Keluh Kesah Menggunakan Wireless Mouse

29 Sep 2022 15:35 433 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Mouse wireless adalah salah satu jenis mouse yang terbilang cukup praktis

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Dijaman modern yang serba menggunakan komputer ini, mouse sudah menjadi hal yang tidak dapat terlepas. Mouse memiliki berbagai macam jenis. Jenis yang paling umum adalah mouse kabel dan wireless. Mouse kabel sudah menjadi hal yang sering dilihat hampir sehari-hari, berbeda dengan mouse wireless yang lebih sedikit digunakan. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan impresi saya sendiri sebagai pengguna mouse wireless selama hampir 3 tahun ini.

PENGERTIAN

Sebelum memulai, mari kita cari tahu terlebih dahulu apa sih mouse wireless itu? Seperti namanya, mouse wireless adalah salah satu jenis mouse dengan ciri khas tidak menggunakan kabel sebagai media untuk mengantarkan data lokasi mouse ke komputer. Mouse wireless mengirimkan data melalui radio. Beberapa mouse terhubung ke komputer melalui Bluetooth atau Wi-Fi, sementara yang lain menggunakan penerima yang dihubungkan ke komputer, misalnya melalui port USB.

Banyak mouse yang menggunakan penerima USB memiliki kompartemen penyimpanan di dalam mouse. Beberapa "nano receiver" dirancang agar cukup kecil untuk tetap dicolokkan ke laptop selama pengangkutan, sementara masih cukup besar sehingga dapat dilepas dengan mudah.

 

KELEBIHAN

Setelah mengetahui apa itu mouse wireless berikut ini adalah kelebihan yang saya rasakan selama menggunakan mouse wireless.

  • Ergonomis

Kelebihan pertama yang saya rasakan adalah rasa ergonomis. Hal ini karena saya tidak perlu ribet dengan kabel management, karena mouse wireless tidak memiliki kabel.

  • Praktis

Kelebihan kedua adalah praktis. Hal ini kembali lagi seperti kelebihan pertama, yaitu karena mouse wireless tidak memiliki kabel. Dengan tidak adanya kabel, saya dapat membawa dan menyimpan mouse ini bahkan di tempat yang sempit tanpa perlu mengkhawatirkan kabel yang terlilit.

  • Setup terlihat lebih rapi

Kelebihan selanjutnya adalah setup saya terlihat lebih rapi, karena tidak ada kabel yang mengganggu.

  • Jangkauan luas

Selama penggunaan, saya dapat mengoperasikan mouse dan tetap mendapatkan input yang akurat pada jarak 5 meter.

 

KEKURANGAN

Setelah kelebihannya, berikut ini adalah kekurangan yang saya temukan dan rasakan selama menggunakan mouse ini.

  • Harus rajin mengganti baterai

Kekurangan pertama adalah saya harus rajin mengganti baterai mouse. Hal ini karena mouse wireless tidak menggunakan kabel dan memerlukan sumber daya tersendiri untuk beroperasi. Hal ini dapat menyulitkan disaat penting seperti saat rapat atau sedang bermain game.

  • Latency atau delay yang lebih tinggi

Kekurangan selanjutnya adalah delay atau latency dari mouse wireless dapat dibilang sedikit tinggi dibandingkan mouse kabel karena data input harus ditransmisikan melalui radio atau Bluetooth atau pun Wi-Fi.

  • Harga yang lebih mahal

Mouse wireless memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan mouse kabel karena membutuhkan teknologi yang lebih canggih untuk memproduksi satu buah barangnya.

KESIMPULAN DAN OPINI PRIBADI

Selama pemakaian saya mouse ini terbilang cukup nyaman dan praktis untuk digunakan. Meskipun pada beberapa saat dimana baterai mouse ini habis, saya tidak melihat hal tersebut sebagai kekurangan yang signifikan. Dan latensi yang lebih tinggi pun tidak menjadi masalah bagi saya karena mengingat bahwa mouse ini tidak menggunakan kabel sebagai media pengantar data input ke komputer. Saya merekomendasikan jenis mouse wireless ini kepada para karyawan kantoran. Karena mouse ini cukup praktis untuk digunakan dan tidak ribet untuk menaruhnya karena mouse ini rata-rata memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan mouse kabel, selain itu mouse ini pun dapat dibawa kemanapun tanpa harus memikirkan tempat untuk menyimpannya.

Tags

About The Author

Rakhsha 24
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel