Ulasan Subjektif tentang TWS KZ Z1 Pro

11 Aug 2022 13:40 275 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
KZ Z1 pro dapat menjadi solusi bagi kalian yang mencari TWS dengan harga normal tapi dengan kualitas suara yang bagus

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang TWS KZ Z1 Pro.

SPESIFIKASI

Dalam segi spesifikasi, KZ Z1 dibekali dengan :

  • Plug dock USB type C
  • Kapasitas baterai earphone 28mA
  • Kapasitas baterai dock 400mA
  • Bluetooth versi 5.2

Secara sekilas, spesifikasi TWS KZ Z1 pro terlihat bagus dengan versi bluetooth 5.2 yang dihadirkan dengan fokus pada peningkatan fitur Bluetooth LE atau Low Energy. Versi ini diperkenalkan pada 2020 dengan menawarkan sejumlah fitur seperti LE Audio, LE Power Control, dan Enhanced Attribute Protocol (EATT). Dan kapasitas baterai dock yang cukup besar dan disertai plug USB type C, membuat pengisian baterai TWS KZ Z1 dibilang cukup cepat.

ISI BOX

Isi pada box TWS KZ Z1 pro ada :

  • Device atau perangkat
  • Kabel USB type A to USB type C yang berfungsi sebagai kabel pengisian daya
  • Buku panduan
  • Buku garansi
  • 3 buah pasang eartips berbagai ukuran

PENGGUNAAN

Untuk penggunaan sehari-hari, TWS KZ Z1 pro ini cukup nyaman untuk dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama karena bentuk desainnya yang cukup menyerupai bentuk dalam telinga. Hal ini juga membuat TWS ini tidak mudah lepas atau jatuh saat dipakai olahraga. TWS ini pula dilengkapi sertifikat IPX6 yang dapat mencegah kerusakan dari cipratan air. Pada saat ingin pairing dan connecting juga cukup mudah karena TWS ini akan otomatis menyala ketika pengguna melepaskan dari dock dan TWS ini akan otomatis terkoneksi kembali ke perangkat seperti smartphone atau komputer pengguna setelah connecting untuk pertama kalinya. Hal ini dapat mengurangi waktu pengguna untuk mengkoneksikan TWS dengan perangkat secara manual. Dalam segi berat, TWS ini bisa dibilang cukup ringan dengan berat dock 50g dan berat earphone 10g hal ini membuat telinga tidak mudah lelah karena berat earphone yang cukup ringan. Pengguna juga dapat mengantongi dock pada saku karena ukurannya yang kecil dan tidak berat. Untuk jarak jangkauan bluetooth TWS ini diklaim bisa mencapai 20m, namun selama saya gunakan pada jarak 10m sinyal audio sudah putus-putus. Untuk waktu penggunaan, TWS ini diklaim bisa bertahan selama 2 jam, namun selama penggunaan saya baterai TWS ini dapat bertahan selama 3 jam pada volume sedang. Untuk game juga dapat dibilang cukup bagus dengan latensi yang cukup kecil. Untuk impresi suara, secara umum earphone KZ memiliki sound sig V shape yang membuat suara lebih dominan pada bass dan treble. Namun pada TWS KZ Z1 pro, sedikit berbeda karena pada range vokalnya yang di boost, bassnya masih terasa punchy dan high yang masih extend meskipun tidak se extend KZ seri ZSN. Detail dan kejernihan suara KZ Z1 pro terbilang sangat baik dengan imaging yang luas.

Untuk segi harga, TWS KZ Z1 pro dihargai di kisaran harga Rp 300.000 – Rp 400.000 di beberapa toko online. Kisaran harga ini terbilang cukup normal di pasar TWS.

PENDAPAT PRIBADI

Selama pemakaian saya selama kurang lebih 2 bulan, belum ada keluhan atau kekurangan yang dapat saya temukan selama jarak waktu 2 bulan. Suara yang dihasilkan sudah lebih dari cukup untuk penggunaan saya, kejernihan suara dan bass yang punchy sudah melebihi ekspetasi saya pada TWS ini. Harga yang normal dengan kualitas suara yang baik membuat banyak orang merekomendasikan. Menurut saya pribadi jika kalian ingin TWS yang memiliki harga normal dengan kualitas suara yang bagus, TWS KZ Z1 pro ini bisa menjadi solusi kalian.

Tags

About The Author

Rakhsha 19
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel