Fakta Bahwa Kucing Bisa Menangis

20 May 2024 14:10 263 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fakta Bahwa Kucing Bisa Menangis

Baru-baru ini ada video viral di tik tok yang menceritakan tentang kucing menangis menjadi sorotan para netizen. Benarkah kucing bisa menangis. Sedihkah dia atau memberikan tanda apa bagi pemiliknya di rumah ? Unggahan akun terlihat kucing berkaca-kaca seakan-akan menangis dan pengunggah dalam foto tersebut mengomentari bahwa dia tidak mengetahui bahwa kucing peliharaannya bisa menangis apakah karena akan berpisah atau akan ditinggal oleh pemiliknya ?

Hingga Rabu (29/3/2023) pagi, unggahan tersebut sudah dilihat sebanyak 157.900 kali dan mendapatkan 329 komentar dari para warganet yang penasaran dengan fakta tersebut. Benarkah kucing bisa menangis ?

Adalah Bapak Aji Winarso seorang dokter hewan Universitas Nusa Cendana mengatakan bahwa kucing pada dasarnya mempunyai kelenjar air mata dimana kelenjar air mata pada kucing ini diproduksi secara rutin untuk menjaga kelembaban mata. Namun apakah kucing menangis seperti halnya pada manusia yang meneteskan air mata ? Tentu saja tidak, karena kucing tidak seperti manusia, ujar Portal Pekalongan, mereka tidak memiliki emosi seperti manusia yang bisa menangis sebagai ungkapan emosi yang mendalam. Aji lebih lanjut menyampaikan bahwa kucing mempunyai emosi untuk dapat mengekspresikan rasa sama seperti anjing ada rasa senang, sedih dan marah. Namun kucing tidak menangis dengan meneteskan air mata seperti manusia. Apa penyebab kucing mengeluarkan air mata ?

Aji menjelaskan bahwa kucing yang terlihat seakan-akan mengeluarkan air mata seperti menangis biasanya disebabkan karena kucing tersebut menderita sakit mata atau ada sesuatu yang mengiritasi matanya. Kejadian yang dianggap menangis tersebut mungkin saja hanya kebetulan, pada saat momen kucing merasa sedih dan juga kebetulan sedang mengalami iritasi mata atau penyakit mata. Selain itu Aji menyampaikan bahwa ada beberapa penyakit kucing yang bisa membuat produksi air mata kucing menjadi berlebihan seperti chlamydia atau flu. Chlamydia kucing adalah infeksi bakteri pada kucing yang bisa menyebabkan mata berair hingga infeksi paru-paru. Lalu apa artinya kucing mengeluarkan air mata ? Dilansir dari Dailypaws menjelaskan bahwa ini erat hubungannya dengan kucing mengeong bukanlah pilihan satu-satunya untuk kucing dalam berkomunikasi dengan sesama kucing lainnya yang sudah saling kenal. Kucing bisa berkomunikasi satu sama lain melalui arona, bahasa tubuh, dan sentuhan. Jika kucing meangis, berarti dia ingin memberitahu kepada pemiliknya bahwa ada sesuatu yang salah. Berikut beberapa hal yang mungkin menyebabkan kucing mengeluarkan air mata seperti sedang menangis :

1/ Kecemasan

Kucing bisa mengalami kecemasan yang dapat disebabkan oleh adanya perubahan jadwal, adanya hewan peliharaan baru atau adaptasi tempat baru.

2/ Duka

Konsultan perilaku kucing sekaligus pendiri Cat Behacioral Alliance Linda Hall menyampaikan bahwa kucing sangat terikat dengan sahabatnya yaitu manusia dan juga teman-temannya yang akrab sesama kucing Jika ada anggota keluarga yang pergi atau meninggal, kucing mungkin bisa merasa sedih dan merindukan temannya tersebut.

3/ Penyakit kognitif kucing

Penyakit kognitif kucing seperti demensia pada manusia bisa menyerang kucing yang berusia 10 tahun atau lebih. Hal ini biasa terjadi terutama pada waktu malam hari ketika kucing menjadi bingung dan menangis meminta bantuan manusia. Memasang lampu malam dapat membantu kucing mencari jalan keluar dan mengurangi suara mengeong di malam hari.

4/ Radang sendi

Diperkirakan lebih dari 95 persen kucing yang berusia di atas 10 tahun menderita radang sendi. Jadi bila seseorang memiliki kucing yang sudah berumur, maka menangis bisa berarti sakit. Selain itu, terdapat tanda-tanda radang sendi pada kucing yang beberapa diantaranya termasuk menghindari tangga, kesulitan melompat dan perubahan mobilitas lainnya.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel