5 Plugin wordPress untuk Toko Online (Terbaik)

8 Mar 2023 17:15 1115 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Di zaman sekarang, membuat website toko online tidaklah sesulit yang dibayangkan. Dengan menggunakan CMS seperti WordPress, Anda tidak perlu lagi coding-coding yang ribet. Dengan WordPress, Anda tinggal install plugin untuk toko online, Anda sudah dapat membuat toko online sendiri.

Plugin tersebut biasanya menyediakan beragam fitur-fitur yang akan membuat toko online Anda semakin kekinian dan menarik. Seperti fitur pembayaran, katalog, dan masih banyak lagi.

Jadi untuk membuat website toko online plugin sangat cocok dalam membantu Anda untuk memulainya.

 

Rekomendasi 5 Plugin Terbaik untuk Toko Online

Di zaman sekarang, membuat website toko online tidaklah sesulit yang dibayangkan. Dengan menggunakan CMS seperti WordPress, Anda tidak perlu lagi coding-coding yang ribet. Dengan WordPress, Anda tinggal install plugin untuk toko online, Anda sudah dapat membuat toko online sendiri.

Plugin tersebut biasanya menyediakan beragam fitur-fitur yang akan membuat toko online Anda semakin kekinian dan menarik. Seperti fitur pembayaran, katalog, dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa plugin WordPress untuk membuat dan membangun toko online dari awal. Simak sampai selesai ya!

Supaya tidak salah pilih plugin WordPress untuk toko online Anda, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja yang perlu diperhatikan. Berikut penjelasannya:

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Plugin Toko Online

1. Antarmuka yang user-friendly

Plugin harus bisa memudahkan Anda mengelola toko eCommerce tanpa membuang banyak waktu untuk mempelajarinya.

2. Fitur Pendukung Toko Online yang Canggih

Salah satu yang perlu diperhatikan saat memilih plugin wajib adalah memiliki kelengkapan fitur-fitur pendukungnya. Dengan adanya fitur pendukung yang canggih dan lengkap, Anda dapat membuat toko online tanpa perlu repot install banyak plugin tambahan.

3. Dukungan dan Pembaruan yang mencukupi

Dukungan pelanggan yang baik sangatlah penting apabila Anda perlu bantuan menangani masalah, Demikian pembaruan tersebut akan membantu dalam memperbaiki masalah tersebut.

4. Kustomisasi yang Fleksibel 

Buat Anda sebagai pemula, pastikan Anda memilih plugin toko online yang menyediakan fitur yang dapat memudahkan kustomisasi.

Misalnya, tersedia fitur Customer login untuk memudahkan pengguna dalam membuat akun, agar lebih mudah dalam mencakup toko online tersebut dengan dibuatnya akun, customer dapat meningkatkan pengalaman ketika berbelanja.

 

Rekomendasi 5 Plugin WordPress Terbaik untuk Toko Online

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu Anda pertimbangan dalam memilih plugin e-commerce untuk toko online Anda. Berikut ini adalah beberapa plugin WordPress terbaik untuk toko online Anda.

1. WooCommerce

Rating: 4.5/5

Instalasi aktif: 5.000.000+

Pengembang: Authomatic

Kekurangan: Fitur tingkat lanjut disertakan dalam add-on terpisah dan berbayar.

Kekurangan:

  • Mudah disesuaikan dan memiliki plugin dan ekstensi yang canggih.
  • Tersedia Product Blocks untuk kostumisasi tampilan produk.
  • Tersedia fitur jenis pembayaran yang lengkap.

WooCommerce adalah platform eCommerce open-source yang paling populer. WooCommerce menawarkan berbagai add-ons premium, seperti tema, plugin, dan tool keamanan yang bisa Anda integrasikan ke toko online Anda untuk meningkatkan fungsionalitas toko.

2. BigCommerce

Rating: 4.3/5

Instalasi aktif: 1.000+

Kekurangan: Opsi kustomisasi desain yang terbatas.

Kelebihan: 

  • Performa lebih cepat, biaya lebih terjangkau.
  • Bisa digunakan untuk berbagai platform, seperti WordPress dan Amazon.
  • Sistem canggih cocok untuk bisnis berskala besar.

BigCommerce memiliki system manajemen serta hosting sendiri, dan sekarang layanannya tersedia bagi pengguna wp dengan beta developer awal. 

Di pasaran plugin ini merupakan salah satu plugin WordPress untuk toko online terbaik bagi bisnis berskala besar. Software ini memiliki fitur untuk mengelola penjualan multi-channel dari satu control panel, mendukung katalog yang lengkap, serta traffic dan volume pesanan tinggi.

3. Shopify

Rating: 4.5/5

Instalasi aktif: 4.000+

Kekurangan: Biaya tambahan jika menggunakan sistem pembayaran eksternal.

Kelebihan:  

  • Tersedia shortcode untuk kostumisasi.
  • Tersedia efek dan filter untuk tampilan toko online

Plugin ini berfokus untuk memudahkan user dalam membangun toko online. Seperti, bagi seorang pemula Shopify akan menangani area teknis eCommerce, seperti penyiapan  sertifikat SSL, integrasi, metode pembayaran, dan perpajakan. Selain itu, Anda bisa mengunduhnya secara gratis, namun ada biaya tahunan untuk menggunakan layanannya.

4. Easy Digital Downloads

Rating: 4.5/5

Instalasi: 50.000+

Kekurangan: Hanya bisa digunakan untuk penjualan item digital.

Kelebihan: 

  • Mudah digunakan dan membantu percepat pertumbuhan website.
  • Cocok untuk penjualan produk digital seperti ebook, audio, musik maupun vidio.
  • Keamanan terjamin.

Easy Digital Downloads merupakan plugin eCommerce untuk membuat website toko online yang menjual produk digital seperti ebook, dokumen, musik, vidio maupun media digital lainnnya dengan mudah. Plugin ini bisa digunakan secara gratis selamanya dan juga didukung beragam ekstensi.

5. WP EasyCart

Rating: 4.2/5

Instalasi aktif: 6.000+

Kekurangan: Di versi gratis terdapat biaya untuk setiap transaksi.

Kelebihan: 

  • Tersedia banyak payment gateaway.
  • Dapat mengelola toko online melalui mobile device.

Plugin ini hampir sama seperti plugin kebanyakan, WP EasyCart juga menyediakan versi gratis dan berbayar.

Plugin ini cocok untuk pemilik bisnis kecil yang ingin membangun toko online tetapi tidak punya banyak waktu untuk mempelajari caranya.

Plugin ini menawarkan proses konfigurasi yang cepat dan tool yang mudah dipahami sehingga sangat sesuai bagi pengguna yang belum memiliki pengetahuan teknis tentang pengembangan website (pemula).

 

Demikian di atas beberapa plugin terbaik yang dapat Anda gunakan dalam memulai bisnis anda untuk toko online, namun diantara kelima tersebut terdapat satu plugin yang sangat kami rekomendasikan untuk Anda dalam membangun website toko online,yaitu WooCommerce.

 Kenapa kami merekomendasikan plugin tersebut? Berikut penjelesannya:

WooCommerce.

Yap, plugin yang simpan di kolom pertama ini, kenapa kami merekomendasikan plugin ini, selain populer WooCommerce menyediakan berbagai tema dan fitur yang cukup lengkap untuk segala jenis website toko online.

Beberapa fitur yang ditawarkan misalnya fitur pembayaran yang komplit, mulai dari transfer bank, kartu kredit, payment gateaway seperti paypal, hingga cash on delivery (COD).

Selain itu, tersedia ratusan ekstensi yang gratis dan berbayar, contohnya fitur ongkos kirim dari JNT. jadi, pembeli dapat melihat perhitungan biaya barang dengan ongkos kirimnya. sangat praktis bukan.

Jadi kami sangat merekomendasikan plugin ini untuk Anda dengan tersedianya berbagai fitur dan pendukung lainnya, Anda bisa membuat website toko online tanpa perlu repot install plugin tambahan lainnya.

Semoga Bermanfaat.

 

 

 

 

Tags

About The Author

Hysm 25
Novice

Hysm

SMK PLUS PRATAMA ADI Jl.Dipatiukur no.9 banjaran KELAS :XI NAME ;Hysm TTL :Bandung, 26-Maret-2006 HOBI :Rajin Mengaji CITA2 :Ustadz/Kiyai

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel