Tips Kelola Waktu Belajar dengan Smartphone

7 May 2024 15:45 213 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Kelola Waktu Belajar Dengan Smartphone

Waktu belajar dari masing-masing pelajar tentulah berbeda-beda. Dimana tak jarang waktu belajar tersebut terlewatkan di dalam keseharian, akibat menumpuknya berbagai aktivitas lain. Sehingga kamu yang mengalami kondisi ini membutuhkan semacam jam pengingat agar bisa kelola waktu belajar dengan bijak. Kabar bagus untuk kamu penggemar gadget karena smartphone bisa membantumu.

Di beberapa ponsel kamu bisa mendapatkan info mengenai cara kamu menghabiskan waktu di ponsel seperti seberapa sering kamu membuka kuncinya dan berapa lama kamu menggunakan masing-masing aplikasi.

Kamu bisa menggunakan info tersebut untuk meningkatkan pengetahuan digital kamu. Misalnya kamu bisa menyetel timer aplikasi dan menjadwalkan perubahan tampilan. Setiap smartphone mempunyai pengingat yang bisa diset untuk waktu-waktu tertentu. Meskipun kadang-kadang fitur bawaan di dalamnya tak jarang terasa membosankan bagi sebagian pelajar. Oleh karena itu melalui artikel kami kali ini ingin membagikan informasi tentang tips kelola waktu belajar dengan bijak yang erat hubungannya dengan aplikasi pengatur waktu belajar bisa kamu coba pada smartphonemu. Simak penjelasan dari kami ya.

1/ My Study Life – Digital School Planner You Need

Aplikasi pertama yang memiliki fungsi sebagai pengatur waktu belajar yang bisa kamu coba adalah My Study Life – Digital School Planner You Need. Dengan aplikasi ini kamu tidak hanya bisa mengatur waktu belajar harian, melainkan juga menyimpan data-data dari pekerjaan rumah, tugas dan bahkan revisi dari tugas-tugas kamu. Kamu bisa menyimpan semua data tersebut di bagian cloud dalam aplikasi.

Kamu juga bisa menyiapkan jadwal belajar didasarkan atas sistem kerja kalender akademik. Juga aplikasi ini bisa mengingatkan kamu tentang tugas-tugas atau pekerjaan rumah yang belum diselesaikan. Tertarik untuk mencoba ? Download saja My Study Life – Digital School Planner You Need di internet.

2/ Study Bunny : Focus Timer

Yang kedua adalah Study Bunny : Focus Timer. Seperti nama yang diberikan, aplikasi pengatur iwaktu belajar ini akan membantu kamu untuk tetap fokus saat mempelajari materi dari berbagai pelajaran atau mengerjakan tugas di rumah.

Kamu akan ditemani oleh karakter kartun yaitu kelinci yang berpenampilan lucu setiap belajar. Atur waktu belajar kamu setiap harnya atau bisa di set setiap minggu di jam-jam tertentu lalu lacak progresmu di aplikasi ini.

Ketika jam / waktu belajar tiba dan kamu mulai kurang fokus, kamu bisa memberi jeda pada waktu belajar guna memulainya lagi nanti. Selama belajar dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan mendapatkan koin dimana koin-koin ini bisa kamu pakai untuk membeli item di dalam aplikasi.

1/ Rodait – Smart Study Planner

Apabila kamu sedang melakukan persiapan untuk ujian, aplikasi ini cocok untuk kamu coba. Aplikasi ini mempunyai beberapa fitur unggulan yang akan membantu kamu untuk tetap rajin belajar. Aplikasi ini dapat mengatur study goal kamu setiap harinya agar target nilai ujian tercapai. Tersedia juga fitur stopwatch yang dapat digunakan untuk mengatur jam belajar kamu di waktu-waktu tertentu.

Tak lupa aplikasi ini akan membantu memberikan feedback terhadap waktu belajar kamu menjadi lebih terkontrol. Unduh aplikasinya di internet.

4/ FLIP

Aplikasi pengatur waktu belajar yang keempat yang dapat kamu coba gunakan adalah FLIP. Di dalamnya terdapat beberapa fitur yang akan membantu kamu untuk jadi tetap rajin belajar, dimana bisa dibilang aplikasi ini serupa dengan Study Bunny. 

Kamu bisa membuat timeline, mengatur waktu, membuat jadwal, damn melihat statistik belajar dalam satu aplikasi saja. Juga aplikasi ini menolong kamu untuk bisa mengatur fokus saat belajar sehingga menjadi terkosentrasi. Dan belajar pun menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur FLIP TALK, dimana kamu bisa mengobrol dengan para pengguna lain dan berbagi strategi belajar dengan mereka. Unduh aplikasinya di internet.

5/ Focus To-Do : Pomodoro & Tugas

Kamu yang menggunakan metode ini bisa mengandalkan aplikasi ini untuk membantu kelancaran proses belajar kamu. Ini adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan kamu bisa mengatur waktu belajar atau bekerja dengan metode Promodoro yang biasa dilaksanakan setiap 25 menit.

Selain bisa mengatur waktu belajar, aplikasi ini dapat digunakan untuk membantu statistik performa kamu setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan.

Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Kamu tinggal memilih tugas atau pelajaran yang ingin diselesaikan. Kemudian aturlah waktu selama 25 menit. Setelahnya mulailah untuk menyelesaikan aktivitas kamu dan usahakan untuk tetap fokus.

Semoga bermanfaat.

Tags Teknologi

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel