Ini Kata Pakar Kesehatan Bahwa Pare Bagus untuk Turunkan Kolesterol dalam Tubuh

3 Jun 2024 11:45 392 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ini Kata Pakar Kesehatan Bahwa Pare Bagus Untuk Turunkan Kolesterol Dalam Tubuh

Pare atau peria (momordica charantia) adalah tanaman merambat tropis yang termasuk ke dalam keluarga labu dan memiliki kerabat dekat dengan zucchini dan mentimun. Tanaman ini dibudidayakan di seluruh dunia karena buahnya yang enak dikonsumsi dan dianggap sebagai salah satu sayur wajib ada dalam beragam jenis masakan di Asia. Pare memiliki rasa yang tajam dan pahit, tetapi pare bermanfaat sebagai bahan makanan, dimana buah ini telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan. Pare kaya akan kandungan vitamin A dan C serta nutrisi lainnya. Ia juga mengandung senyawa yang mungkin memiliki manfaat kesehatan. Dikutip dari laman PharmEasy, buah pare memiliki sejumlah potensi manfaat sebagai berikut : bersifat antioksidan, menurunkan kolesterol, baik untuk penderita diabetes, melawan pertumbuhan sel kanker, menyembuhkan luka, dan sebagai obat herbal untuk malaria.

Pare merupakan tambahan makanan rendah kalori dan tinggi serat sehingga bagus untuk diet sehat yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. Pare merupakan sumber yang baik untuk kalsium, magnesium, kalium, zat besi dan zinc. Nutrisi-nutrisi tersebut penting untuk membantu menjaga kesehatan gigi, tulang, sel darah, serta mendukung fungsi otak, otot, saraf dan sistem kekebalan tubuh. Pare diketahui juga kaya akan vitamin C yang tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga bagus untuk kulit dan tulang anda. Kandungan vitamin A dalam pare juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, penglihatan dan kesehatan reproduksi anda. Pare adalah sumber katekin, asam galat, epikatekin, dan asam klorogenat yang baik. Mereka merupakan senyawa antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan.

Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan adanya penumpukan plak lemak di arteri, memaksa jantung bekerja lebih keras memompa darah sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Dilansir dari laman Cleveland Clinic, beberapa penelitian laboratorium telah menyoroti potensi pare untuk menurunkan kadar kolesterol tidak sehat. Para peneliti menggunakan ekstrak pare dalam jumlah besar untuk menurunkan kadar kolesterol pada model non manusia. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah hasilnya bisa sesuai dengan penelitian pada manusia. Sejalan dengan itu, dilansir dari laman Healthline, beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa pare dapat menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Sebuah penelitian pada manusia juga menemukan bahwa pemberian ekstrak pare yang larut dalam air menyebabkan penurunan kadar LDL atau kolesterol jahat yang signifikan. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk menentukan efek positif yang konsisten pada manusia yang mengkonsumsi pare sebagai bagian dari diet seimbang.

Cara pengolahan pare yang sehat adalah dengan dimakan mentah sebagai lalapan segar bersama dengan sambal terasi agar bercita rasa enak untuk teman makan nasi. Ini bisa anda konsumsi setiap hari tanpa memiliki resiko berbahaya dan bagus sebagai media untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dai dalam tubuh usai anda makan besar karena pesta dimana mengharuskan anda makan makanan yang memicu kolestrol di dalam tubuh meningkat tajam seperti makanan bergula, jeroan dan makanan pesta lainnya yang menyebabkan menumpuknya lemak jahat di dalam tubuh. Jika anda suka rasa pahit, pare bisa juga dibuat jus segar dengan memberi tambahan penyegar seperti perasan jeruk nipis, selain membantu menjaga kebugaran tubuh, jus pare juga bagus untuk diet sehat karena mengurangi timbunan lemak di dalam tubuh jika rutin mengkonsumsi setiap sore. Biasanya pare yang paling nikmat dimakan adalah dimasak menjadi sayuran seperti cah pare atau pare goreng dengan daging bagus diberikan kepada anak-anak dan para lansia. Atau pare direbus kemudian dimakan dengan masakan pelezat lainnya seperti sambal atau bawang goreng dan saos tiram. Buatlah kreasi masakan Nusantara dengan bahan utama dari sayur pare yang tidak membosankan keluarga anda terutama anak-anak dan lansia menyantapnya sehingga pare yang rasanya pahit menjadi makanan favorit mereka.

Semoga bermanfaat.  

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel