UBeam - Charge Perangkat Mobile "Over The Air"

27 Jun 2011 15:03 3994 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Siapapun yang bergantung pada perangkat *mobile* dan memiliki aktivitas sehari-hari yang selalu *mobile*, pasti mengetahui bagaimana rasanya bingung mencari stop kontak listrik bagi perangkat miliknya, sementara pekerjaan yang biasa dikerjakan melalui perangkat tersebut mendekati *deadline*. Teknologi yang dimiliki UBeam merupakan jawaban terbaik bagi pengguna yang mengalami permasalahan tersebut.

Teknologi memberi kita "perangkat ajaib" seperti smartphone dan tablet, namun tidak satupun dari mereka sanggup memberikan "keajaiban" apabila tidak memiliki muatan listrik. Dan seperti yang kita semua pengguna "perangkat ajaib" alami, baterai untuk perangkat mobile masih belum memiliki teknologi mumpuni untuk mensuplai daya listrik yang cukup.

Siapapun yang bergantung pada perangkat mobile dan memiliki aktivitas sehari-hari yang selalu mobile, pasti mengetahui bagaimana rasanya bingung mencari stop kontak listrik bagi perangkat miliknya, sementara pekerjaan yang biasa dikerjakan melalui perangkat tersebut mendekati deadline. Teknologi yang dimiliki UBeam merupakan jawaban terbaik bagi pengguna yang mengalami permasalahan tersebut.

UBeam ingin mengatasi masalah itu dengan cara yang baru. UBeam memiliki kemampuan untuk mengisi daya listrik perangkat "Over The Air", tanpa perlu menggunakan charger konvensional yang harus dihubungkan ke stop kontak listrik.

Penemu teknologi UBeam, Meredith Perry dan Nora Dweck, memamerkan teknologi pada konferensi D9 awal bulan ini, dan berhasil mengesankan banyak pihak. Yang lebih mengesankan lagi adalah, kedua wanita penemu UBeam ini baru saja lulus dan mendapatkan gelar sarjana dari University of Pennsylvania.

Sistem uBeam terdiri dari Charge Station dan Battery Adapter. Charge Station dirancang untuk mengirimkan gelombang ultrasound, yang diubah menjadi listrik dengan Battery Adapter. Ultrasound yang dihasilkan oleh UBeam memiliki frekuensi diluar pendengaran manusia, jadi ultrasound ini benar-benar aman dan tidak memiliki sifat yang berbahaya bagi manusia. Battery adapter yang digunakan berukuran kecil dan memiliki ukuran sebesar flash drive.

Penerapan teknologi UBeam, kedepannya, akan bersifat seperti Wifi. Pada tempat-tempat umum seperti Coffe Shop, Charge Station dapat dipasang disamping Wifi Transmitter. Charge Station dipasang di tempat yang lebih tinggi untuk coverage area yang lebih luas. Dan pengguna yang memiliki perangkat mobile, yang pada umumnya sudah tertanam Wifi Receiver di dalamnya, tinggal menambahkan Battery Adapter berukuran kecil tersebut pada perangkatnya, selanjutnya pengguna bisa melakukan aktivitas online selama berjam-jam tanpa perlu kebingungan mencari stop kontak listrik yang tersedia di Coffe Shop tersebut. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel