5 Cara Menghemat Penggunaan Memori iPhone

3 Oct 2016 15:00 15721 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Lakukan cara-cara ini dan Anda tidak akan mengeluh memori penuh lagi.

Bagi sebagian penduduk bangsa Indonesia, memiliki iPhone terbaru di tahun ini yaitu iPhone 6 adalah sebuah pencapaian dan kebanggaan tersendiri.

Bahkan bagi mereka yang memiliki budget terbatas, banyak yang memaksakan diri untuk membeli sebuah iPhone yang memiliki memori internal sebesar 16GB saja. Padahal sudah seperti kita tahu bahwa iPhone dengan penyimpanan 16GB saja tidak akan mampu menampung banyak file seperti foto, video dan aplikasi seperti game-game yang pada tahun 2015 ini ukurannya bisa sampai bergiga-giga.

Namun, bagi yang sudah terlanjur untuk membeli iPhone 6 dengan kapasitas penyimpanan 16GB, 5 hal di bawah ini akan menjadikan Anda jauh dari yang namanya mengeluh karena penuhnya penyimpanan iPhone milik Anda.

 

1. Suka Mengambil Foto? Jangan Simpan Foto di Penyimpanan Internal

Jika Anda adalah seseorang yang hobi fotografi apalagi merekam video, Maka hanya dalam hitungan hari, iPhone Anda yang berkapasitas 16GB tidak akan dapat menampung apa-apa lagi.

Namun, Anda tentunya dapat mencegah hal tersebut jangan sampai terjadi. Yaitu dengan cara memanfaatkan penyimpanan cloud untuk tempat Anda menyimpan file-file foto dan video yang sudah Anda ambil.

Yang mungkin paling pas untuk menjadi tempat penyimpanan cloud adalah Google Photo. Karena selain gratis, kapasitas yang ditawarkan oleh Google Photo juga tidak terbatas.

 

2. Suka Bermain Game? Mungkin Saatnya Anda Pensiun

Setiap saat, Anda dapat dengan mudahnya memasang sebuah game yang ada di toko aplikasi. Namun tahukah Anda? Game yang Anda pasang tersebut mungkin saja memiliki ukuran yang luar biasa. Contohnya saja seperti game yang saya mainkan dimana game tersebut menghabiskan lebih dari 9 Gigabyte penyimpanan internal.

Apa jadinya jika hal tersebut terjadi pada iPhone 6 yang hanya berkapasitas 16GB saja?

Lalu bagi mereka yang tidak ingin berhenti bermain game, maka untuk memaksimalkan pemanfaatan penyimpanan internal pada iPhone 6, Anda hapuslah game-game yang memang tidak pernah Anda mainkan dan sisakan game yang paling sering Anda mainkan.

 

3. Suka Musik? Jangan Download Musik

Musik itu sifatnya universal. Setiap orang yang memiliki smartphone pasti didalamnya ada satu hingga ribuan musik berformat MP3.

Sayangnya, musik-musik yang tersimpan di dalam sebuah smartphone itu bisa memakan ruang penyimpanan sampai bergiga-giga. Lalu bagaimana nasib iPhone 6 dengan kapasitas 16GB ketika disuapi lagu yang jumlahnya sampai ribuan?

Bayangkan saja jika satu lagu ukurannya adalah 10 Megabytes, maka jika Anda memiliki 5000 lagu di dalam iPhone 6 Anda Storage yang asalnya hanya belasan gigabyte saja habis separuhnya hanya untuk 5000 lagu yang totalnya sekitar 5GB.

Jalan alternatifnya, bagi Anda para pecinta musik dan tidak ingin menggunakan banyak ruang penyimpanan pada iPhone 6 milik Anda, maka daripada mengunduh dan menyimpan lagu, lebih baik dengarkan lagu dengan melakukan streaming secara online.

 

4. Selalu Lakukan Maintenance pada Ruang Penyimpanan Smartphone

Baik perangkat Android ataupun iOS keduanya selalu menimbun yang namanya cache. Dan sudah menjadi sebuah pengetahuan umum bahwa cache yang tidak pernah dibersihkan akan terus menumpuk.

Bahkan jika Anda memiliki banyak aplikasi di dalam smartphone Anda, penumpukan cache pada smartphone Anda akan terjadi dengan sangat cepat. Oleh karena itu, pembersihan cache secara regular setiap harinya adalah salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan penggunaan ruang penyimpanan internal pada smartphone.

 

5. Beli Sebuah Penyimpanan Eksternal

iPhone 6 dan semua pendahulunya memang diciptakan tidak memiliki slot untuk kartu SD. Sehingga jika ruang penyimpanan pada iPhone 6 telah penuh maka satu-satunya jalan bagi mereka yang masih awam soal dunia iPhone adalah dengan menghapus berbagai aplikasi dan file yang Ada pada iPhone tersebut.

Namun, pada awal tahun yang lalu, tepatnya bulan Januari 2015, sebuah perusahaan bernama Leef yang bergerak di bidang desain dan juga pengembang memori flash telah mengeluarkan sebuah perangkat khusus yang diperuntukkan sebagai penyimpanan eksternal bagi keluarga iPhone.

Nama tempat penyimpanan tersebut adalah iBridge. Dengan kapasitas yang dapat dipilih mulai dari 16GB hingga 128GB, perangkat penyimpanan eksternal seukuran flash disk ini tidak sulit digunakan.

Anda hanya tinggal mencolokkan perangkat ini ke port lightning dari iPhone sebelum Anda dapat memindahkan data-data ke perangkat tersebut.

Walaupun hingga saat ini belum ada di Indonesia, perangkat ini adalah sebuah prioritas bagi mereka para pengguna iPhone yang selalu mengeluh karena penuhnya penyimpanan internal dari iphone mereka. [FM]

 

 

About The Author

Fahd M. 74
Bolpoint

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel