Virtual Reality (VR)

20 Feb 2023 19:00 1437 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dengan adanya Virtual Reality ini kita dapat melihat bagaimana perkembangan dunia begitu cepat, hal ini dengan adanya teknologi dapat terhubung ke dunia imajinasi wow sangat canggih bukan. Namun kita juga harus lebih bijak dalam penggunaanya agar terhindar dari kecanduan dan gangguan mental

Virtual Reality (VR)

Merupakan teknologi terbaru dan tercanggih mampu menciptakan simulasi.yang berarti, simulasi yang dilakukan sama atau mirip dengan di dunia nyata, seperti di dalam suasana game maupun di dunia yang bukan semestinya. Selain itu, VR juga dapat mensimulasikan sebuah dunia yang benar-benar berbeda atau hasil dari imajinasi tertentu.

Tak hanya dapat melihat layar, pengguna juga bisa berinteraksi  dengan dunia 3D, bahkan VR bisa mensimulasikan  indra sebanyak mungkin seperti indra pendengaran, penglihatan ,bahkan penciuman. Dengan adanya VR pengguna akan merasakan sensasi lebih nyata untuk berada di lingkungan tersebut.

Sebenarnya, teknologi VR ini sudah dikembangkan sejak tahun 1980. Lalu, mengapa teknologi VR ini baru populer beberapa tahun belakang? Hal ini karena perubahan zaman dan sekarang mendapatkan teknologi VR sangat mudah , bahkan bisa dibeli di marketplace atau e-commerce

 

Di zaman sekarang penggunaan VR tidak hanya sekedar bermain game, ada beberapa fungsi VR yang bisa digunakan contohnya dalam dunia kerja, berikut contohnya:

 

1. Melakukan Rapat

Beberapa perusahaan atau startup besar sudah memanfaatkan VR untuk digunakan dalam rapat kantor. Untuk meningkatkan kualitas serta pengalaman dalam rapat, VR dijadikan salah satu opsi terbaik. dengan begitu semua pegawai bisa melakukan rapat di manapun dan kapanpun dengan nuansa seperti sedang rapat sungguhan.

 

2. Training atau pelatihan

Fungsi dari VR yang bisa membuat dunia virtual menjadi nyata , dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan untuk melakukan training atau pelatihan. Misalnya, seperti simulasi pelatihan bagi seorang Dokter atau simulasi bagi pengguna transportasi sebelum masuk kedunia nyata. Hal ini membuktikan bahwa VR ternyata dapat bermanfaat di dunia kerja bukan hanya sekedar bersenang-senang dengan bermain game .

 

Kelebihan dan kekurangan VR

Teknologi VR memang terasa sangat canggih dan modern. Namun ada beberapa kekurangan dan kelebihan dari teknologi ini. Berikut, contohnya:

1. Kelebihan 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kelebihan VR adalah salah satunya bermanfaat untuk dunia medis. Tak hanya itu, teknologi VR juga bisa memberikan kesenangan bagi penggunanya jika digabungkan bersama game. akan lebih menyenangkan belajar sambil bernuansa game, serta dengan adanya VR akan lebih mudah ketika kita mengerjakan sesuatu, contohnya ketika kita sedang membangun seperti bangunan dengan VR kita dapat merancang terlebih dahulu bangunan bangunan tersebut.

Selain digunakan dalam bekerja penggunaan VR bisa juga digunakan untuk melepas penat dan stress dengan bermain game di VR apalagi dengan teknologi canggih VR yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan dunia imajinasi.

 

2. Kekurangan

Meski menawarkan banyak kelebihan, namun VR juga memiliki kekurangan yang sebaiknya dipertimbangkan. Adapun kekurangannya adalah meningkatnya pengangguran karena lebih sedikit orang yang diperlukan untuk merancang berbagai jenis proyek. Belum lagi pembuatan VR yang cenderung mahal.

VR juga dapat membuat penggunanya depresi dan anti sosial karena sering terjebak dalam dunia virtual. bahkan ketika berlebihan dalam penggunaan VR dapat membuat anda kehilangan realitas dan perasaan isolasi saat berinteraksi dengan dunia buatan. 

VR adalah sebuah teknologi terbaru yang masih terus berkembang hingga saat ini. Bahkan sekarang dengan dikembangkannya bersamaan diluncurkannya dunia mataverse. Walaupun bermanfaat di berbagai aspek, sebagai pengguna harus bijak dalam menggunakannya agar tidak terjebak dalam dunia buatan dan bisa saja merusak kesehatan anda secara mental.

Dengan ini Virtual Reality berpotensi mengubah banyak hal dalam kehidupan kita.paling tidak, yang sudah nampak jelas di depan mata kita adalah dengan mulai merubahnya cara menikmati hiburan seperti bermain game dan menonton vidio.

 

Tags

About The Author

Hysm 25
Novice

Hysm

SMK PLUS PRATAMA ADI Jl.Dipatiukur no.9 banjaran KELAS :XI NAME ;Hysm TTL :Bandung, 26-Maret-2006 HOBI :Rajin Mengaji CITA2 :Ustadz/Kiyai
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel