Tips Praktis Grooming Kucing di Rumah Saja

31 May 2024 16:45 147 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Praktis Grooming Kucing Di Rumah Saja

Sudah lama  memelihara  kucing namun belum tahu bagaimana cara grooming kucing yang benar ? Yuk simak artikel yang kami buat ini menjelaskan cara praktis grooming kucing hanya di rumah saja tanpa repot-repot ke salon hewan dan mengeluarkan biaya yang lumayan mahal.

Sebelum memutuskan untuk melakukan grooming pada kucing peliharaan anda di rumah, apakah sebelumnya anda pernah melihat kucing-kucing anda menjilati dirinya sendiri ? Sebenarnya ini merupakan salah satu cara kucing untuk membersihkan dirinys sendiri atau sedang melakukan self grooming. Salah satu hewan yang terkenal menyukai kebersihan adalah kucing dimana sebagai pemilik kucing selain harus memberi pakan, vitamin dan mengajaknya bermain, anda juga harus rutin melakukan grooming pada kucing kesayangan anda di rumah sehingga kondisi mereka selalu dalam keadaan bersih dan saat tidur bersama dengan anda, anda tetap menjadi sehat karena kucing-kucing anda dalam kondisi bersih.

Namun sayangnya tidak semua pemilik kucing tahu, bagaimana tips merawat kucing yang benar, dan mereka lebih sering membawanya ke salon khusus kucing. Sebenarnya ini tidak menjadi masalah besar, namun tentunya dengan membawa kucing ke salon akan membuthkan waktu khusus dan biaya yang lebih banyak, berbeda jika melakukannya sendiri di rumah bisa dengan lebih telaten dan gratis.

1/ Memandikan kucing

Tips pertama merawat kucing yang benar di rumah adalah dengan memandikannya, usahakan agar kucing dalam keadaan tenang dan sehat. Jika kucing sudah mulai tenang, anda bisa langsung membasahi tubuhnya secara perlahan-lahan dengan air, kemudian jika sudah merata langsung saja oleskan dengan shampoo khusus kucing. Perlu diperhatikan juga untuk menghindari mengoleskan sabun pada bagian wajah dan kepalanya karena dapat menyebabkan iritasi pada kucing. Jika semua area sudah merata maka anda bisa langsung mengguyurnya dengan air sampai busanya benar-benar hilang dan bersih.

2/ Menyisir bulu kucing

Jika anda sudah selesai memandikan kucing kesayngan anda, langkah selanjutnya adalah menyisir bulunya dan gunakan sisir khusus kucing. Adapun beberapa manfaat menyisir bulu kucing diantaranya adalah mencegah terjadinya bola rambut pada kucing, dan mengetahui masalah yang sedang dialami oleh kucing.

3/ Menggunting kuku kucing

Jika kuku-kuku kucing anda dalam kondisi panjang, anda bisa langsung memotongnya karena kuku kucing yang panjang selain berbahaya bagi si kucing saat bermain dengan anak-anaknya atau temannya juga berbahaya bagi si pemilik yang bisa dicakar dan menimbulkan luka. Selain itu kuku kucing yang panjang juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan terutama ketika mereka sedang berjalan, maka dari itu disarankan untuk memotong kukunya secara rutin jika sudah mulai panjang.

4/ Membersihkan telinga

Nah untuk bagian keempat ini yaitu membersihkan telinga, anda perlu menyiapkan cotton bud serta cairan pembersih terlebih dahulu kemudian jika sudah anda sediakan maka bisa membersihkannya secara perlahan. Jangan membersihkan telinga kucing terlalu keras karena hal tersebut akan membuatnya merasa sakit dan merasa trauma tidak mau lagi dibersihkan telinganya. Perhatikan juga apakah di telinga terdapat kotoran atau tanda kemerahan dan jika ini ditemukan disarankan untuk langsung membawa kucing anda ke dokter hewan.

5/ Membersihkan area mata dan hidung

Pernahkah anda melihat terdapat kerak berwarna hitam di area mata dan hidung kucing. Ini harus dibersihkan. Bisa dengan cara menggunakan handuk lembab yang hangat kemudian diusapkan secara perlahan-lahan.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel