Pakai VPN dan Kecepatan Meningkat Berkali-kali Lipat? Mungkin Faktor-Faktor ini Alasannya

4 May 2016 17:10 3500 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Informasi seputar VPN yang dapat meningkatkan kecepatan internet.

Jika kita ditanya tentang apa yang diinginkan dari koneksi internet, sebagian besar orang di tanah air Indonesia ini akan menjawab “kecepatan yang tinggi.”

Tapi yang menjadi masalah disini adalah koneksi internet dengan kecepatan yang tinggi bukan berarti bahwa kita dapat dengan bebas mengakses situs-situs yang ada di internet dengan bebas.

Namun, ada solusi untuk itu yaitu dengan menggunakan VPN.

Menggunakan VPN memang membuat kita dapat mengakses berbagai situs di internet dengan aman. Akan tetapi, pada umumnya menggunakan VPN itu menjadikan koneksi internet kita menjadi lambat akibat adanya batasan-batasan yang memang diimplementasikan oleh para penyedia layanan VPN.

Sekilas, kenyataan seperti itulah yang sering kita hadapi ketika kita menggunakan VPN yang umumnya adalah VPN gratis.

Namun di lain pihak, ada beberapa orang yang merasakan peningkatan kecepatan ketika mengunduh dalam kondisi terhubung ke VPN.

Salah satunya adalah saya yang ketika mengunduh suatu file besar dari suatu situs. Awalnya saya mengunduh file tanpa VPN dan kecepatan maksimal yang bisa saya dapatkan adalah 350 Kb/s. Namun, ketika saya mencoba mengunduhnya dengan menggunakan VPN, kecepatan download dari file yang sedang saya unduh pun meningkat menjadi 1.2 Mb/s.

Berawal dari rasa kaget dan penasaran, akhirnya saya mencoba mencari-cari jawabannya di Internet.

Beberapa puluh menit mencari, akhirnya saya menemukan jawaban yang saya cari. Kecepatan internet saya yang menjadi 3 kali lebih cepat ini ternyata bisa diakibatkan oleh beberapa faktor.

Yang pertama adalah Kompresi file.

Jika data atau file yang Anda unduh merupakan sebuah file yang tidak terkompresi dan VPN yang Anda gunakan menawarkan fitur kompresi, maka Anda sudah mendapatkan jawaban tentang kenapa koneksi Anda menjadi lebih cepat.

Tapi sepertinya, file-file yang biasanya diunduh dari internet biasanya sudah dikompresi, sehingga kemungkinan untuk koneksi mengalami peningkatan akibat faktor ini cukup kecil.

Untuk faktor yang kedua dan yang ketiga biasanya berhubungan dengan konektivitas dan batasan-batasan yang memang diterapkan oleh ISP (internet Service Provider) yang Anda gunakan.

dan peningkatan kecepatan koneksi ini bisa saja dikarenakan VPN yang Anda gunakan telah berhasil menemukan sebuah “jalan tol” yang membuat transfer data lebih cepat dari tempat transmisi ke tempat tujuan.

Dan hal tersebut bisa diakibatkan oleh:

1. awalnya ISP yang Anda gunakan memiliki koneksi yang banyak sehingga menyebabkan koneksi ke data sulit terhubung karena kebingungan mencari jalan yang harus dilalui. Namun dengan menggunakan VPN, koneksi yang terhubung pun berjalan melewati rute lain yang memiliki konektivitas dengan data yang ingin/sedang Anda unduh.

2. ISP yang Anda gunakan menerapkan sistem traffic tersendiri, seperti membaginya berdasarkan tipe traffic ataupun lokasi tujuannya.

Dan dengan menggunakan VPN, traffic Anda yang awalnya dibatasi oleh tipe-tipe traffic yang diterapkan oleh ISP yang Anda gunakan, kini diberikan prioritas atau tidak terbatas oleh “rules” dari ISP yang Anda gunakan lagi.

Dari jawaban-jawaban di atas, yang ternyata terjadi pada saya adalah faktor ketiga dimana koneksi yang saya gunakan ternyata diberikan batasan-batasan tertentu oleh provider internetnya. Sekarang saya pun dapat mengunduh sebuah file yang jumlahnya bergiga-giga hanya dalam waktu beberapa puluh menit saja; tidak seperti sebelumnya dimana saya membutuhkan waktu hingga berjam-jam untuk satu buah file berukuran 2 Gigabyte saja.

 

 

Tags Internet

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel