkapan tambahan.

Metode sablon manual

Cara atau metode sablon untuk kaos ini paling sering dilakukan. Selain karena biaya produksi yang cukup murah biasanya perlengkapan juga bisa dengan mudah didapat. Metode manual ini membutuhkan beberapa perhitungan. Hal ini untuk mendapatkan hasil sablon yang maksimal.

Apalagi beberapa perlengkapan utama seperti screen dan obat afdruk menjadi hal penting. Kamu harus menerapkan beberapa hal penting secara manual. Hal ini termasuk menentukan warna ideal dari frame gambar yang dibutuhkan. Waktu yang dibutuhkan untuk produksi dengan metode ini memang biasanya lebih lama. Namun, biaya yang kamu keluarkan dalam menerapkan cara ini tentu saja lebih murah.

10 jenis sablon kaos manual yang harus kamu tahu

Bila kamu memilih metode sablon kaos manual, ada beberapa jenis yang wajib diketahui. Masing-masing dari jenis sablon manual seperti ini tentu saja membutuhkan bahan dan perlengkapan yang berbeda. Hasil dari sablon itu juga akan disesuaikan dengan kemampuan kamu. Berikut ini ada 10 jenis sablon manual untuk kaos, seperti:

Sablon jenis rubber

Jenis sablon untuk kaos ini paling sering diterapkan banyak orang. Jenis rubber seperti ini menggunakan bahan dasar karet yang sangat elastis. Keunggulan dari bahan ini adalah tingkat kerapatan yang cukup tinggi dan bisa menutup lapisan dari kaos.

Hal yang perlu dipertimbangkan adalah rubber juga sering dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat tampilan warna lainnya. Kualitas dari jenis sablon ini memang sangat baik sehingga tidak mudah luntur saat dicuci atau disetrika.

Sablon jenis superwhite

Ini adalah jenis sablon yang sering digunakan untuk mendapatkan konsep vintage atau pudar dari kaos. Sablon ini memang menggunakan tinta yang bisa dengan mudah menyerap pada bagian lapisan kain. Namun, sifat tinta pada jenis sablon ini bersifat sangat transparan.

Untuk mendapatkan penampilan yang lebih berbeda kamu bisa menggunakan tinta ini untuk kaos dengan warna gelap. Kondisi yang gampang memudar pada tinta ini tentu saja membuat kaos akan terlihat memiliki kesan jadul.

Sablon jenis glow in the dark

Jenis sablon seperti ini memang terlihat sangat unik. Apalagi pada awal pengenalannya menjadi sangat populer di berbagai kalangan. Sablon ini akan membuat kaos terlihat bersinar di dalam ruangan atau kondisi tanpa cahaya.

Biasanya tinta yang digunakan untuk menerapkan sablon ini tampil dengan dominan hijau. Untuk memaksimalkan hasil dari sablonan sebaiknya gunakan kaos dengan latar hitam. Tinta atau cat yang digunakan untuk sablon ini biasanya mengandung fosfor.

Sablon jenis beludru

Ini adalah jenis sablon yang memiliki efek timbul. Sablon manual ini akan menggunakan bahan plastik tambahan dengan format sintesis yang lembut. Biasanya jenis sablon ini sering digunakan untuk beberapa kaos untuk acara tertentu.

Sablon manual ini hanya bisa menggunakan teknik satu warna saja. Hal ini dikarenakan bahan atau material yang digunakan sulit untuk bercampur dengan warna yang berbeda. Untuk menjaga kualitas bahan beludru biasanya ada tambahan serbuk lem atau perekat pada lapisan terluar kaos.

Sablon jenis glitter

Jenis sablon ini membuat kaos terlihat lebih hidup. Apalagi efek cahaya kelap-kelip pada bagian sablon akan bersinar terang bila terkena cahaya. Bahan utama yang digunakan untuk sablon manual ini adalah micca.

Bahan ini akan dicampur dengan serbuk perekat yang membuat efek glitter bisa bertahan lebih lama. Ada banyak pilihan bahan yang bisa digunakan. Biasanya hal ini akan disesuaikan dengan ukuran kaos dan jenis dari glitter.

Sablon jenis high density

Jenis dari sablon untuk kaos ini menggunakan bahan yang berasal dari plastiol. Biasanya hasil yang didapat membuat warna timbul terlihat lebih tajam. Hal ini dikarenakan frame sablon untuk jenis ini menggunakan keramik. Teknik yang diterapkan juga berulang kali sehingga membuat warna terlihat sangat tajam.

Sablon jenis foil

Ini adalah jenis yang menggunakan tambahan lapisan kertas logam atau foil pada bagian terluar dari warna. Efek atau hasil dari sablon yang dihasilkan juga cukup bercahaya. Pada proses pembuatan biasanya foil itu akan menggunakan tambahan perekat yang membuat seluruh bagian warna tampil sempurna.

Sablon jenis foaming

Sebenarnya jenis ini hampir sama dengan sablon rubber. Namun, efek yang diberikan pada cara ini akan terlihat sangat timbul. Apalagi cat atau tinta yang digunakan memang memiliki elastisitas yang lebih baik seperti karet. Basis cat yang digunakan terdiri dari campuran air atau minyak.

Sablon jenis discharge

Jenis dari sablon ini memang sangat berbeda karena dianggap mampu merubah bagian dari lapisan warna pada kaos. Tinta atau cat yang digunakan untuk cara seperti ini adalah campuran dari bubuk khusus dan superwhite. Hal yang harus diingat adalah cara ini hanya berlaku pada beberapa jenis kaos saja.

Sablon jenis plastisol

Ini adalah jenis sablon manual yang cukup sering digunakan. Tinta atau cat yang memiliki bahan dasar minyak mampu menyerap pada bagian kaos. Bahkan, titik yang dihasilkan pada bagian dari kain bisa diterapkan dengan ukuran yang sangat kecil. Namun, hasil maksimal yang diberikan pada jenis sablon ini berdampak pada biaya produksi yang cukup mahal.

Tags

About The Author

Azlan Shah 8
Kapur Tulis

Azlan Shah

IG: azlanshah_id

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel