5 Cara Efektif Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Sejak Dini, Dijamin Ampuh!

21 Dec 2021 15:01 342 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Ajarkan Anak bahasa Inggris sejak dini, agar dewasa tidak menyesal.

Semua orang tua pasti berharap agar masa depan anaknya sukses. Namun apakah para orang tua tersebut hanya berharap tanpa melakukan apa-apa?

Fakta dilapangan membuktikan bahwa banyak orang tua di Indonesia yang memanjakan anaknya ketika mereka masih kecil dibandingkan membekali mereka dengan hal-hal yang dibutuhkan untuk membangun anak-anak tersebut menjadi orang sukses. Apakah anak yang hanya disirami kasih sayang sejak kecil akan sukses? Mungkin ada sebagian dari mereka yang memang sukses, tapi pastinya hal tersebut diraih bukan tanpa kerja keras dan perubahan yang besar.

Contohnya seperti di tahun 2021 ini, kemampuan bahasa Inggris sebagai Bahasa internasional dan penguasaan teknologi sangatlah dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari. Jika anak-anak kita tidak dibekali penguasaan teknologi dan Bahasa Inggris sejak dini, maka mereka akan mengalami kesulitan ketika mereka menginjak dunia kerja nantinya.

Untuk itulah kita sebagai orang tua wajib berperan aktif dengan tidak hanya memanjakan anak dengan menyirami mereka dengan apa yang mereka inginkan, melainkan diseimbangkan juga dengan membekali mereka kebutuhan-kebutuhan yang nanti akan mereka butuhkan kelak; mulai dari etika, ilmu dan, kalau memang ada, modal berbentuk materi.

Salah satu yang penting diajarkan kepada anak sejak dini adalah Bahasa Inggris.

 

“Kenapa Bahasa Inggris?”

Selain menjadi kunci komunikasi dengan jaringan yang lebih luas, Bahasa Inggris sendiri digunakan hampir di setiap teknologi terbaru. Dengan kata lain, Bahasa Inggris adalah salah satu poin penting untuk mengenal dan menguasai teknologi.

 

“Bagaimana cara Mengajarkan Anak Bahasa Inggris dari Kecil?”

Mengajari Bahasa Inggris pada anak-anak itu sebetulnya jauh lebih mudah dibandingkan dengan mengajari Bahasa Inggris ke[ada orang dewasa. Karena pada usia kanak-kanak, seorang anak itu biasanya memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Maka ketika orang tua mengenalkan Bahasa Inggris pada anak yang masih kecil, si anak tersebut akan penasaran dengan apa yang diajarkan orang tuanya tersebut.

Berbeda dengan orang dewasa yang di otaknya itu sudah penuh dengan berbagai hal lain yang tentunya akan membuat rasa ingin tahu ataupun keinginan untuk belajar itu kurang atau tidak ada sama sekali.

Setidaknya ada 5 cara yang dapat secara efektif untuk mengajari anak Bahasa Inggris sejak kecil.

 

1. Gunakan Bahasa Inggris Setiap Hari

Salah satu cara efektif untuk menguasai suatu hal adalah dengan melakukannya secara repetitif dan persisten. Oleh karena itu, sisihkan waktu kita setiap hari setidaknya 20 menit hingga 30 menit untuk mengajari anak Bahasa Inggris.

Durasi tersebut terbilang cukup untuk mengajari anak-anak yang biasanya cepat bosan terhadap suatu hal.

 

2. Ajari Anak Bahasa Inggris dengan Menggunakan Topik atau Hal yang Diminatinya

Jangan jadikan belajar sebagai beban bagi anak, tapi jadikan Bahasa Inggris tersebut sebagai hal yang dinantikan anak setiap hari adalah salah satu kunci mengajari anak Bahasa Inggris dengan efektif.

Oleh karena itu, kita sebagai orang tua wajib mengetahui apa yang anak kita sukai dan minati. Contohnya ketika anak kita sedang suka-sukanya dengan musik, maka kita ajarkan dengan mendengar bahasa Inggris yang biasanya ada dari media berbentuk lagu atau acara televisi. Atau jika anak kita suka buku maka kita bisa ajarkan Bahasa Inggris dengan membacakan buku-buku berbahasa Inggris.

 

3. Mulai dari Apa yang Dilihat Setiap Hari

Belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak tidaklah semudah yang kita bayangkan. Oleh karena itu kita tidak bisa langsung mengajarkan materi yang berhubungan dengan Bahasa Inggris seperti tenses ataupun grammar secara langsung. Melainkan kita harus mencicilnya dengan salah satunya mengenalkan apa yang ia lihat setiap hari di rumah dan disekitarnya dengan menggunakan Bahasa Inggris. Ketika sudah mulai terbiasa, barulah level pendidikannya ditingkatkan kembali.

 

4. Perluas Vocabulary, Jangan Terlalu Fokus Terhadap Grammar

Grammar dalam Bahasa Inggris memang penting, tapi tidaklah sepenting penguasaan kosakata. Pasalnya, banyak bule di luar sana yang juga adalah native speakers sering salah dalam grammar ketika bercakap-cakap dengan orang lain. Menurut mereka, selama apa yang mereka katakan dimengerti orang lain itu sudahlah cukup.

Untuk memperluas kosakata Bahasa Inggris sendiri, seperti yang ada pada poin nomor tiga di atas, yaitu memulai dari apa yang ada disekitarnya, kemudian diperluas lagi secara perlahan ke hal-hal yang umum hingga ke hal-hal yang jarang orang ketahui.

 

5. Menggunakan Musik sebagai Media Belajar Bahasa Inggris

Musik adalah salah satu hal yang disukai anak-anak. Bahkan kalau kita lihat lagi penelitian-penelitian tentang bagaimana seorang anak belajar, biasanya semuanya berawal dari musik.

Begitu pula dengan belajar Bahasa Inggris, musik bisa menjadi salah satu media terbaik untuk membuat seorang anak untuk mulai suka, mengenal, hinggal penasaran tentang Bahasa Inggris.

 

Itulah 5 cara yang dapat secara efektif untuk mengajari anak-anak yang masih kecil berbahasa Inggris. Jika ada dari pembaca sekalian disini yang memiliki anak balita dan anak tersebut sedang memiliki rasa penasaran yang tinggi, mungkin bisa mengaplikasikan cara-cara di atas untuk mengajari anak Anda Bahasa Inggris. Selamat mencoba!

 

Tags

About The Author

Fahd M. 78
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel