Adu Teknologi Voice Recognition Apple Siri VS Microsoft TellMe

7 Dec 2011 17:30 3871 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Voice assistant milik Apple, Siri, saat ini bisa dibilang menjadi *trendsetter* dalam ranah teknologi voice recognition. Pertama kali yang mengikuti Siri adalah Android dengan munculnya beberapa aplikasi Siri-wanabe yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga.

Voice assistant milik Apple, Siri, saat ini bisa dibilang menjadi trendsetter dalam ranah teknologi voice recognition. Pertama kali yang mengikuti Siri adalah Android dengan munculnya beberapa aplikasi Siri-wanabe yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga.

Dan baru-baru ini giliran Windows Phone yang mencoba menyaingi, atau setidaknya menyamai, Siri. Aplikasi voice recognition Windows Phone ini bernama TellMe.

Tellme, sebuah perusahaan pengembang voice recognition yang dibentuk oleh Microsoft sejak dua tahun lalu, anehnya merilis aplikasi TellMe pertama kali pada Blackberry, bukan Windows Phone. TellMe baru muncul pertama pada Windows Mobile 6.5, yang kemudian berlanjut ke Windows Phone 7.

Dengan menggunakan perintah suara, aplikasi ini bisa melakukan pencarian melalui Microsoft Live Search, melakukan panggilan, dan mendikte penulisan dan mengirim SMS. Selain itu teknologi voice recognition yang dimiliki aplikasi ini mampu membuka aplikasi, update status pada situs jejaring sosial, dan juga membacakan email. Teknologi voice recognition TellMe saat ini telah terintegrasi langsung pada Windows phone sejak OS versi 6.5.

Disaat gemparnya dunia teknologi voice recognition dengan munculnya Siri, Microsoft mengklaim bahwa semua fungsi yang ada pada Siri telah tersedia pada Windows Phone sejak satu tahun lalu. Untuk membuktikan klaim dari Microsoft tersebut, berikut terdapat dua video yang membandingkan TellMe vs Siri.

Video pertama TellMe vs Siri muncul pertama kali sebagai response dari klaim Microsoft yang menyatakan semua fungsi Siri telah hadir di Windows Phone sejak satu tahun lalu tersebut. Dalam video pertama ini bisa Anda lihat bahwa teknologi voice recognition TellMe lebih pada perintah suara, bukan teknologi yang dapat mengenali suara secara natural seperti Siri.

TellMe vs Siri

Video kedua dari adu teknologi voice recognition ini bertajuk "fair comparison" yang melakukan tes dengan menyejajarkan kedua aplikasi dan menggunakan satu perintah suara. Pada video kedua ini TellMe menunjukkan performa yang baik dalam mengenali suara, mencari informasi cuaca, mencari foto, mengirim pesan, mencari restoran, dan memutar lagu.

Pada video ini juga nampak bahwa teknologi voice recognition TellMe lebih mudah mengerti perintah dari sang tester meskipun ia menggunakan logat Hungaria. Sementara terlihat Siri beberapa kali kebingungan dalam hal mengenali perintah karena logat Hungaria tersebut. Tetapi tetap Siri lebih cepat dan lebih natural dalam merespon perintah.

Siri and TellMe - a fair comparison

[RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel