Cara Mudah Install Play Store di Android yang Tidak Terpasang

12 Jan 2018 16:46 369 Hits 0 Comments
Untuk kamu yang bingung cara menginstall google play store di Android. Simak langkah mudah saya berikut ini. Saya juga share beberapa penyebab gagalnya proses instalasi.

Jika kamu membeli smartphone Android, sudah hampir pasti sudah terinstall Google Play Store. Namun, jika kita membeli dari distributor tidak resmi, terkadang kita memperoleh Android dengan ROM China yang tentu biasanya tidak terinstall google play. Kasus seperti ini biasanya terjadi saat membeli Xiaomi yang bukan ROM Global. Itu adalah satu contoh.

Selain hal tersebut, terkadang para pecinta gadget yang suka mengoprek dan menginstall Custom ROM untuk Androidnya, terkadang juga disana tidak terinstall Google Play secara default sehingga mereka juga harus menginstallnya sendiri.

Kedua situasi diatas terkadang menyebalkan jika tidak memiliki gplay di Android kita. Apalagi jika kita berusaha menginstallnya namun ternyata gagal karena beberapa hal. Banyak hal yang dapat menyebabkan gagalnya proses instalasi namun kebanyakan penyebabnya adalah belum terinstallnya apps pendukung dari gplay. Sehingga, proses installasi akan terhambat saat melakukan proses check information.

Sebelum menginstall gplay, smartphone kita harus memiliki google play service dan account manager. Hal ini dibutuhkan agar gplay berjalan dengan normal. Nah, kali ini saya akan share bagaimana langkah mudah untuk menginstall google play store di Android kamu.

1. Mengunduh Aplikasi yang Dibutuhkan

Sebelum menginstall, kamu harus mendownload beberapa apk yang dibutuhkan. Ada 5 apk yang harus kamu download, yaitu:

  • Google Account Manager
  • Google Contact Sycn
  • Google Service Framework
  • Google Play Services
  • Google Play Store

Semua aplikasi diatas dapat kamu download dari situs penyedia apk terpercaya seperti APKMirror atau juga dari AndroidAPKsBox. Kamu harus mendownload versi yang sesuai dengan versi Android kamu. Biasanya terdapat informasi di situs tersebut tentang versi Android yang disupport.

2. Menginstall Semua Aplikasi yang Sudah Diunduh

Setelah mendownload semua aplikasi pada poin pertama diatas, kamu harus menginstall semua secara berurutan.

Pertama adalah Google account manager, kemudian dilanjut contact sync, service framework, play service dan terakhir adalah Google Play Store.

Tips: jangan membuka aplikasi tersebut sebelum menginstall semua apps diatas.

3. Instalasi selesai, Login ke Akun Kamu

Setelah menginstall kelima apps tersebut. Kamu dapat membuka play store dan login atau register akun. Setelah itu kamu dapat menggunakannya secara normal.

Itulah langkah mudah untuk install gplay di Android kamu. Google Play store adalah aplikasi yang sangat penting untuk pengguna Android. Disana terdapat berbagai aplikasi dan game yang dipublish berbagai developer dari penjuru dunia. Selain itu, keamanan adalah faktor penting dalam instalasi aplikasi dan game. Dengan keamanan di gplay, tentu tidak diragukan dalam proses instalasi karena dikelola langsung oleh Google. Untuk itu, menjadi sangat penting untuk menghadirkan aplikasi ini di smartphone Android kita. Semoga tutorial tersebut bermanfaat.

Tags Android

About The Author

rendi mahardika 9
Kapur Tulis

rendi mahardika

gadget reviewer, blogger, app developer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel