Menu Sahur yang Sehat

16 May 2018 16:29 506 Hits 0 Comments
Karena merupakan ibadah jasmani dan rohani, menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa tentu menjadi sebuah keharusan. Dalam hal ini, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperhatikan menu makanan ketika sahur dan berbuka.

5 Pilihan Menu Sahur Sehat

  1. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan zat gizi yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Supaya Anda bisa lebih kuat dalam berpuasa, sebaiknya pilih jenis karbohidrat kompleks untuk dikonsumsi saat sahur.

Baca juga : Diet Tanpa Nasi, Apakah Berbahaya Bagi Kesehatan?

2. Protein

Dengan mengonsumsi protein yang cukup di waktu sahur, maka Anda tidak akan mudah lemas atau sakit selama berpuasa. Adapun beberapa sumber protein yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat makan sahur di antaranya adalah ikan, tempe, tahu, ayam, daging sapi, telur, keju yogurt, serta kacang-kacangan.

Baca juga : Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

3. Sayur-Sayuran

Agar pencernaan tetap sehat dan lancar selama berpuasa, mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan serat saat sahur juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Sebab, selain dapat melancarkan pencernaan, bahan-bahan makanan yang banyak mengandung serat juga sangat baik untuk menjaga keseimbangan dan metabolisme tubuh.

Baca juga : Jenis Sayuran Untuk Menurunkan Asam Urat

4. Buah-Buahan

Buah-buahan juga wajib menjadi menu makan sahur Anda. Sama seperti sayur-sayuran, buah juga kaya akan vitamin, mineral, serta, antioksidan yang dapat menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa.

Baca juga : 6 Buah Penyebab Sembelit

5. Air Putih

Air sangat diperlukan oleh tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan, menjaga metabolisme tubuh, serta mencegah dehidrasi. Karenanya, mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa juga sangat penting untuk dilakukan agar ibadah puasa berjalan dengan lancar. Setidaknya, minum empat sampai enam gelas air putih saat sahur dan berbuka agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan Anda tidak mudah lemas selama berpuasa.

Sudah siapkah Anda menyambut Ramadan tahun ini? Tentu banyak yang sudah tidak sabar untuk segera merasakan atmosfer Ramadan yang  khas dan khidmat, bukan? Meski sedang hamil, Anda tetap diperbolehkan berpuasa, kok. Namun, ada beberapa syarat puasa bagi ibu hamil yang harus dipenuhi agar tubuh tetap bugar saat berpuasa.

Jadi, itulah beberapa bahan makanan yang sebaiknya Anda konsumsi saat sahur. Di samping menu sahur sehat di atas, Anda juga bisa menambahkan Bio Strath 250 ml setiap sahur dan berbuka puasa sebagai suplemen alami untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan stamina saat menjalankan Ibadah puasa. Dengan kandungan nutrisi dan vitaminnya yang lengkap, produk suplemen herbal dari Harvest Suplement ini pastinya akan menjadi teman baik Anda selama berpuasa. Selamat menunaikan ibadah puasa!

Sumber

Tags

About The Author

Jergor Sehat 17
Pensil

Jergor Sehat

Penulis tentang kesehatan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel