Razia Kendaraan

9 Jun 2017 12:55 463 Hits 0 Comments
Karena itu, razia kendaraan sangat begitu penting untuk menjadikan karakter masyarakat Indonesia bisa menjadi taat berkendara dimanapun itu, baik pada saat ada polisi ataupun tidak. Semua itu bisa terlaksana jika masyarakat sudah sadar akan pentingnya menaati aturan dengan baik.

Hayo yang takut sama razia motor atau mobil ? Atau panik ketika melihat orang pake rompi hijau stabilo hehe (padahal penjaga parkir). Pasti surat-suratnya ga lengkap atau ada kesalahan yang ditutupi ya ? Semua pasti pernah ngalamin yang namanya razia kendaraan, pasti ada banyak pengalaman-pengalaman yang tidak bisa dilupakan kenangan indah bersama bapak polisi hehe.

Razia kendaraan merupakan tugas dari instansi polisi yang bertugas untuk menertibkan para pengendara baik itu kelengkapan surat-surat kendaraan, memakai helm atau tidak, melanggar lalu lintas, kenalpot bising, dan masih banyak lagi. Semua itu polisi lakukan demi terciptanya ketertiban di jalan umum dan memberikan efek jera kepada pelanggarnya. Selain itu, negara juga mendapat pemasukan dari hasil tilang yang dibebankan kepada para pelanggar dengan pasal-pasal sesuai kesalahannya.

Dengan adanya razia kendaraan ini, sangat membuat efek jera para pelanggarnya, termasuk saya pribadi. Saya pernah kena razia, dan lagi apes saya lupa bawa stnk. Padahal pajak masih panjang dan sim juga ada. Akhirnya mau tidak mau saya kena pasal yang saya lupa itu pasal berapa (kenangan lama hehe). Kemudian saya harus membayar dendanya di tempat karena saya tidak mau repot harus ngantri nunggu sidang. Pada saat itu saya sadar bahwa saat berkendara harus menyiapkan semua surat-surat serta kelengkapan lainnya agar dikemudian hari tidak melakukan kesalahan yang sama.

Bagi saya memang razia kendaraan ini sangat berguna untuk masyarakat yang bandel. Apalagi selain masalah surat-surat, ada satu masalah yang membuat masyarakat jengkel dengan para pengendara ini, yaitu masalah kenalpot bising alias kenalpot tidak standar pabrik. Karena ini merupakan polusi suara dan sangat mengganggu kenyamanan sekitar. Apa perlu masyarakat turun juga demi terciptanya suasanya yang tenang, damai, tanpa kebisingan yang begitu mengganggu suasana.

Saya berharap kedepan masyarakat Indonesia bisa menaati hukum apapun itu, termasuk dalam hal berkendara. Karena dengan menjadi masyarakat yang taat akan hukum, kenyamanan di jalan akan semakin kondusif dan negara akan semakin bertambah pemasukan dari hasil pajak kendaraan.

Razia juga dapat meminimalisir para pengendara yang membawa barang-barang haram seperti miras, narkoba, penyelundupan, atau bahkan penculikan yang kadang tidak terduga oleh kita. Saya begitu salut kepada jajaran polisi yang menegakkan aturan yang tegas tanpa pandang bulu dan saya tidak suka apabila runcing kebawah tumpul ke atas. Karena polisi adalah jajaran yang mengayomi masyarakat dengan baik.

Karena itu, razia kendaraan sangat begitu penting untuk menjadikan karakter masyarakat Indonesia bisa menjadi taat berkendara dimanapun itu, baik pada saat ada polisi ataupun tidak. Semua itu bisa terlaksana jika masyarakat sudah sadar akan pentingnya menaati aturan dengan baik.

 

Tags

About The Author

Jaisyurrahman 14
Pensil

Jaisyurrahman

Visual and Sound Designer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel