HP Envy X2, Windows 8 Tablet / Laptop Hybrid Pertama Hewlett Packard dengan Suara Perkasa

6 Sep 2012 11:30 3837 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berpengalaman dalam memproduksi komputer dan komputer jinjing, kini pabrikan Hewlett Packard atau HP mencoba keberuntungannya dengan menelurkan Windows 8 tablet / laptop hybrid pertama yang telah dipamerkan pada perhelatan IFA 2012 di Berlin beberapa waktu yang lalu.

Berpengalaman dalam memproduksi komputer dan komputer jinjing, kini pabrikan Hewlett Packard atau HP mencoba keberuntungannya dengan menelurkan Windows 8 tablet / laptop hybrid pertama yang telah dipamerkan pada perhelatan IFA 2012 di Berlin beberapa waktu yang lalu. Ya, seperti yang Anda baca, HP Envy X2 ini bukan hanya sekedar Windows 8 tablet, namun juga sebuah laptop yang mana Anda bisa melepaskan layarnya dari keyboard fisiknya dan akan tampak menjadi sebuah tablet. Penasaran dengan bagaimana tablet / laptop hybrid pertama ini? berikut ulasan Paseban.

Desain

Pertama kali melihat tablet / laptop Windows 8 hybrid ini, pikiran Anda langsung akan tertuju ke salah satu produk laptop produksi Apple Inc. yakni MacBook Air. Memang desain yang diusung oleh HP ini hampir sama seperti MacBook Air, dengan ujung bagian keyboard yang meruncing dan menipis, akan sangat memudahkan ketika berada dalam genggaman Anda. Dikenal sebagai Envy X2 - nama ini memiliki arti yang berarti "2 kali” yang mana untuk merepresentasikan kemampuan dualnya yang bisa Anda gunakan sebagai tablet dan juga sekaligus laptop. Sasis alumunium pada Envy X2 ini membuat tampilan lapisan logam yang halus dan tetap menjaga berat badan yang rendah sebesar 1.41 kg.

Sedangkan untuk komponen utama dari perangkat ini seperti prosesor dan hardisk, tertata apik pada setengah badan tablet yang hanya memiliki ketebalan sebesar 8.5 mm. Total HP Envy X2 ini memiliki dimensi sebesar 303 x 206 x 19 mm. Sementara itu, pada bagian keyboard yang dilengkapi dengan baterai datang dengan itegrasi baterai yang terpadu untuk melengkapi tablet bila dikombinasikan. Karena seperti Asus Transformer, Envy X2 diprogram untuk menurunkan daya baterai dari baterai yang terintegrasi dengan keyboard pada saat dikoneksikan. Anda juga dapat mengisi ulang baterai kedua perangkat secara bersamaan.

Layar

Dengan layar sebesar 11.6 inchi, layar ini memiliki resolusi sebesar 1,366 x 768 pixels. Envy X2 sendiri tidak bisa disandingkan dengan iPad yang memiliki resolusi tinggi, karena Envy X2 tidak datang dengan resolusi full-HD. Namun bagaimanapun, HP Envy X2 ini datang dengan dimensi khas untuk laptop. Lebih penting lagi, HP Envy X2 membawa menyuntikkan teknologi layar IPS yang sering digunakan pada layar tablet, yang memiliki sudut pAndang yang jauh lebih baik daripada layar laptop yang khas. Kemampuan layar HP Envy X2 juga dipersenjatai dengan prosesor Intel Graphics Media Accelerator.

Software dan Hardware

Seperti yang dituliskan pada judul artikel ini, tablet / laptop hybrid ini di tanami dengan sistem operasi Windows 8. Agar software yang ditanamkan dapat berjalan dengan lancar, maka HP Envy X2 ini tampil perkasa dengan Next-Gen Intel Atom processor (Clover Trail) yang mana hanya memiliki RAM sebesar 2 GB. Sementara iterasi terbaru dari Chip Atom jauh lebih mumpuni daripada yang ditemukan di Netbooks, maka masih tersimpan keraguan pada tablet hybrid ini jika langsung berhadapan langsung dengan Ultrabooks yang menggunakan Core-i prosesor.

Media Penyimpanan

Media penyimpanan merupakan suatu hal yang penting yang harus diperhatikan karena peranannya yang penting untuk menyimpan segala file penting yang Anda miliki. Begitu pula dengan HP Envy X2, tampil dengan 64 GB SSD onboard, penyimpanan internal hybrid ini lebih dekat dengan sebuah tablet daripada PC penuh.

Namun tak sedikit laptop yang hadir dengan media penyimpanan internal yang kecil namun para penggunanya pintar dalam mengelola, salah satunya adalah MacBook Air 11 inchi yang mana juga memiliki memori internal yang terbatas dan bisa dibilang memiliki jumlah yang sama, namun jelas hal ini masih terlalu kecil untuk kita yang membutuhkan ruang yang besar untuk menyimpan beragam jenis file penting di dalamnya.

Multimedia

Beralih ke fitur multimedia yang dibawanya, tablet hybrid ini membawa fitur multimedia yang mana diantaranya adalah ditanamkannya kamera utama yang memiliki kekuatan sebesar 8 megapiksel yang dilengkapi dengan flash, dan juga kamera sekunder yang memiliki kekuatan sebesar 2 megapiksel. Untuk konektivitasnya sendiri, Anda bisa memanfaatkan kanal WiFi 802.11n yang ditanmkan pada tablet hybrid ini untuk membawa Anda berselancar ke dunia maya.

Sementara itu untuk urusan berkirim file, Anda bisa memanfaatkan port USB 2.0 dan HDMI yang bertengger di sebelah kiri dock keyboard serta USB port lainnya yang bisa Anda temukan pada bagian kanan dock keyboard yang bersanding tepat disebelah power connector. Untuk media suaranya, HP Envy X2 menggandeng perusahaan audio dari rapper Dr. Dre, yakni Beats. HP Envy X2 mempercayakan sistem audio Beats untuk memanjakan telinga pada penggunanya, yang mana teknologi audio Beats ini telah memiliki reputasi di kelasnya.

Kesimpulan

Dengan dock keyboard-nya, Envy X2 merasa lebih seperti laptop dibandingkan dengan tablet, terutama karena faktor layar yang memiliki ukuran 11.6 inchi yang cukup berat untuk sebuah tablet, yang mana pada kenyataannya tidak berat hanya terlalu lebar. Envy X2 ini memiliki kemiripan dengan Asus Transformer yang mana juga memiliki spesifikasi yang hampir sama. Ini sangat mungkin bahwa kita akan melihat lebih banyak lagi perangkat yang serupa pada tahun-tahun ini.

Seperti semua perangkat yang mengusung sistem operasi Windows 8 yang telah kita lihat sejauh ini, maka tak dipungkiri bahwa Envy X2 akan hadir setelah Microsoft Windows 8 sendiri muncul ke pasaran. Untuk harganya sendiri, pihak HP masih belum mau memberikan sedikit bocorannya. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel