Bagaimana Windows Phone 8 Dapat Memperbaiki Versi Windows Phone Sebelumnya?

20 Dec 2012 08:30 3991 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sejak dilepas pada tahun 2010, Windows Phone 7 telah memperbaiki kekurangan pada sistem operasi Windows Phone. Dengan masuknya Windows Phone 7 saat itu pada pasaran sistem operasi, maka Windows Phone 7 telah berhadapan langsung dengan dominasi Apple dengan iOS dan berkembangnya sistem operasi Android yang dipegang Google.

Sejak dilepas pada tahun 2010, Windows Phone 7 telah memperbaiki kekurangan pada sistem operasi Windows Phone. Dengan masuknya Windows Phone 7 saat itu pada pasaran sistem operasi, maka Windows Phone 7 telah berhadapan langsung dengan dominasi Apple dengan iOS dan berkembangnya sistem operasi Android yang dipegang Google. Peluncurannya jauh dari sempurna, karena sistem operasi ini melewatkan aspek-aspek yang seharusnya ada pada fitur-fiturnya. Tetapi dengan adanya perbaikan pada setiap update yang diberikan, menghasilkan sistem operasi yang bekerja cukup baik dengan aplikasi-aplikasi baru yang tersedia setiap bulannya.

Setelah beberapa waktu bertahan, saat ini muncul sistem operasi Windows Phone 8. Release terbaru dari sistem operasi Windows Phone ini didesain untuk memperbaiki versi sebelumnya, dan sebagai bagian dari ekspansi Microsoft yang menyasar pasar sistem operasi mobile yang saat ini dikuasai oleh iOS dan Android. Lalu, apa yang dapat kita harapkan dari Windows Phone 8? Apakah sistem operasi ini dapat bekerja lebih baik dari versi sebelumnya?

Sebenarnya, Windows Phone memiliki kemampuan yang masih jauh dari harapan Microsoft sendiri. Sistem operasi ini juga mengecewakan penggunanya. Sistem operasi Windows Phone tidak bekerja sebanding dengan waktu pengembangannya yang lama, tetapi di sini, Windows Phone lebih mengedepankan fungsi, yaitu akses mudah pada media sosial, pemakaian Microsoft Office, integrasi SkyDrive, dan juga akses ke Xbox Live, serta program bawaan Microsoft lainnya.

Dalam Windows Phone 7, kekuatan yang ada sebenarnya bertumpu pada kecepatan. Berbagi foto dan upload foto pada berbagai media sosial memiliki kecepatan yang hampir sama dengan kecepatan yang dihasilkan Android dan iOS, beserta fungsi lain yaitu pesan teks dan telepon. Namun selain itu, ada hal-hal yang dapat mengganggu kinerja Windows Phone 7. Mungkin salah satu aspek kesalahan Windows Phone adalah penggunaan Zune desktop client sebagai fitur sinkronisasi. Ketika aplikasinya berjalan pelan, sebagai pengganti dari Windows Media Player dan bekerja layaknya iTunes, Zune belum cukup memuaskan. Dengan pengunaannya yang sulit, terutama saat sinkronisasi dan update, maka dapat dikatakan Zune belum bekerja dengan baik. Selain dalam kasus tersebut, Windows Phone juga memiliki kekurangan pada kapasitas penyimpanan yang terbatas, tidak mendukung microSD, keterbatasan opsi pengelolaan, multitasking yang belum sempurna, koneksi Bluetooth yang terbatas, kegagalan dalam support Flash dan Java, dan beberapa hal mengganggu lainnya. Dan, yang paling penting adalah, Windows Phone belum sepopuler Android dan iOS. Dengan di-release-nya Windows Phone 8 hampir bersamaan dengan Windows 8, serta promosi besar-besaran yang dilakukan Microsoft, Salah satu perusahaan teknologi terbesar ini berharap banyak Windows Phone 8 dapat menyaingi kompetitornya.

Lalu, Apa yang dapat dilakukan Windows Phone 8 untuk memperbaiki Windows Phone versi sebelumnya? Peningkatan yang terlihat dari sisi koneksifitas adalah perbaikan pada Bluetooth dan penggunaan NFC (near-field communication). Dengan ini, Windows Phone terbaru ini dapat melakukan file transfer dengan mudah, dan dengan dibenamkannya NFC, maka teknologi ini akan dapat terhubung antar berbagai platform perangkat mobile. Resolusi layar diberikan kontrol terbaik dan menyesuaikan ukuran layar dengan kualitas tinggi. Windows Phone 8 juga memperbaiki fitur multitasking, yang akan membawa penggunanya untuk dapat menggunakan lebih dari satu aplikasi dalam sekali waktu. Release terbaru dari Office Mobile juga perlu dimasukkan. Xbox Music Store akan menggantikan Zune Music, dan memiliki fungsi back up yang bisa diatur untuk memberikan layanan yang terhubung dengan Sky Drive, serta memungkinkan sebagai pengganti dari penggunaan microSD. Windows Phone 8 juga terintegrasi penuh untuk dapat melakukan layanan video chat melalui kamera yang terpancang pada handset Windows Phone 8.

Sayangnya, untuk memanfaatkan Windows Phone 8, bagi pengguna handset Windows Phone versi sebelumnya, mereka perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan Windows Phone terbaru. Dengan kebutuhan hardware kualitas tinggi pada Windows Phone 8, maka pengguna Windows Phone versi lama paling tidak harus mengganti perangkat mobile-nya jika akan melakukan upgrade. Tetapi bagi pengguna yang tidak ingin mengeluarkan biaya, maka Microsoft menyediakan update versi Windows Phone 7.8, yang memiliki beberapa fitur yang sama dengan Windows Phone 8.

Dengan perbaikan yang dilakukan Microsoft pada sistem operasi Windows Phone terbarunya, banyak orang berharap sistem operasi ini dapat menandingi keperkasaan iOS dan Android. Melalui hal tersebut pula, Windows Phone 8 akan berusaha menjadi sistem operasi yang memberikan kompetisi berarti bagi para pesaingnya. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel