Alasan Kenapa Muncul Benjolan Di ketiak, Hati-hati!

16 Jul 2018 11:23 565 Hits 0 Comments
Pernahkah Anda mengalami kondisi di mana tiba-tiba muncul benjolan diketiak? Panik; mungkin itu yang Anda rasakan. Mungkin, perasaan ini dipicu oleh ketidaktahuan Anda atas penyebab munculnya benjolan tersebut.

Pernahkah Anda mengalami kondisi di mana tiba-tiba muncul benjolan diketiak? Panik; mungkin itu yang Anda rasakan. Mungkin, perasaan ini dipicu oleh ketidaktahuan Anda atas penyebab munculnya benjolan tersebut.

Kenali 6 penyebab munculnya benjolan diketiak melalui penjelasan Go Dok berikut ini!

Reaksi alergi

Benjolan di ketiak ternyata bisa dipicu oleh reaksi alergi. Singkatnya, benjolan merupakan reaksi alami tubuh Anda terhadap paparan bahan kimia tertentu yang bisa saja terkandung di dalam produk deodorant, body mist, parfum, atau cairan pelembut pakaian.

Selain karena paparan bahan kimia, alergi juga dapat dipicu oleh hal lainnya, seperti pemberian vaksin dan konsumsi-obat-obatan tertentu. Rumit, bukan? Karena menentukan alergen bukanlah merupakan hal yang mudah, maka Anda dianjurkan untuk menghubungi dokter agar dapat mengetahui pemicunya dengan pasti.

Infeksi bakteri

Jarang yang mengetahui bahwa benjolan diketiak juga bisa dipicu oleh infeksi bakteri. Faktanya, bakteri dapat masuk melalui pori-pori kulit dan menginfeksi ketiak. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kebiasaan menggaruk-garuk ketiak, atau mencukur bulu ketiak tanpa memperhatikan kebersihan.

Ingat! Jika tidak segera ditangani, infeksi bakteri ini dapat menyebabkan abses (benjolan berisi nanah) yang sangat menyakitkan, lho! Malahan, tidak banyak penderitanya yang turut mengeluhkan badan yang terasa ngilu dan panas-dingin. Jadi, selalu waspada, ya!

Kebiasaan mencukur bulu ketiak

Selanjutnya, benjolan diketiak juga bisa dipicu oleh kebiasaan mencukur bulu ketiak. Ternyata, kebiasaan yang sering dianggap sepele ini dapat menyebabkan bulu ketiak tumbuh ke dalam sehingga memicu timbulnya benjolan.

Jangan dibiarkan berlarut-larut! Karena tumbuhnya bulu ketiak ke dalam dapat memicu peradangan serta infeksi bakteri atau jamur. Jadi, segera konsultasikan kesehatan Anda ke dokter sebelum terlambat, ya! Oia jangan lupa juga untuk menjaga ketiak Anda agar terlepas dari bau dan warna gelap. Cari tahu juga cara memutihkan ketiak dengan bahan alami.

Infeksi virus

Selain karena infeksi bakteri, hal ini juga dapat muncul karena infeksi beberapa jenis virus, seperti virus HIV/AIDS, Herpez zoster, dan cacar air.

Kanker

Benjolan diketiak bisa menjadi pertanda adanya perkembangan sel abnormal pemicu kanker. Biasanya, jenis kanker yang dimaksud meliputi kanker kelenjar getah bening atau kanker payudara. Untuk mengetahuinya secara pasti, Anda diharuskan berkonssultasi dengan dokter. Ingat! Deteksi dini terbukti memengaruhi tingkat keberhasilan terapi kanker, lho!

Lipoma

Seperti yang telah Anda ketahui, lipoma adalah benjolan lemak yang muncul di jaringan antara kulit dan otot. Meskipun tergolong ke dalam tumor jinak, namun lipoma yang tidak segera ditangani dapat memicu timbulnya rasa sakit, lho!

Nah, jika Anda menemukan benjolan diketiak, maka segera konsultasikan kondisi ini ke dokter. Mengapa? Karena bisa saja benjolan tersebut merupakan lipoma yang membutuhkan penanganan medis segera.

Itu tadi 6 penyebab munculnya benjolan diketiak. Ingat, jangan tunda keputusan Anda untuk berobat ke doter jika benjolan di ketiak memicu beberapa komplikasi medis, seperti demam, sesak napas, gangguan kesadaran, dll. Semoga bermanfaat!

About The Author

Mutia Agisni 26
Pena

Mutia Agisni

Hallo, salam kenal!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel