Daftar Fitur Terbaru Windows 8 yang Belum Banyak Orang Tahu

15 Dec 2012 17:00 6085 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sistem operasi anyar milik Microsoft ini merupakan sistem operasi yang baru-baru ini mengejutkan dunia. Dengan tampilannya yang seperti Windows 7 namun memiliki menu tambahan yaitu menu Metro (menu yang berisi aplikasi-aplikasi yang berbentuk kotak-kotak berwarna-warni) yang ada di saat Anda baru menyalakan perangkat membuat tampilan dan shortcut-shortcut menjadi lebih menarik.

Sistem operasi anyar milik Microsoft ini merupakan sistem operasi yang baru-baru ini mengejutkan dunia. Dengan tampilannya yang seperti Windows 7 namun memiliki menu tambahan yaitu menu Metro (menu yang berisi aplikasi-aplikasi yang berbentuk kotak-kotak berwarna-warni) yang ada di saat Anda baru menyalakan perangkat membuat tampilan dan shortcut-shortcut menjadi lebih menarik.

Dan masih banyak orang yang masih bingung akan fitur-fitur sistem operasi anyar ini, bahkan tidak mengerti. Berikut merupakan 10 fitur rahasia yang mungkin akan membantu Anda dalam mengoperasikan Windows 8 dengan lebih maksimal. Berikut Fitur terbaru Windows 8 yang mulai bisa Anda terapkan:

Menu Start Rahasia

Di Windows 8 jika di menu desktop Anda menggerakkan pointer mouse ke arah kiri bawah maka akan tertampil sebuah menu pop up kecil yang akan mengarahkan Anda ke menu Metro. Jika Anda mengklik kiri maka Anda akan menuju ke Metro, namun jika Anda mengklik kanan maka akan tertampil menu-menu yang akan mengantarkan Anda ke fitur-fitur penting dari sistem operasi Windows 8 ini. seperti Control Panel, Command Prompt, Task Manager dan lain-lain. Dengan ini Anda tidak perlu bingung karena ketiadaan dari tombol Start.

Fitur "Sync Your Setting”

Dengan fitur ini, Anda bisa memback up pengaturan Anda yang Anda simpan di media penyimpanan yang ada di dunia maya (Cloud). Sehingga jika Anda ingin komputer di kantor Anda memiliki pengaturan yang sama dengan komputer yang ada di rumah, maka Anda bisa memback up pengaturan komputer yang ada di Rumah Anda dan merestorenya di komputer di kantor Anda. sangat mudah dan simple.

Windows Defender

Setelah di beberapa versi Windows sebelumnya Windows Defender ditiadakan, maka di Windows 8 fitur ini kembali lahir dan dapat melindungi perangkat Anda dari Virus, Spyware, Malware dan program-program merugikan lainnya. Sehingga Anda tidak perlu menginstall aplikasi Anti-Virus tambahan untuk melindungi komputer/perangkat bersistem operasi Windows 8 Anda.

Mematikan Perangkat dengan Lebih Mudah

Di Windows 8 agak sedikit merepotkan bagi beberapa orang untuk mematikan perangkatnya. Karena Anda harus membuka menu yang ada di sebelah kanan layar, klik setting, klik tanda Power lalu pilih Shut Down. Sesungguhnya ada cara yang lebih simple untuk mematikan perangkat Windows 8 yaitu dengan menekan tombol Alt+F4 di keyboard Anda. dan Anda bisa langsung memilih untuk dimatikan, Hibernate, Standby atau Restart. Sebenarnya cara Alt+F4 ini sudah ada sejak Windows terdahulu, namun di Windows 8 yang cara mematikannya agak terlalu banyak langkah-langkahnya, maka cara ini akan lebih cepat dan mudah.

Fitur Screenshot

Cara ini juga sebenarnya sudah ada di seri Windows-Windows terdahulu. Dengan menekan tombol bertuliskan "Prt Sc” di keyboard Anda, maka Anda akan mendapatkan gambar yang didapatkan dari keadaan layar Anda saat itu juga. Anda hanya perlu Paste kan di Paint dan di simpan sesuai dengan selera Anda.

Shortcut dengan Menggunakan Keyboard

Sistem operasi Anyar ini ditujukan lebih menonjol untuk perangkat-perangkat berlayar sentuh. Sehingga jika Anda ingin berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain Anda hanya cukup menggesernya saja. Namun bagaimana jika Anda menggunakan Desktop yang menggunakan mouse dan keyboard dan tidak mendukung layar sentuh? Anda bisa menggunakan shortcut dengan menggunakan keyboard. Seperti menekan tombol Windows untuk berpindah dari menu desktop ke menu Metro, atau juga dengan menekan Ctrl+Tab untuk melihat semua aplikasi yang Anda telah Anda install dan di tampilkan dalam menu list. Dengan shortcut ini Anda tidak perlu menggeser-geser layar dengan mouse Anda dan terlalu banyak klik.

Fitur "Snap Your Apps”

Dengan fitur ini Anda bisa "menempelkan” aplikasi yang ingin Anda pantau setiap saat di sisi sebelah kiri atau kanan dari layar Anda. Sehingga Anda masih bisa mengerjakan pekerjaan lain di saat Anda memantau di satu layar yang sama.

ISO Support

Jika di seri Windows tedahulu yaitu Windows 7 Anda dapat membakar/Burn file ISO ke CD tanpa aplikasi tambahan. Maka di Windows 8 Anda selain bisa membakar/Burn ke keping CD, Anda juga bisa membuka dan mount file ISO tesebut. Sehingga Anda bisa membuka dan melihat isi file tersebut tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Install Ulang Windows 8

Dengan fitur ini Anda bisa mengembalikan semua fitur-fitur Windows 8 Anda ke pengaturan awal. Fitur ini sama seperti fitur-fitur yang ada di handphone yaitu Factory Reset. Sehingga semua hal yang ada di perangkat Anda akan kembali ke awal seperti saat Anda membeli baru.

File History

Dengan fitur ini, dapat mengembalikan file yang telah terhapus jika Anda secara tidak sengaja menghapus file penting Anda. Fitur ini harus Anda aktifkan di pengaturan bagian System and Security yang ada di Control Panel. [RND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel