4 Alasan kenapa Smartphone Sekarang Terlihat Membosankan

29 Apr 2024 11:15 258 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kapan ada teknologi yang bisa bikin jiwa bergejolak?

Jika Anda datang ke artikel ini, berarti kita sedang punya keheranan yang sama, yaitu tentang kenapa smartphone belakangan ini terlihat tidak menggairahkan lagi untuk dilirik.

Pasar smartphone di tanah air, belakangan ini sudah mulai membosankan bagi sebagian orang. Padahal baru-baru ini, banyak smartphone baru bermunculan di pasar mulai dari kelas flagship, mid range dan entry level.

Seperti contohnya Samsung S24 series dan iPhone 15 series yang walaupun terlihat masih laku di pasaran, tapi hype-nya tidak sebesar ketika iPhone 10 dan iPhone 12 series rilis.

Jika Anda juga adalah penikmat koten-konten video ulasan smartphone di YouTube, Anda juga pasti bisa melihat kalau angka penonton kategori smartphone itu stagnan atau malah turun dibandingkan konten-konten smartphone lama. Walaupun bisa jadi itu mungkin karena penontonnya sudah bosan dengan para reviewer-nya, ada kemungkinan juga smartphone terbaru yang rilis di Tahun 2024 ini tidak menarik sama sekali.

 

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah alasan yang mungkin membuat smartphone terbaru yang rilis di tahun 2024 ini tidak lagi menarik bagi sebagian orang.

 

1. Terobosan Inovasi yang Menemui Jalan Buntu

Tidak hanya penulis, disini pasti ada pengamat smartphone yang merasa bahwa smartphone sekarang ini sudah kehabisan inovasi. Teknologi fitur yang ditambahkan di smartphone baru sudah tidak menarik lagi karena memang sudah pernah ada di smartphone keluaran lama. Ya walaupun mungkin ada sedikit penyempurnaan dari teknologi lama, tapi tetap saja tidak menarik bagi yang memang haus akan terobosan teknologi.

 

2. Jenuhnya Pasar Smartphone

Dengan keberagaman smartphone yang ada di pasaran saat ini, banyak orang yang mungkin mengalami kejenuhan. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak produsen merilis berbagai model smartphone dengan spesifikasi yang serupa, sehingga membuat konsumen merasa sulit untuk membedakan antara satu produk dengan yang lainnya. Ujung-ujungnya, konsumen tersebut batal membeli smartphone dan menabung lagi untuk generasi smartphone selanjutnya.

 

3. Harga Smartphone yang Terus Meningkat

Harga smartphone kelas flagship terus meningkat dari waktu ke waktu. Sementara itu, inovasi yang ditawarkan tidak selalu sebanding dengan kenaikan harga tersebut. Hal ini membuat konsumen lebih berhati-hati dalam memutuskan untuk meng-upgrade perangkat mereka.

Lirik saja iPhone series dan Samsung S24 series yang harganya selalu naik setiap generasi. Tetapi tidak menawarkan kenaikan performa atau fitur yang signifikan dan memuaskan.

 

4. Fokus pada Perangkat Lain

Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak perangkat lain yang juga menarik minat pengguna, seperti perangkat Virtual Reality, Internet of Things (IoT), dan perangkat cerdas lainnya. Keterlibatan dalam perangkat dan teknologi baru ini mungkin membuat beberapa orang merasa kurang tertarik pada smartphone konvensional sekarang ini.

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel