5 Tips Guru Menggunakan Smartphone untuk Proses Mengajar

31 May 2024 14:43 152 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

5 Tips Guru Menggunakan Smartphone Untuk Proses Mengajar

Era digital memiliki tujuan pengabdian guna meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi digital khususnya smartphone terhadap kegiatan evaluasi pembelajaran. Diama sering dijumpai kecemasan para pelajar ketika mengikuti kegiatan evaluasi pembelajaran.  Kecemasan para pelajar sering terjadi pada waktu kegiatan evaluasi berlangsung sehingga berpengaruh terhadap nilai hasil belajar tidak maksimal. Adalah SMA Lab. School Surabaya merupakan salah satu sekolah dengan dilengkapi oleh fasilitas memadai dan dikenal sebagai sekolah yang termasuk dalam sekolah penggerak. Metode yang digunakan antara lain identifikasi masalah mitra, pelaksanaan pelatihan, pelaksanaan pendampingan dan hasil produk pelatihan yang bisa diterapkan guru di sekolah melalui penggunaan evaluasi digital pada pembelajaran. Salah satunya adalah memperkenalkan kepada pelajar tentang kecanggihan smartphone untuk tes dan evaluasi. Kegiatan dilakukan tanggal 13-20 Agustus 2022 dimana implikasinya adalah dukungan sarana dan prasarana sekolah sebagai salah satu kekuatan terhadap hasil pengabdian dimana nantinya bisa diterapkan di sekolah tersebut. Sekolah menjadi bagian dari program sekolah penggerak yang dapat mewujudkan tuntutan program yaitu digitalisasi sekolah dalam kegiatan pembelajaran melalui kepemilikan smartphone bagi setiap pelajar.

Terdapat banyak platform ujian online yang bisa membantu para guru atau sekolah dalam mencegah kecurangan saat melakukan ujian online dimana salah satunya adalah layanan e-ujian.id.

E-ujian adalah layanan aplikasi pembelajaran dan sistem sekolah yang memudahkan sekolah atau instansi pendidikan dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online seperti elearning, ujian online CBT, sistem alumni, absensi, PPDB dan lain sebagainya.

Ada beberapa fitur ujian online CBT e-ujian.id yang bisa membantu mencegah kecurangan siswa/wi dalam melaksanakan ujian secara online seperti Bank Soal, Ruang Ujian dan Acak Soal, Fitur Absensi, Mendukung Banyak tipe Soal, Single Login dan Tidak Bisa Copy Paste, Android Exam Browser, dan banyak lagi yang lainnya.

Mendapatkan akses e-ujian.id sangatlah mudah dilakukan, anda cukup mendaftar sekolah atau instansi pendidikan anda melalui halaman pendaftaran dan pilih paket sesuai dengan kebutuhan sekolah anda.

Akun sekolah anda akan secara langsung aktif dan siap digunakan sesuai dengan peraturan yang disediakan dan harus dipatuhi sebagai anggota.

Berikut di bawah ini akan kami berikan beberapa tips untuk para guru menggunakan smartphone sebagai media ngetes dan melakukan evaluasi. Simak ya penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Tidak adanya timer / limitasi waktu pengerjaan

Karena dalam hal ini tidak dibatasi lamanya pengerjaan soal maka siswa/wi dapat dengan mudah menemukan atau mencari referensi dengan menemukan jawaban di buku atau di internet atau secara langsung bertanya kepada teman tanpa adanya ketakutan waktu pengerjaan akan segera selesai.

2/ Soal dapat diakses oleh siapa saja

Meskipun anda dapat memberikan proteksi password dengan memaksa pelajar untuk mengerjakan terlebih dahulu harus login di email masing-masing, tetapi tetap saja para pelajar dapat mengelabui dengan login di email yang berbeda dan melihat isi dari soal ujian yang diberikan.

Selanjutnya pelajar bisa login dengan email yang akan digunakan ujian untuk mengerjakannya. Ini artinya bahwa para pelajar sudah mengetahui pertanyan-pertanyaan yang diberikan sebelum mengerjakan.

3/ Tidak bisa menyisipkan gambar dipertanyakan atau jawaban

Para guru juga mengalami masalah yang sama yaitu kesulitan dalam menyisipkan gambar di jawaban atau soal untuk mempermudah penjelasan pertanyaan-pertanyaan dari jawaban pada soal.

4/ Tidak ada absensi

Karena bisa diakses oleh semua orang maka akan menyulitkan bagi guru untuk mengetahui siswa/wi yang mana saja yang sudah mengerjakan atau belum mengerjakan soal ujian.

5/ Tidak bisa memberikan bobot nilai essay dan pilihan ganda

Seperti yang telah dijelaskan tersebut di atas, Google Form memang tidak di desain khusus untuk menjalankan ujian secara online sehingga anda tidak dapat memberikan bobot nilai dengan kelompok soal-soal essay dan pilihan ganda yang tentu saja akan menjadi kendala tersendiri.

Semoga bermanfaat.

 

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel