Lima Alasan Mengapa Laptop Lebih Baik Dibandingkan dengan Tablet PC Windows

30 Aug 2012 14:00 6400 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tablet PC terus mendesak pasar, terutama tablet PC Windows yang baru-baru ini telah muncul. Beberapa ahli teknologi mulai memprediksi bahwa tahun-tahun mendatang akan menjadi akhir kisah dari laptop karena pertumbuhan tablet yang benar-benar tidak bisa dibendung.

Tablet PC terus mendesak pasar hari demi hari, terutama tablet PC Windows yang baru-baru ini telah muncul di pasaran. Selain Windows, banyak perusahaan besar yang juga masuk ke dalam bisnis tablet ini. Beberapa ahli teknologi telah mulai memprediksi bahwa tahun-tahun mendatang akan menjadi akhir kisah dari laptop karena pertumbuhan tablet yang benar-benar tidak bisa dibendung. Karena penggunaan tablet sendiri tidak hanya efektif dalam meminmalkan ruang, tapi juga membawa kenyamanan dalam pengoperasiannya sesuai dengan tempat yang Anda inginkan.

Tentu saja di masa yang akan datang teknologi baru akan menggantikan teknologi yang telah lama. Laptop dan tablet PC Windows keduanya merupakan gadget yang membawa kita ke teknologi yang lebih modern. Namun faktanya, ada beberapa poin yang mana laptop membuktikan bahwa lebih baik dibandingkan dengan tablet. Keduanya membawa keuntungan dan kekurangan mereka sendiri. Maka pada ulasan kali ini, Plimbi akan memberikan lima alasan bahwa laptop lebih baik dibandingkan dengan tablet PC. Berikut ulasannya.

Laptop Memiliki Keyboard Fisik

Mungkin di antara Anda ada yang memiliki tablet dengan respon layar sentuh yang sangat mengagumkan, namun hal ini tidak bisa sepenuhnya menggantikan posisi dari keyboard fisik itu sendiri. Anda tidak bisa mendapatkan kenyamanan yang sama yang Anda dapatkan di keyboard fisik ketika Anda mengetik menggunakan keyboard virtual. Sebagian besar juru ketik mengambil patokan dari benjolan kecil yang terdapat di tombol F dan J untuk meningkatkan kecepatan mengetik. Anda tidak akan menemukan hal ini pada keyboard virtual. Dan sering kali keyboard virtual menjadi musuh bagi pengguna yang memiliki jari tangan yang gemuk. Oleh karena itu sepertinya sedikit mustahil menggantikan posisi keyboard fisik dengan virtual meskipun tablet menyediakan keyboard dock untuk membantu Anda memberikan pengalaman menulis serasa keyboard fisik, namun masih belum bisa menggantikan posisi keyboard fisik.

Laptop Memiliki Daya Simpan yang Memadai

Meskipun tablet Anda memiliki tambahan microSD, namun Anda tidak bisa menggantikan level penyimpanan yang dimiliki oleh laptop. Setiap orang senang memiliki koleksi video dan lagu pada perangkatnya, namun semakin kecil kapasitas yang dimiliki oleh perangkat, maka semakin kecil pula jumlah koleksinya. Keterbatasan tersebut menjadikan pengguna berhenti untuk menggantikan laptop dengan tablet. Di masa yang akan datang, mungkin daya simpan tablet akan berubah, namun hal ini terlalu dini untuk menilai.

Konektivitas yang Lebih Mumpuni

Tablet Anda mungkin mendukung untuk penggunaan USB Port, 3,5 mm jack, HDMI Port namun hal ini tidak bisa mengungguli laptop di semua hal. Anda memiliki pilihan konektivitas yang lebih baik pada laptop dibandingkan dengan tablet. Hari ini, semua orang menuntut lebih dan lebih dari perangkat mereka, dan kenyataannya adalah hanya laptop yang dapat memberikan pilihan yang lebih baik untuk dapat menginstal tumpukan perangkat lunak tambahan untuk mengelola konektivitas Anda.

DVD/CD Drive

Sampai saat ini belum ada tablet yang mendukung DVD/CD untuk dimainkan di dalamnya. Anda mungkin memiliki ribuan lagu dan film di tablet Anda pada microSD, namun memiliki DVD/CD Blu Ray merupakan fitur hiburan yang berbeda yang memungkinkan Anda untuk menyimpan hiburan terbaik yang Anda miliki dan bisa Anda lakuakn dengan hanya Plug and Play. Dan satu lagi, bahwa hal ini hanya bisa dilakukan pada laptop saja.

Tablet Hanya Bekerja Online

Ya, Anda membacanya dengan benar. Jika Anda sangat tergantung pada tablet Anda, lakukan satu hal, disconnect tablet Anda dari WiFi atau koneksi internet lainnya, dan gunakan tablet Anda ketika Anda telah terputus dari koneksi internet Anda. Memang tablet Anda bisa digunakan, namun bisa sangat membosankan. Tidak ada fitur yang bisa Anda coba dalam tablet Anda dalam posisi yang idle. Bahkan Anda tidak bisa mengakses file yang Anda simpan pada sistem cloud Anda. Di sinilah letak kelemahan terbesar dari tablet. Sementara itu laptop bisa Anda gunakan meskipun dengan atau tidak dengan internet. Anda bisa menikmati beragam perangkat lunak yang terdapat pada laptop.

Pada kesimpulannya, tablet bukanlah perangkat yang tidak bernilai. Tablet merupakan perangkat terbaik di kelasnya, begitu pula dengan laptop. Kedua perangkat ini merupakan perangkat terbaik di kelasnya dan juga saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel