Jenis Burung Murai Batu Yang Bagus Untuk Di Pelihara

13 Jul 2018 13:46 789 Hits 0 Comments
Siapa yang tidak kenal dengan burung murai batu? Burung yang sangat popular di seluruh Indonesia bahkan sampai seluruh dunia ini memang terkenal dengan kicauannya yang merdu. 

Siapa yang tidak kenal dengan burung murai batu? Burung yang sangat popular di seluruh Indonesia bahkan sampai seluruh dunia ini memang terkenal dengan kicauannya yang merdu. Burung murai batu yang berada di Indonesia memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan burung murai batu di luar negeri loh.

Di Indonesia, burung murai batu memiliki beberapa jenis yang mempunyai perbedaan dan keunikan masing-masing loh. Mari disimak perbedaannya dibawah ini.

  • Murai batu nias

Murai batu nias berasal dari Kawasan Nias, burung ini sudah sulit ditemukan keberadaan aslinya. Ciri khas dari burung nias ini terletak pada ukuran tubuhnya yang lebih kecil dan warna ekornya yang hitam. Ekornya bisa tumbuh sekitar 17-20 cm loh bird lovers. Suara yang dihasilkan burung ini juga lebih keras dibandingkan dengan burung jenis lainnya.

  • Murai batu Medan

Burung asal medan ini memiliki perbedaan menonjol yang terletak pada tubuhnya yang lebih besar dan lebih tegap, warna bulunya yang gelap. Murai batu Medan muda dengan murai batu Medan yang sudah berumur memiliki perbedaan pada warna kakinya loh, ketika masih muda, warna kaki murai batu medan berwarna merah, sedangkan jika sudah berumur, warna kakinya menjadi hitam pekat. Bulu ekor burung ini berwarna putih dan jumlah nya ada 4 dengan garis hitam horizontal, Panjang ekornya sekitar 27-30cm.

  • Murai batu Lampung

Burung asal Lampung ini memiliki tubuh yang kecil , Panjang ekor sekitar 12-18 cm, di bagian dada nya cenderung berwarna oren gelap. Kelebihan burung ini yaitu tingkat mentalnya yang tinggi dan gerakannya yang sangat gesit. Tetapi burung ini memiliki suara yang kurang dibandingkan dengan burung murai jenis lainnya.

  • Murai batu borneo (Kalimantan)

Burung asal Kalimantan ini terbagi menjadi 3 yaitu murai batu Banjar, murai batu Palangka, dan murai batu Mahkota. Ketiga burung ini bisa dibedakan dari tubuh, warna bulu, dan Panjang ekornya.

Murai batu borneo memiliki warna lebih terang pada bagian dadanya, kakinya berwarna hitam dan sedikit merah, Panjang ekornya mencapai 10-13 cm, bentuk kepala burung ini terlihat kotak, dan matanya lebih tajam, terlihat besar dan melotot.

  • Murai batu Aceh

Murai batu Aceh berasal dari Tangse, Lhoong, Keude Bieng, dan sekitar pegunungan Seulawahsabang. Burung ini memiliki tubuh kecil, Panjang ekor ±19-30cm. Keunikan burung ini yaitu pada suaranya yang keras dan nyaring

  • Murai batu Lahat

Burung ini banyak ditemukan di pasaran, memiliki tubuh yang cukup kecil, Panjang ekor ±18-23cm, memiliki mental yang kuat, agresif. Burung ini memiliki kicauan yang bervariasi.

  • Murai batu Jambi

Burung ini ada yang hidup di dataran tinggi dan juga rendah. Perbedaan burung yang hidup di dataran tinggi dan rendah yaitu, ukuran tubuh dan Panjang ekornya, tetapi sama-sama memiliki mental yang kuat.

  • Murai batu Jawa

Ciri khas murai batu Jawa ini terletak pada tingkahnya ketika berkicau, bulu-bulunya akan berdiri ketika berkicau. Burung ini memiliki tubuh yang tidak terlalu besar dan lebih kecil dari murai batu biasa. Di bagian perut burung ini berwarna hitam dan bergaris batas, memiliki ekor yang kecil dan pendek.

  • Murai batu Malaysia

Burung yang berasal dari Malaysia ini bersifat agresif, mentalnya sangat kuat, dan Panjang ekornya kurang dari 21cm.

  • Murai batu Thailand

Murai batu Thailand ini memiliki tubuh yang kecil, ekornya yang sangat Panjang, bulunya tipis dan sedikit, mentalnya kuat, bersifat agresif, dan kicauannya yang kuat dan keras.

  • Murai Batu Filiphina

Burung yang berasal dari Filiphina ini memiliki tubuh yang indah, bulunya berwarna hitam pekat dan sedikit cerah  di bagian ekor serta kepalanya.

 

Nah, itulah beberapa jenis murai batu yang tersebar di berbagai daerah. Murai batu merupakan pilihan yang bagus jika Anda ingin ikut lomba burung berkicau, hehe. Sekian dulu dari saya, salah dan kurangnya mohon maaf. Terimakasih dan salam birdlovers!!

Tags

About The Author

rizki 18
Pensil

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel