Website Wajib Pakai Google Analytics? Berikut Adalah 5 Manfaatnya!

21 May 2024 12:47 335 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Google analytics itu seperti potongan ayam yang ada di dalam semangkok soto.

4 Vision Media (dibaca: Four Vision Media) adalah salah satu perusahaan pembuatan website terbaik yang dapat Anda temukan di Bandung. Bagi yang Anda khususnya yang ingin membuat website untuk usaha atau bisnis, 4 Vision Media menyediakan jasa profesional pembuatan website dengan proses yang dapat Anda pantau dan tentukan sesuai dengan kesepakatan.

Salah satu kelebihan lainnya ketika Anda order jasa pembuatan website di 4 Vision Media adalah adanya pemasangan fitur atau tools tambahan seperti Google Analytics yang memiliki fungsi banyak seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

 

1. Mengerti Siapa yang Mengunjungi Website Anda

Google Analytics memberikan wawasan mendalam tentang siapa yang menjadi pengunjung situs Anda, dari mana saja asal mereka, dan bagaimana perilaku mereka ketika mereka mengakses website Anda.

Informasi di atas akan dapat membantu Anda memahami audiens Anda. Sehingga Anda akan dapat  menyesuaikan konten dan strategi pemasaran digital Anda sesuai dengan preferensi dan kebiasaan pengunjung yang mengunjungi website Anda.

 

2. Memahami Performa Website Anda

Jangan sampai Anda memiliki sesuatu, tapi tidak paham dengan apa yang Anda miliki. Seperti halnya memasang Google Analytics pada sebuah website, Anda akan dapat melacak performa website Anda secara keseluruhan ataupun detail perhalamannya. Selain itu, Anda juga dapat melihat berapa banyak pengunjung yang berkunjung, berapa lama mereka “berkeliaran”, halaman mana yang paling sering dikunjungi, dan masih banyak lagi.

Informasi-informasi ini juga akan menjadi salah satu faktor penentu untuk menyusun strategi pemasaran digital kedepannya untuk website Anda.

 

3. Memperjelas Tujuan dan Konversi Website

Bagi Anda yang memasang Google Analytics pada website, Anda dapat mengatur tujuan dan konversi dalam Google Analytics.

 Misalnya, jika website Anda adalah website yang memang dibuat untuk berdagang, maka tujuan / konversi pembelian produk di website Anda dapat dipantau dengan mudah dengan adanya Google Analytics, atau jika website Anda lebih berfokus pada branding maka salah satunya pendaftaran newsletter menjadi tujuan yang dapat dipantau.

Dari pantauan halaman konversi, Anda dapat melihat seberapa berhasil situs Anda dalam mengarahkan pengunjung menuju tindakan yang diinginkan dan mengidentifikasi area di mana Anda dapat meningkatkan tingkat konversi.

 

4. Pemantauan Performa Website Secara Real-Time

Google Analytics menyediakan pemantauan waktu secara real-time atau waktu nyata, yang memungkinkan Anda untuk melihat aktivitas website secara langsung.

Dengan memantau performa situs secara real-time, Anda dapat menanggapi perubahan dalam lalu lintas situs dengan cepat dan mengambil tindakan yang sesuai untuk memaksimalkan hasilnya.

Contoh saja ketika Anda sedang memantau website melalui Google Analytics tiba-tiba banyak pengunjung dari luar negeri, padahal website Anda adalah sebuah website pemerintahan yang memang ekspektasi pengunjung atau target pasarnya adalah penduduk lokal. Disitu, Anda tentunya harus mengambil langkah cepat dari sisi keamanan, dan juga langkah jangka panjang untuk mengidentifikasi jika masalahnya bukan pada serangan keamanan, apakah konten yang dipasang mengandung kata kunci atau mengarahkan orang yang berasal dari luar negeri untuk mengakses website Anda.

 

5. Optimisasi Kampanye Iklan

Adalah salah satu fungsi vital dalam Google Analytics yang biasanya dimanfaatkan oleh para penggiat pemasaran online. Karena dengan Google Analyticsmemungkinkan Anda untuk melacak kinerja kampanye pemasaran online. Contohnya adalah iklan Google AdWords, iklan media sosial, dan kampanye email atau yang mungkin Anda kenal juga dengan istilah Email Marketing.

Dengan menganalisis data-data tersebut yang dapat Anda temukan pada Google Analytics, Anda nantinya akan dapat menentukan mana kampanye yang paling efektif dalam menghasilkan lalu lintas dan konversi, serta mengalokasikan anggaran pemasaran Anda dengan lebih cerdas. Sehingga tidak ada yang namanya spending berlebih dalam iklan yang Anda terbitkan.

 

Singkatnya, memasang Google Analytics adalah langkah yang penting untuk memahami dan meningkatkan kinerja website Anda. Dengan informasi yang diberikan oleh Google Analytics, Anda dapat mengoptimalkan situs Anda untuk mencapai tujuan bisnis awal dibuatnya website tersebut.

Jadi tunggu apalagi? Ayo segera gunakan jasa pembuatan website 4 Vision Media dan mulai digitalisasi bisnis Anda untuk menjangkau potensi pelanggan yang lebih luas lagi.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel