AI Dapat Menjadi Ledakan Peluang Besar di Berbagai Sektor Bisnis

20 Feb 2023 14:59 1047 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Teknologi AI hampir menguasai semua bidang Manfaat AI sudah banyak sekali membantu manusia memecahkan segala masalah yang kecil maupun berat dan meningkatkan produktivitas diberbagai bidang. AI telah menjadi bagian dalam pekerjaan kita sehari-hari. Alasan tersebut sudah dapat dipastikan bahwa AI adalah salah satu teknologi yang akan sangat berkembang dan berguna bagi manusia dimasa depan.

Apa itu Artificial Intelligence?

Dalam kata yang mudah dimengerti, AI adalah mesin yang bisa melakukan berbagai macam pekerjaan layaknya manusia seperti berpikir dan memecahkan masalah.

Inilah keunggulan mesin dengan menggunakan Artificial Intelligence dengan komputer biasa 

Jadi, program komputer biasa tanpa AI, ia hanya akan memberikan output yang sesuai dengan yang apa yang kita program sebelumnya. Jika ada variable yang tidak sesuai dengan algoritmanya, ia tidak dapat meberikan output yang benar. Berbeda jauh dengan program AI yang jauh lebih cerdas dari pada komputer biasa.

Contoh dari program AI yang seri kita jumpai adalah pada saat kita mengetik pada pencarian Google, apabila ada kalimat atau kata yang anda ketik kurang tepat maka AI di Google pencarian akan membantu anda memperbaiki kata yang salah. Jadi AI sebenarnya sering kita temukan dalan sehari-hari.

Titik mula AI dapat membuat semua orang tertarik

Teknologi AI pertama kali menuai perhatian publik di era 1990-an. Pada saat itu teknogi mesin AI yang bernama Deep Blue diciptakan oleh manusia berhasil mengalahkan juara kelas dunia catur, Garry Kasparov. Tidak hanya itu publik sempat heboh kembali berkat IBM Watson, mesin AI pencari jawaban buatan IBM berhasil mengalahkan juara kuis Jeopardy dalam bidang pengetahuan umum.

Belakangan ini teknologi AI memang sangat menarik perhatian banyak orang di dunia ini. Bahkan, pada tahun 2016 aja nih, nilai pasar semua produk yang berhubungan dengan AI, baik itu Software maupun Hardware, nilai pasar meraka sangat naik hingga mencapai lebih dari USD 8 M atau sekitar 108 triliun rupiah.

Teknologi AI hampir menguasai semua bidang Manfaat AI sudah banyak sekali membantu manusia memecahkan segala masalah yang kecil maupun berat dan meningkatkan produktivitas diberbagai bidang seperti:

 

1. Dunia Kesehatan

Di-dunia kesehatan Ai digunakan kepada robot untuk menjadi asisten para dokter. Contohnya Microsoft telah mengembangkan AI yang dapat membantu tugas para dokter untuk menentukan segala jenis obat dan perawatan yang sangat cocok bagi pasien. Bahkan selain itu, di Childrenâs National Medical Center di Washington menggunakan robot untuk menjadi asisten dokter melakukan operasi.

Dirumah sakit AI sangat membantu memudahkan tugas dokter dalam mendiagnosis medis, menganalisis detak jantung, dan juga memberikwn perawatan kepada pasien. Diperkirakan ada 90 startups yang mengembangkan AI di insustri kesehatan ini.

 

2. Dunia Otomotif

Di-dunia otomotif, banyak sekali perusahaan ternama yang menggunakan teknologi AI misalnya Tesla, Google, Apple, yang telah melakukan penelitian terhadap mobil tanpa pengemudi. Di masa depan manusia akan terbiasa menggunakan kendaraan tanpa pengemudi untuk meringankan pekerjaannya.

 

3. Dunia Industri Ekonomi dan Keuangan

Di-dunia Industri AI membantu dalam hal investasi keuangan, pencatatan keuangan, jual beli saham, penipuan, kriminalisasi di bank, dan lainnya.

 

4. Dunia Penerbangan

Di-dunia penerbangan AI digunakan untuk menstimulisasikan penerbangan sehingga pilot bisa di asisteni dengan memberikan informasi pergerakan dan keadaan udara serta tekanan yang terjadi saat penerbangan.

 

5. Dunia Pendidikan

Dalam dunia pendidikan tenaga AI dipekerjakan untuk mengajar anak anak di sekolah.

 

6. Dunia Industri

Di bidang ini sudah sangat sering kita jumpai pekerjaan AI yang telah menggantikan banyak sekali manusia. AI seringkali bekerja pada bidang yang berulang ulang contohnya dalam produksi sebuah produk di pabrik.

Teknologi AI adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindarkan dimasa depan. AI telah menjadi bagian dalam pekerjaan kita sehari-hari. Alasan tersebut sudah dapat dipastikan bahwa AI adalah salah satu teknologi yang akan sangat berkembang dan berguna bagi manusia dimasa depan.

Tags

About The Author

dahlan 24
Novice

dahlan

berbagi ilmu dan pengalaman pkl di Four Vision Media
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel