Yuk Kuliah dengan Smartphone

7 May 2024 13:45 156 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Yuk Kuliah Dengan Smartphone

Salah satu dampak positif smartphone yang nyata adalah bisa membantu para mahasiswa/wi untuk mendapatkan informasi dari berbagai mata pelajaran dengan sangat praktis. Hal ini sangat membantu mereka dalam mengerjakan tugas-tugas serta bisa meningkatkan pengetahuan mereka dan membantu mereka untuk meningkatkan prestasi akademik mereka.

Smartphone adalah telepon selular yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan memiliki kemampuan tinggi hampir menyerupai komputer. Ini ibarat komputer mini dalam bentuk telepon genggam. Para mahasiswa/wi bia melakukan akses ke berbagai aplikasi komunikasi, sosial budaya, dan pendidikan dengan hanya menggunakan smartphone tanpa harus membuka komputer.  

Dari penjelasan tersebut di atas tidak bisa dihindari jika penggunaan smartphone kadang-kadang sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa/wi di lingkungan tempat mereka kuliah. Tugas-tugas kulaih yang menumpuk menyebabkan mereka mau tidak mau mengakses internet di smartphone mereka karena informasi yang mereka cari tidak ada di dalam buku kuliah mereka.

Smatrphone saat ini sudah menjadi hal yang lumrah untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya di rumah tetapi menjadi benda penting wajib ada di kampus. Para mahasiswa/wi sangat ketergantungan dan seperti sebuah kewajiban memiliki telepon pintar ini. Dampak smartphone yang positif dalam dunia pendidikan sangatlah besar sehingga tak mengherankan jika benda yang satu ini seperti wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa/wi untuk kelancaran kuliah mereka. Asalkan menggunakannya dengan cara efektif maka keberadaan smartphone akan membantu mereka dalam mengatasi berbagai masalah yang muncul di kampus.

Kami akan memberikan beberapa tips menggunakan smartphone untuk kuliah yang bisa membantu para mahasiswa/wi melakukan tugas-tugas  mereka menjadi lebih efektif, simak ya penjelasan singkat dari kami.

1/ Smartphone bisa meningkatkan pengetahuan

Seperti dijelaskan tersebut di atas, smartphone keberadaannya dapat membantu para mahasiswa/wi untuk mendapatkan informasi di berbagai mata pelajaran dengan sangat mudah. Karena dalam HP ini dilengkapi dengan berbagai aplikasi utamanya adalah aplikasi pendidikan. Juga dengan bantuan mesin pencari seperti Google, mereka dapat mengakses berbagai informasi sambil mengecek keakuratan informasi yang telah mereka kumpulkan.

Hal ini sangat membantu mereka dalam mengerjakan tugas-tugas mereka dan bisa meningkatkan pengetahuan sekaligus membantu meningkatkan prestasi akademik mereka.

2/ Smartphone bisa membantu meningkatkan kenyamanan dalam belajar

Dosen dan mahasiswa/wi merasa lebih nyaman dengan penggunaan smartphone saat berlangsungnya proses belajar dibandingkan harus menghabiskan banyak waktu mereka untuk mencari sumber informasi yang mereka perlukan dengan mengunjungi perpustakaan.

Dalam hal ini smartphone membantu mereka untuk menghemat banyak waktu hanya dengan satu klik saja di dalam kamar dan sekaligus memanfaatkan waktu mereka untuk belajar atau berkomunikasi dengan teman-teman, keluarga, atau dosen mereka dalam waktu yang bersamaan.

3/ Di dalam smartphone tersedia teknologi yang lebih canggih

Smartphone memberikan banyak pilihan aplikasi yang bermanfaat membantu proses belajar, mengumpulkan informasi yang diperlukan dan juga membentuk kelas belajar dalam group. Tambahan lagi para mahasiswa/wi dan dosen pengajar bisa mempelajari berbagai kemampuan baru dan penyaluran hobi yang positif melalui smartphone. Misalnya adalah belajar bahasa baru, teknik menggambar, memasak atau meningkatkan kemampuan public speaking dengan belajar dari telepon pintar ini.

Hal tersebut di atas bisa membantu mempermudah proses belajar bagi para mahasiswa/wi sebeum ujian, atau saat mereka mengerjakan tugas dengan mendengarkan kembali atau menghapal materi yang telah mereka simpan di dalam smartphone mereka.

4/ Smartphone membantu meningkatkan kemampuan dalam mengatur waktu

Smartphone yang digunakan dengan cara sehat akan membantu meningkatkan kemampuan dalam mengatur waktu mereka. Dimana di dalamnya ada banyak aplikasi yang bisa membantu mereka untuk lebih terorganisir dalam mengatur waktu mereka dalam belajar.

Beberapa aplikasi seperti Notes, Stopwatch, Kalender, Alarm, Perekam, Google Drive, Office dan banyak lagi yang lainnya mampu membantu mereka dalam mencatat, menerima dan mengirim dokumen. Sekaligus mengatur waktu belajar mereka sehingga mereka bisa lebih tepat waktu dalam belajar dan mengatur skala prioritas dalam mengerjakan tugas-tugas mereka.

Dengan bantuan smartphone para mahasiswa/wi diharpkan bisa menjadi pelajar terbaik dalam belajar dan meningkatkan berbagai aspek dalam hidup mereka melalui manajemen waktu yang tepat.

5/ Smartphone membantu mempertajam kemampuan mengingat

Smartphone dapat menjadi media untuk mempertajam ingatan pelajar dalam proses belajar. Dengan menggunakan HP ini mereka dapat merekam, mengambil gambar, dan mencatat seluruh pelajaran yang diberikan secara lengkap dan mempelajari kembali di rumah. Hal ini bisa mempermudah proses belajar bagi para pelajar sebelum ujian, atau saat mengerjakan tugas dengan cara mendengarkan kembali atau menghafal materi yang telah mereka simpan di dalam HP canggih ini.

Semoga bermanfaat.

Tags Teknologi

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel