Memilih Aplikasi Akuntansi Online, Perhatikan Ini

9 Feb 2018 17:06 720 Hits 0 Comments
Aplikasi akuntansi online sendiri secara umum merupakan sebuah program aplikasi yang dirancang khusus untuk mempermudah pekerjaan seseorang dalam pencatatan transaksi usaha. Seperti misalnya account payabel, buku besar dan berbagai macam kegiatan pencatatan akuntansi lain yang menghasilkan pelaporan keuangan. Aplikasi akuntansi online ini didukung oleh perkembangan teknologi yang berbasis cloud system

Sebelum membahas terkait apa yang harus diperhatikan ketika akan menggunakan atau memilih aplikasi akuntansi online, alangkah baiknya kita membahas pengertian aplikasi akuntansi online. Aplikasi akuntansi online sendiri secara umum merupakan sebuah program aplikasi yang dirancang khusus untuk mempermudah pekerjaan seseorang dalam pencatatan transaksi usaha. Seperti misalnya account payabel, buku besar dan berbagai macam kegiatan pencatatan akuntansi lain yang menghasilkan pelaporan keuangan. Aplikasi akuntansi online ini didukung oleh perkembangan teknologi yang berbasis cloud system. Teknologi komputer berbasis sistem cloud sendiri merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi tersebut juga mengizinkan penggunanya untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan penggunanya untuk mengakses datanya melalui komputer dengan akses internet. Sehingga tidak heran jika menggunakan aplikasi akuntansi online ini dapat memudahkan pelaku bisnis dalam mengakses data akuntansi kapan pun dan di mana pun dengan data yang ditampilkan secara uptodate atau realtime.

Sebuah aplikasi akuntansi biasanya dikembangkan sendiri oleh sebuah perusahaan atau dibeli dar pihak lain yang menyediakannya atau dapat juga berasal dengan mengkombinasikan antara keduanya. Untuk itu, kualitas, kompleksitas dan kegunaan dari aplikasi akuntansi online ini sangat beragam dan bergantung pada fungsi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang menggunakannya. Dari satu aplikasi akuntansi online satu dengan yang lainnya memiliki fitur dari setiap perangkat lunak yang berbeda-beda. Mulai dari yang dapat digunakan oleh lebih dari satu pengguna, lebih dari satu perusahaan, terdiri dari berbagai bahasa, database, multi cabang dan lain sebagainya.

Aplikasi akuntansi online dibuat dengan tujuan untuk semakin memudahkan pelaku bisnis atau pengguna dalam membuat laporan keuangan yang dapat terdiri dari berbagai hal seperti neraca, laba rugi, laporan keuangan untuk buku tahunan dan lain sebagainya. Sehingga ketika perusahaan menggunakan aplikasi akuntansi online, maka dapat dibayangkan banyak sekali manfaat yang didapatkan terkait pencatatan transaksi dan berbagai hal terkait masalah keuangan usaha.  Mulai dari memudahkan pengelolaan data, menjadikan laporan keuangan lebih akurat, mudah digunakan, menghemat waktu, memudahkan manajemen keuangan, dan masih banyak lainnya.

Dari pengertian dan penjelasan tersebut maka dapat dikatakan bahwa memilih aplikasi akuntansi online merupakan salah satu hal yang penting untuk memaksimalkan kinerja aplikasi itu sendiri, dan agar lebih bermanfaat untuk bisnis. Terlebih perkembangan teknologi saat ini yang semakin meningkat membuat pemilihan aplikasi akuntansi online harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan penting karena saat ini banyak pilihan aplikasi atau software akuntansi yang hadir untuk memudahkan proses pencatatan transaksi dan keuangan bisnis. Sehingga tidak heran jika pelaku bisnis yang tertarik menggunakan aplikasi akuntansi online harus memilih dengan cermat.

Berikut ini adalah beberapa faktor atau hal yang harus diperhatikan dalam memilih aplikasi akuntansi online:

  1. Mengenali berbagai jenis aplikasi akuntansi online yang ada

Saat ini, berbagai jenis aplikasi akuntansi sangat banyak dan mudah ditemui. Dimana pelaku bisnis ditawarkan berbagai aplikasi akuntansi yang tepat untuk bisnisnya. Tentunya antara aplikasi akuntansi online yang ditawarkan dapat memiliki fitur atau fasilitas dan keunggulan yang berbeda-beda. Seperti halnya Zahir Online yang memiliki beberapa manfaat diantaranya akses antarcabang terintegrasi sehingga dapat membantu dalam membuat laporan keuangan perusahaan secara real time yang juga memudahkan dalam pengambilan keputusan bisnis.Selain itu, Zahir Online juga dapat memudahkan dalam memonitor inventori antar cabang dan mengontrol kewenangan setiap user. Untuk itu, sangat penting bagi pelaku bisnis dalam mengenali berbagai jenis aplikasi akuntansi online yang tentunya tepat bagi bisnis yang sedang dijalankan.

  1. Memiliki sertifikasi keamanan

Jika ingin memilih aplikasi akuntansi online maka pertimbangkan aplikasi yang memiliki sertifikasi keamanan yang jelas. Mengingat sebuah aplikasi akuntansi online yang aman, pasti juga memiliki jaminan keamanan yang telah diakui oleh otoritas lembaga yang berwenang seperti otoritas jasa keuangan. Dimana dengan memegang lisensi keamanan dari lembaga bersangkutan, maka dapat dipastikan jika aplikasi akuntansi online tersebut resmi terdaftar dan mengikuti prosedur keamanan yang telah di akui.

  1. 3. Memberikan garansi keamanan

Selain memiliki sertifkasi keamanan, aplikasi akuntansi online yang baik adalah yang dapat memberikan garansi keamanan untuk produk aplikasinya. Garansi tersebut menjadi tanda bahwa aplikasi tersebut memiliki usaha untuk menjaga kerahasiaan data keuangan mitra usaha sebagai jaminan kualitas keamanan yang ditawarkan. Untuk itu, ketika aplikasi akuntansi online bersedia memberikan garansi keamanan tentu perlu dipertimbangkan.

  1. 4. Memberikan keamanan data

Memberikan jaminan keamanan data juga perlu dimiliki oleh aplikasi akuntansi online yang akan digunakan. Bukan hanya terkait dengan kemungkinan pencurian data keuangan perusahaan tetapi juga dari kemungkinan hilangnya data perusahaan jika aplikasi tersebut mengalami permasalahan. Memilih aplikasi akuntansi online tentu memperhatikan hal ini. Pilihlah aplikasi akuntansi online yang baik akan mampu menyimpan data keuangan yang diberikan secara otomatis atau mampu menyediakan backup secara otamatis. Sehingga diharapkan penggunaan aplikasi akuntansi online dapat dimanfaatkan secara maksimal.

  1. 5. Memahami kebutuhan bisnis

Seperti yang telah disinggung pada poin pertama, memilih aplikasi akuntansi online sebaiknya disesuaikan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Mengingat dengan memahami kebutuhan bisnis terlebih dahulu, maka dapat membantu apakah kebutuhan bisnis dan mengetahui bagaimana aplikasi akuntansi online dapat mendukung kebutuhan tersebut. Hal ini dikarenakan aplikasi akuntansi pada umumnya memiliki fitur dan fungsi seperti pelacakan penjualan, manajemen persediaan barang, pelaporan pajak bisnis dan masih banyak lagi. Sehingga tidak terpungkiri jika alangkah baiknya memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis agar penggunaannya lebih maksimal.

Tags

About The Author

Ryan Savero 12
Pensil

Ryan Savero

Tech enthusiast

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel