Fungsi Bluetooth ini Belum Diketahui Banyak Orang

20 Nov 2015 15:00 4479 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Selain transfer file antar smartphone, bluetooth juga dapat melakukan hal ini.

Hampir di setiap gadget multimedia seperti laptop, smartphone dan juga tablet memiliki bluetooth yang sudah terintegrasi di dalam perangkat tersebut. Hal tersebut dikarenakan bluetooth adalah alat komunikasi standar di zaman sekarang yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi secara wireless atau tanpa kabel.

Mungkin semua orang termasuk para pembaca disini tahu apa itu bluetooth dan juga tahu bagaimana mengoperasikan alat atau fitur tersebut.

Akan tetapi dari sekian banyak orang yang tahu tentang pengoperasian dan fungsi bluetooth, mungkin kebanyakan dari Anda juga belum tahu bahwa sebenarnya ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan bluetooth secara spesifik.

Untuk menghubungkan dua perangkat yang menggunakan bluetooth, Anda mungkin sudah tahu bahwa kita harus melakukan “pairing” terlebih dahulu; yaitu sebuah metode menghubungkan bluetooth dari satu perangkat dengan bluetooth pada perangkat lainnya.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan dengan bluetooth termasuk didalamnya fungsinya yang sudah banyak orang tahu.

 

1. Memindahkan file secara wireless antara perangkat smartphone dengan komputer

Jika ada yang berpikir bahwa bluetooth hanya dapat digunakan antara perangkat smartphone saja. Pemikiran tersebut adalah pemikiran yang salah. Karena selama kedua perangkat yang ingin dihubungkan sudah memiliki bluetooth, maka keduanya dapat dihubungkan.

Contohnya adalah sebuah smartphone yang sudah memiliki bluetooth dapat dihubungkan dengan sebuah laptop yang juga sudah menggunakan bluetooth.

Penggunaan bluetooth dalam konteks ini sendiri bersifat alternatif. Artinya, jika Anda ada keperluan untuk memindahkan file berukuran besar tapi Anda tidak memiliki kabel USB, maka jalan keduanya adalah dengan menggunakan bluetooth.

Karena memindahkan file berukuran besar dengan bluetooth bisa memakan waktu yang jauh lebih lama dibandingkan dengan memindahkan file dengan kabel USB.

Kecuali yang ingin Anda pindahkan adalah file berukuran kecil seperti foto ataupun file musik seperti MP3 ataupun format musik lainnya.

 

2. Memindahkan file secara wireless antar komputer

Tidak hanya antar perangkat smartphone dan komputer saja yang bisa dihubungkan dengan bluetooth. Perangkat komputer dengan komputer lainnya juga ternyata bisa dihubungkan dengan menggunakan bluetooth.

Cara yang digunakan untuk menghubungkan dua komputer yang sudah terpasang bluetooth tidak berbeda dengan cara yang digunakan untuk menghubungkan perangkat smartphone dengan perangkat komputer. Yaitu dengan melakukan “pairing” antar kedua komputer tersebut.

 

3. Melakukan “Tethering” dari komputer ke smartphone

“Tethering” adalah sebuah metode untuk membagi sebuah koneksi internet suatu perangkat dengan perangkat lain. Tethering biasanya digunakan oleh mereka yang memiliki koneksi internet pada smartphone atau tablet mereka, kemudian ingin membagi koneksi internet tersebut sehingga tersedia juga pada laptop yang asalnya tidak terhubung ke internet.

Orang-orang biasanya menggunakan Wi-Fi untuk melakukan hal tersebut. Namun, bluetooth juga ternyata memiliki fungsi tethering dimana konsumsi baterainya juga lebih rendah dibandingkan dengan konsumsi pada Wi-Fi.

 

4. Menghubungkan perlengkapan peripheral secara wireless

Di era sekarang ini, melihat orang mengenakan headset tanpa kabel, mouse tanpa kabel, keyboard tanpa kabel dan mic tanpa kabel sudahlah tidak asing lagi bagi Anda. Hal ini dikarenakan pada perlengkapan tersebut sudah tertanam bluetooth yang fungsinya untuk menghubungkan perlengkapan peripheral tersebut dengan perangkat lainnya.

Seperti headset, mic, dan keyboard dengan dongle yang terhubung ke PC atau perangkat lainnya seperti smartphone dan tablet.

 

5. Bluetooth mendukung penggunaan di desktop

Jika Anda memiliki sebuah komputer desktop yang tidak terintegrasi dengan bluetooth, Anda tidak perlu khawatir karena tidak dapat menggunakan bluetooth.

Karena dengan bluetooth eksternal yang dapat dibeli dengan harga belasan ribu rupiah, Anda sudah dapat menghubungkan komputer desktop Anda dengan perangkat lainnya yang sudah menggunakan bluetooth.

Cara menggunakannya juga tidak sulit. Anda tinggal memasang bluetooth eksternal tersebut ke lubang-lubang USB yang tersedia di komputer Anda. Setelah itu Anda tinggal menunggu driver dari bluetooth tersebut ter-install secara otomatis ke komputer Anda.

 

Penutup

Dari segala fungsi praktis yang dimilikinya, bluetooth juga ternyata memiliki kejelekan sendiri. Selain kecepatan transfer file bluetooth jauh lebih pelan dibandingkan dengan transfer menggunakan kabel USB, mengaktifkan bluetooth juga menghabiskan daya yang lumayan.

sehingga bagi Anda yang menggunakan smartphone, sebaiknya menyalakan bluetooth ketika Anda memang benar-benar butuh untuk memindahkan sesuatu secara wireless atau nirkabel.

 

 

 

sumber: howtogeek

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel