Cara Beternak Kambing Yang Baik Dan Benar

23 Jul 2018 14:12 490 Hits 0 Comments
Siapa yang tidak tau dengan Kambing ? Hewan Berkaki empat satu ini penikmat dagingnya tak lekang oleh waktu karena bagi Umat muslim Kambing dijadikan Syarat Aqiqah

Siapa yang tidak tau dengan Kambing ? Hewan Berkaki empat satu ini penikmat dagingnya tak lekang oleh waktu karena bagi Umat muslim Kambing dijadikan Syarat Aqiqah , Qurban selain Sapi. Selain Daging nya, Susu kambing pun bisa diminum dan memiliki rasa yang khas di bandingkan dengan susu dari hewan sejenis penghasil Susu. Kotorannya pun bisa dijual dan diolah menjadi Pupuk Kandang dan digunakan untuk menyuburkan Tanaman.

Sebenarnya untuk menternakkan Kambing penghasil Daging atau Penghasil Susu tidak terlalu sulit, Perawatan yang maksimal bisa menjadikan Daging dan Susu kambing berkualitas Tinggi dan Harga Jual Daging Kambing Lebih Mahal. Yang paling gampang adalah Bersikan kandangnya jangan sampai terlalu kotor agar kambing tidak terserang penyakit, pastikan pakan Kambing memiliki kualitas yang bagus dan rawatlah dengan penuh kesabaran dan kasih sayang.

Berikut adalah beberapa Tips Bagi Pembaca yang ingin mengawali bisnis Peternakan Kambing ini :

 

  • Kandang Kambing

Kalau Anda ingin memelihara Kambing, ya sudah tentu harus membuatkan kandangnya buat tempat tinggal kambing, akan tetapi disini perhatikanlah Kualitas kandang dan tata cara pembuatan kandang yang baik agar usaha anda maksimal, Kita Awali dengan Kandang, sedikit tips dari saya

Letak kandang

Beri Jarak Kandang dengan rumah anda agar anda tidak terganggu bau tidak sedap dari kandang dan usahakan letak kandang dibuat dengan letak yang memudahkan anda melakukan pengawasan terhadap kambing anda.

 

Bentuk Kandang

Buat lah bentuk kandang yang memudahkan anda dalam merawat kambing dan kenyamanan bagi kambing, saran saya kandang nya berbentuk rumah panggung yaitu lantai kandang jauh lebih tinggi dari tanah sebagai penampung kotoran dan menghindari KAmbing terkena penyakit yang berasal dari Kotoran yang sudah bercampur denga penakit yang ada ditanah, yang paling afdol adalah 1-2 meter

 

Letak Posisi pendukung Kandang

Disini Buatlah tempat pakan kandang sebahu kambing agar kambing tidak terlalu menunduk memakan pakannya yang bisa juga membuat kambing terjatuh dari kandang dan kabur dan susah deh anda mengejarnyaaa. Dasar Kolongnya pada bagian pinggir gali sedalam kurang lebih 20cm dan pada bagian tengah gali sekitar 30-50cm untuk mempermudah pengelolaan kotoran dan buat saluran menuju bak penampungan.

 

Ukuran Kandang

Jika anda ingin membuat kandang yang terpisah agar mempermudah anda melakukan perawatan dan pengawasan, bisa dengan ukuran 1.5m x 1.5 meter untuk 1 ekor Kambing dewasa, jika kambing masih kecil dan disapih bisa muat dua ekor, jika kambing itu baru melahirkan bisa untuk 2 ekor bayi kambing beserta Induknya.

 

Jaga kebersihan Kandang

Ingat selalu membersihkan Kandang kambing agar kambing tetap sehat, lebih bagus bersihkan lah 1 minggu sekali dan saran kami berilah disenfektan pada kandang agar bakteri dan kuman berbahaya bagi kambing bisa diminimalisir, dan paling utama perhatikan lah kebersihan air minum dan pakan kambing juga.

 

  • Pembibitan yang Bagus

Ada dua jenis kambing potong yang popular yaitu Kambing Jawa dan Kambing Etawa, Kambing jawa lebih kecil sedangakan Etawa lebih besar, apapun jenisnya pilih kambing dengan bulu yang mengkilap, kakinya lurus kokoh, anusnya bersih, Mulut dan hidung bersih dari lendir sebagai tanda kambing tidak penyakitan, Garis Pinggang dan Garis Punggung Lurus tidak melengkung kebawah dan usia ideal penggemukan kambing adalah 8-12 bulan, Ukuran badan Ideal dan usahakan pilih ekornya yang berbentuk lebar bukan berbentuk cambuk karena menurut peternak penggelut kambing, ekor bentuk cambuk hasil dagingnya tidak maksimal.

  • Pemilihan Pakan Yang Bergizi

Singkat saja, untuk pakan kambing pilih daun berprotein tinggi seperti daun singkong dan alangkah baiknya dijemur 2-3 jam untuk menetralkan racun agar kambing selalu prima

Bagaimana ? Apakah anda sudah berminat menjadi pebisnis kambing ?

Semoga artikel saya bermanfaat dan menghibur serta memberi Ilmu. Salam Embeeeee

Reff : https://www.agromaret.com/kambing

Tags

About The Author

rizki 22
Pensil

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel