Karena Memilih Vendor ERP Sama Seperti Mencari Pasangan, Ini 4 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum “Melamar”

17 May 2018 21:00 7419 Hits 0 Comments

Memilih solusi ERP yang tepat untuk bisnis Anda sama seperti memilih pasangan hidup; Anda harus memastikan apakah Anda akan tetap bersama orang tersebut untuk jangka waktu yang panjang sebab perceraian akan berakibat “pahit”.

 

Lalu bagaimana cara memilihnya?

Memilih solusi ERP yang tepat untuk bisnis Anda sama seperti memilih pasangan hidup; Anda harus memastikan apakah Anda akan tetap bersama orang tersebut untuk jangka waktu yang panjang sebab perceraian akan berakibat “pahit”.

Namun tidak seperti melamar seorang wanita yang bisa saja menolak “Will you marry me?” Anda dengan “Big No”, vendor sistem ERP yang Anda kejar tidak akan menolak lamaran Anda. Justru tanggung jawab pilihan berada di tangan Anda sepenuhnya. Maka pastikan Anda sudah memilih “pasangan” yang tepat.

Pertimbangan Anda ketika memutuskan untuk memakai jasa ERP adalah karena Anda ingin mengelola pasokan, inventaris, aset, dan customer service dengan lebih baik sambil menawarkan proses checkout e-commerce yang lebih efisien.

Dan untuk melakukan semua hal tersebut Anda tau bahwa Anda membutuhkan sistem perangkat lunak yang terintegrasi agar dapat melakukan tugas rutin ini dengan lebih cepat dan efisien. Itulah sebabnya Anda mulai mempertimbangkan ERP, sebuah sistem automisasi proses pengelolaan bisnis.

Namun Anda mulai bingung memilih vendor yang tepat untuk “dinikahi” karena sistem ERP bisa jadi mahal, sulit diintegrasikan, dan menantang. Sementara rahasia bahagia setelah “menikah” adalah memilih pasangan yang tepat, sehingga Anda bingung cara yang akurat untuk menentukan vendor mana yang akan Anda lamar.

 

Untuk itu, Anda perlu mempelajari 4 hal ini sebelum memutuskan melamar sebuah vendor ERP;

 

Objektif Dan Persyaratan

Perjelas apa yang menyebabkan Anda tertarik dengan sistem ERP dan masalah apa yang sedang Anda coba pecahkan.

Uraikan tujuan ultra-spesifik untuk membantu Anda mengidentifikasi requirement Anda menjadi lebih sempit.

 

Demystify the Demo

Anda siap melihat demonstrasi perangkat lunak dan menguraikan skrip demo yang Anda inginkan dengan spesifik dari fungsi ERP yang Anda harapkan. Anda harus mengarahkan demo dengan presisi untuk menghemat waktu dan membantu Anda menentukan lebih baik apakah perangkat lunak yang ditawarkan vendor tersebut dapat memenuhi tujuan Anda

 

Memeriksa Referensi

Anda tentu tidak mungkin menanyakan langsung pada perusahaan pesaing mengenai vendor ERP mereka untuk referensi. Maka cara yang dapat Anda lakukan adalah meminta vendor untuk melakukan sesuatu yang cenderung tidak mereka berikan seperti daftar perusahaan yang baru-baru ini memilih vendor ERP yang bersaing. Tanggapan mereka terhadap pertanyaan ini akan membantu Anda untuk memberi penilaian.

 

Dapatkan Harga Yang Nyata

Pastikan Anda paham dengan tepat berapa banyak untuk setiap proyek pada masing-masing tahap. Pastikan dengan jelas biaya di depan, maintenance, supporting, biaya berulang dan kemungkinan biaya lainnya. Diskusikan secara menyeluruh untuk mencegah kejutan dan kekecewaan masa depan.

About The Author

Suci BYT 17
Pensil

Suci BYT

I Write You Read

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel