Pilihan Antivirus Untuk Android Terbaik 2012

15 Jul 2012 15:00 5908 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perangkat bergerak dengan berbasis system Android kini semakin banyak. Android adalah software bebas terbuka yang dikembangkan oleh Google sebagai pelopornya, siapapun bebas mengembangkan system Android.

Perangkat bergerak dengan berbasis system Android kini semakin banyak. Android adalah software bebas terbuka yang dikembangkan oleh Google sebagai pelopornya, siapapun bebas mengembangkan system Android.

Beberapa perangkat ternama seperti Samsung, HTC, Huawei, Nexian, dan yang lainnya selalu update dengan produk-produk berjiwa Android. Perangkat ini juga tidak lepas dari incaran virus yang memanfaatkan jaringan WiFi. Virus ini dimanfaatkan oleh para hacker yang mengorek-ngorek kelemahan system ini.

Kebanyakan para user Android tidak sadar kalau perangkat mereka telah terserang virus. Namun, tidak ada salahnya jika tablet atau smartphone yang baru Anda beli dipasangi dengan senjata pamungkas untuk membunuh virus yang menyerang system pintar Android ini.

Aplikasi Android market menyediakan berbagai macam antivirus khusus untuk Android tersedia 41 lebih, tetapi menurut riset yang diadakan oleh AV-TEST Labs av-test.org hanya 7 antivirus yang benar- benar mumpuni memberantas malware, virus dan sebangsanya. Ke-7 antivirus tersebut mampu menanggulangi hingga 90% dari contoh virus dan malware, yaitu Avast!, Dr. Web Antivirus Light, F-Secure Mobile Security, IKARUS mobile.security LITE, Kaspersky Mobile Security Lite, Lookout, dan Zoner Antivirus Free.

Sedangkan sisanya hanya 60 persen saja sanggup melumat contoh virus dan malware Norton, ESET, AVG, BitDefender, Trend Micro, dan Vipre Mobile Beta. Sedangkan di posisi yang paling payah adalah antivirus besutan McAfee hanya sedikit virus yang mampu dideteksi.

Avast! Mobile Security

Avast merupakan salah satu Antivirus untuk Android tablet dan smartphone sekaligus Anti Pencurian. 100% Akurasinya sangat bagus untuk menumpas virus yang merusak dan menggangu system Android. Sudahh dilengkapi dengan perlindungan firewall untuk menghindari dari serangan spyware. Avast secara automatis akan melakukan scan mencari virus, worm, Trojan, malware, spyware, dan yang lainnya.

Anti pencuriannya pun tidak bisa dianggap remeh, pencuri akan berpikir dua kali untuk membawa kabur gadget yang telah ditanami Avast ini system pelacakannya sangat canggih memanfaatkan aplikasi tracking rahasia yang tersembunyi yang lansung memberitahukan posisi hilangnya melalui GPS. Namun sayangnya aplikasi anti pencuri ini tidak berfungsi jika tidak ada SIM card. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play.

Lookout Mobile Security

Lookout mobile security salah satu aplikasi gratis terbaik untuk antivirus handphone dan tablet. Aplikasi antivirus bernama Lookout Mobile Security berfungsi memonitor dan scanning yang bisa seting secara teratur untuk harian dan mingguan. Fitur "Find My Phone bisa secara singkat melakukan proses scanning virus. Tidak hanya scan dan membersihkan perangkat smartphone tetapi juga sanggup melakukan back up data- data di handphone Anda.

Berikut ini adalah fitur-fiturnya:

  • Deteksi dan menghapus virus, spyware, Trojan

  • Perlindungan penuh setiap hari dan bisa dijadwalkan

  • Scan system

  • Akan scanning sebelum memasang memory eksternal (SD Card, Micro SD, dan lainnya)

  • Scan setelah smartphone men-download aplikasi

  • Backup dan restore data jika takut hilang atau rusak

  • Anti maling dengan system pelacakan GPS dan Google maps

Tersedia versi Free version dan Premium version tentu saja PREMIUM lebih handal ketimbang free. Anda bisa tetap menjajal versi Premium hanya dibatasi masa waktu 7 hari. Setelahnya Anda masih bisa menggunakan versi gratisannya. Anda bisa mencoba mengunduhnya di sini.

Dr. Web Antivirus Light

Ini adalah AntiVirus Gratis dan anti-spyware utilitas berdasarkan Dr.Web Anti-virus scanner, yang akan membantu Anda dengan cepat membersihkan dan meberantas virus pada komputer Anda, Dr.Web CureIt! mendeteksi dan menghapus Rootkits, Massa cacing-mail E-mail, virus, Peer-to-peer virus, Internet, Trojans, Stealth virus, Polymorphic, Macro virus, Spyware, Spybots, Password stealers, Keyloggers, Adware, Riskware, Hacktools Joke program Backdoors, dan lain sebagainya. Aplikasi ini lebih dikenal dikalangan pengguna dengan sebutan "Doctor Web”

Cara kerja doctor web terbilang sangat unik ketika menyerang malware yang mengganggu berbeda dengan aplikasi antivirus untuk Android lainnya. System unik ini mereka sebut dengan Origins Tracing. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di sini.

IKARUS mobile.security LITE

Antivirus ini mungkin asing dan baru pertama kali dengar tetapi sesungguhnya kiprah IKARUS tidak bisa dipAndang sebelah mata, sebab AV-TEST memasukkan antivirus Android yang hAndal. Aplikasi keluaran perusahaan Austria diklaim sanggup menumpas virus, Trojan, spyware apapun yang dikenal ataupun yang tidak dikenal sebelumnya. Sayangnya Ikarus tidak dilengkapi dengan system anti maling. Apa saja kelebihan IKARUS mobile.security LITE. Dan berikut ini adalah fitur-fitur barunya:

  • Scan untuk malware

  • Karantina dan menghapus virus, spywarem dan Trojan

  • Auto dan manual update

  • Laporan secara detil

  • Menampilkan area mana saja yang di-scanning

Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play.

Kaspersky Mobile Security

Software antivirus Kasperksy begitu banyak penghargaan yang diraihnya. Termasuk untuk mobile sekuritas Android dari serangan virus, spam, Trojan, malicious. Keunikannya tidak terdapat pada software lainnya yakni menangkal SPAM sms dan telepon. Aplikasi anti maling juga tergolong hebat perangkatnya bisa langsung di lock dari jarak jauh, serta memberikan lokasi secara akurat melalui GPS dan Google Maps, namun sayangnya lagi- lagi Kaspersky tidak murah dan tidak gratis dipasaran Android Market dijual seharga US$9.95 bisa dipasang di perangkat tablet dan handphone yang lagi-lagi dijual terpisah.

F-Secure Mobile Security

Solusi cerdas untuk pengamanan smartphone Anda. Itulah yang didengungkan oleh pihak F-Secure Mobile. Anti virus ini tidak hanya sekedar menjaga tetapi juga bisa mengamankan smartphone Anda ketika berselancar internet. F-Secure akan memilah situs mana yang aman dari serangan virus dan malware. Proses update selalu automatis, juga data- data pribadi Anda akan tetap aman bila menggunakan F-Secure Mobile security. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di sini.

McAfee Mobile Security

Anda memiliki data penting dan rahasia di ponsel dan tablet, tidak perlu khawatir lagi menggunakan aplikasi antivirus untuk Android dari McAfee. McAfee sanggup melakukan Backup dan Restore data secara utuh. System pencuriannya juga sama menggunakan system lacak lokasi via GPS dan Maps, dilengkapi pula scanning web browser untuk memilah situs yang terkandung malware. Tersedia juga PIN untuk pemilik yang sah agar tangan yang tidak bertanggung jawab tidak bisa menggunakannya. Anda bisa mengunduhnya di sini.

Dan berikut Paseban hadirkan alternative Antivirus untuk Android lainnya yang bisa Anda unduh secara gratis di Google Play:

Aplikasi di atas keseluruhan bisa Anda langsung unduh melalui situs resmi penyedia Google Play store, seperti yang disarankan dan hasil penelitian av-test.org, namun untuk F-Secure yang masuk peringkat 10 besar sengaja tidak ada link unduh sebab tidak tersedia di Goolge Play store. [TR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel