Ide Bisnis Cuan di Tahun 2024

29 Apr 2024 13:55 186 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Lagi cari ide bisnis tahun 2024? Mari Merapat

Tahun 2024, Lapangan pekerjaan semakin menipis dikarenakan beberapa perusahaan di beberapa sektor tenaga kerja memutuskan untuk menghentikan perekrutan karyawan baru demi menjaga agar tingkat PHK perusahaannya berkurang.

Akibatnya, banyak mereka yang sebelumnya baru lulus perguruan tinggi ataupun sekolah dan memutuskan untuk mencari pekerjaan, kesulitan mendapatkannya hingga sekarang ini. Bagi mereka yang memang tidak ingin mencari jalan lain untuk mendapatkan uang, pastinya mereka akan menunggu kesempatan hingga ada lapangan pekerjaan tersedia. Namun bagi mereka yang mencari jalan lain, ada yang pastinya memutuskan untuk membuka usaha baru.

Bagi Anda yang kebetulan datang kesini dan memang sedang mencari ide bisnis baru di tahun 2024 ini, berikut adalah 5 ide bisnis menarik yang bisa diriset atau ditinjau ulang kembali sebelum untuk memutuskan untuk terjun menggarap bisnis tersebut.

 

1. Bisnis Kuliner Sehat

Kuliner, adalah salah satu ide bisnis aman yang sampai saat ini ramai menjamur di Indonesia. Namun tentunya jika Anda berbisnis kuliner yang biasa-biasa saja, maka Anda harus juara di bidang rasa, karena saingan kuliner Anda pasti banyak sekali.

Ide bisnis yang penulis maksud disini bukanlah sembarang kuliner, melainkan kuliner dengan embel-embel “menyehatkan”.

Semakin banyaknya minat masyarakat Indonesia terhadap gaya hidup sehat dan kesadaran akan pola makan yang baik, membuka peluang besar untuk bisnis makanan sehat. Mulai dari makanan organik, makanan bebas gluten, hingga makanan rendah kalori, ada banyak ruang untuk berinovasi dalam bisnis ini. Pesaingnya pun terbilang masih sedikit di tahun 2024 ini. Hal ini bisa dilihat dengan mudah dengan riset sederhana, yaitu mengecek restoran-restoran yang menyajikan makanan sehat di pesan antar makanan online seperti Shopee Food, Grab Food, dan Go Food.

 

2. Bisnis Fintech (Financial Technology)

Teknologi internet dan gadget yang makin kesini makin canggih membuat ide bisnis fintech terus berkembang pesat di Indonesia, terutama dengan pertumbuhan penetrasi internet dan perbankan digital. Ide bisnis seperti platform pembayaran digital, pinjaman online, atau investasi peer-to-peer (P2P) masih memiliki potensi pertumbuhan yang besar.

Salah satu alasannya adalah faktor jumlah penduduk Indonesia yang banyak dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Bagi mereka yang kekurangan, tersedia bisnis pinjaman online yang biasanya tanpa anggunan dan mudah prosesnya. Sedangkan bagi mereka yang kelebihan, ada investasi P2P yang memang sedang digandrungi khususnya oleh mereka generasi Z.

Kemudian ada juga yang membuat segala tagihan tidak perlu datang ke teller adalah pembayaran digital. Mau bayar listrik, bayar air PDAM, bayar provider internet, semuanya bisa dilakukan dengan mudah hanya bermodalkan smartphone dan koneksi internet saja.

 

3. Bisnis Pemulihan Lingkungan

Adalah salah satu ide bisnis yang pasti cuan di tahun 2024. Alasannya, salah satu masalah di Indonesia yang hingga saat ini masih belum ada solusinya adalah masalah lingkungan. Bukannya semakin hari semakin pulih, malah semakin rusak dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat.

Namun perlu menjadi catatan bagi yang ingin menggeluti bisnis ini. Akan ada beberapa kemudahan bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis pemulihan lingkungan seperti dukungan pemerintah setempat hingga pemerintah pusat. Namun, Anda tentunya harus siap kerja keras karena ekspektasi dan beban pekerjaannya akan benar-benar di luar nalar.

Contoh saja grup independen tanpa pamrih bernama Pandawara yang fokus berkegiatan mengurangi sampah-sampah di Indonesia. Jika Anda menyaksikan videonya, apalagi langsung ke TKP tempat mereka membersihkan sampah, mungkin bisa menilai seberat apa aktivitasnya.

 

4. Bisnis yang Berhubungan dengan EV (Electric Vehicle)

Pemerintah Indonesia saat ini sedang gembor-gembornya mempromosikan kendaraan listrik baik itu motor maupun mobil yang katanya sih untuk mengurangi polusi di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya subsidi untuk pembelian motor dan mobil listrik yang nilainya lumayan besar.

Jika Anda punya modal yang besar, membuka showroom kendaraan listrik mungkin bisa menjadi salah satu ide bisnis cuan di tahun 2024. Namun, jika modal Anda tidak begitu besar, maka mendirikan bisnis yang berhubungan dengan kendaraan listrik adalah salah satu jalan terbaik. Contoh bisnisnya adalah, membuka bengkel khusus kendaraan listrik, membuka toko sparepart kendaraan listrik, dan membuka tempat pengisian daya kendaraan listrik.

 

Itulah ide-ide bisnis cuan di tahun 2024 yang mungkin bisa Anda coba garap. Jika ada ide-ide bisnis lain yang menarik di tahun 2024 ini yang bisa cuan, silakan tulis di kolom komentar agar dapat membantu para sobat plimbi lain yang kebetulan memang sedang mencari ide bisnis di tahun 2024 ini.

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel