XL Phonebook - Layanan Back Up Data Bagi Pelanggan XL

6 Oct 2011 09:00 5829 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pernahkan Anda kebingungan karena data-data penting di ponsel Anda hilang? Sekarang tidak perlu khawatir lagi jika Anda kehilangan nomor telepon penting pada phonebook Anda, kehilangan janji penting yang tersimpan di kalender ponsel Anda, maupun kehilangan data SMS yang berharga.

Pernahkan Anda kebingungan karena data-data penting di ponsel Anda hilang? Sekarang tidak perlu khawatir lagi jika Anda kehilangan nomor telepon penting pada phonebook Anda, kehilangan janji penting yang tersimpan di kalender ponsel Anda, maupun kehilangan data SMS yang berharga.

XL memberikan solusi bagi Anda dengan layanan XL Phonebook. XL Phonebook adalah layanan yang akan memberikan kemudahan bagi semua pelanggan XL untuk mempunyai back up data-data penting yang tersimpan di ponsel untuk disimpan di database XL Phonebook. Database ini dapat diakses kapan pun melalui koneksi GPRS.

Layanan XL Phonebook memberikan dua fitur layanan penting, yaitu:

  • Phonebook Backup

    Phonebook Backup adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk melakukan back up terhadap phonebook/contacts yang ada di ponsel Anda. Jika ponsel anda rusak, hilang atau Anda membeli ponsel baru, Anda dapat dengan mudah mengambil kembali (restore) data phonebook/contacts lama Anda ke ponsel yang baru. Anda juga dapat melihat dan memeriksa backup Anda secara rutin melalui web.

  • Message Backup

    Message Backup adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk menyimpan SMS dan MMS di hosted storage space yang dikelola XL sebelum dihapus dari ponsel Anda. Jika SMS atau MMS tersebut diperlukan lagi, Anda dapat dengan mudah mengambilnya kembali.

Bagaimana cara berlangganan XL Phonebook? Ada dua alternatif yang dapat Anda pilih, yaitu :

  • Melalui SMS

    Ketik SET dan kirim ke 2665. Setelah itu, Anda akan mendapatkan SMS konfirmasi berisi password dan link untuk Login di http://www.xl.co.id/xlbackup.

  • Melalui UMB (USSD Menu Browser)

    • Tekan *123# kemudian Ok/Yes dari ponsel Anda.

    • Kemudian pilih sub-menu 5 (XL Konten).

    • Setelah itu pilih sub-menu 7 (Layanan)

    • Setelah itu pilih sub menu 5 (PhoneBackup).

    • Pilih sub-menu DAFTAR.

      Atau lebih mudah dengan tekan *123*575# lalu pilih DAFTAR. Setelah itu, Anda akan mendapatkan SMS konfirmasi berisi password dan link untuk Login di http://www.xl.co.id/xlbackup.

Setelah pendaftaran Anda terkonfirmasi, Anda akan diberikan arahan untuk setup XL Phonebook di ponsel Anda. Langkah-langkah setup dan sinkronisasi ponsel Anda dengan XL Phonebook dapat langsung Anda lihat di website XL. Selain itu Anda juga akan mendapatkan petunjuk untuk Phonebook Backup, Message Backup, dan cara mengecek data back up Anda di web server XL.

Berapa tarif yang harus Anda keluarkan untuk menggunakan layanan XL Phonebook ini? Semua tarif yang diberlakukan untuk layanan ini belum termasuk PPN sebesar 10%. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Pada saat registrasi awal, Anda akan dikenakan biaya registrasi.

  • Tarif layanan XL Phonebook tiap bulannya Rp 5.000,-

  • Tarif GPRS yang diberlakukan sebesar Rp 5,- per kilobyte

  • Tarif SMS yang diberlakukan sebesar Rp 350,- per sms

Lalu, bagaimana jika Anda ingin berhenti menggunakan layanan XL Phonebook? Sebelum Anda berhenti berlangganan XL Phonebook, Anda harus ingat, bahwa setelah Anda berhenti menggunakan layanan XL Phonebook seluruh data backup Anda di web server XL akan dihapus seluruhnya. Cara menghentikan layanan XL Phonebook yaitu :

  • Ketik STOP melalui SMS dan kirim ke 2665. Setelah itu XL akan mengirim sms konfirmasi kepada Anda yang berisi "Anda yakin untuk Unreg XL_Phonebook? Ingat semua data backup anda di website akan terhapus secara otomatis. Ketik 'Y' untuk konfirmasi unreg layanan XL_Phonebook". Ketik 'Y' dan Anda pun otomatis berhenti dari layanan XL Phonebook.

  • Melalui CS XL Contact Center di nomoe 817

  • Jika masih belum bisa berhenti dari layanan XL Phonebook, langsung datang ke XL Center terdekat di kota Anda, lokasinya dapat Anda lihat di aplikasi Service Center Information Paseban.

Ada beberapa layanan serupa dengan layanan XL Phonebook ini, di antaranya Buku Teleponku dari AXIS, Indosat MyBackup, Telkomsel WaveSecure, dan Indosat i-Guard yang pernah dibahas oleh Paseban. Masih ada beberapa aplikasi perlindungan data dari operator lain, penasaran? Silakan tunggu di pembahasan Paseban selanjutnya. QR

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel