Aplikasi Kesehatan iOS dan Android Terbaik dari Drugs.com

22 May 2012 11:30 5288 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi Anda yang sedang mengidap penyakit ataupun tidak, mengetahui obat-obatan yang akan dikonsumsi merupakan suatu keharusan. Hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai salah satu bentuk upaya dalam meminimalisir efek samping tambahan dari obat yang dikonsumsi. Misalnya penyakit batuk, bagi sebagian orang yang mengetahuinya ...

Bagi Anda yang sedang mengidap penyakit ataupun tidak, mengetahui obat-obatan yang akan dikonsumsi merupakan suatu keharusan. Hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai salah satu bentuk upaya dalam meminimalisir efek samping tambahan dari obat yang dikonsumsi. Misalnya penyakit batuk, bagi sebagian orang yang mengetahuinya batuk pilek itu bukan sebuah penyakit, tidak jahat dan tidak mematikan. Batuk justru merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh untuk membersihkan saluran napas dari segala sesuatu yang mengganggu seperti debu, dahak, makanan/minuman yang tersedak dan lainnya. Sehingga tidak membutuhkan obat serius untuk menghentikannya bahkan refleks batuk tidak boleh ditekan.

Ketika berkonsultasi kepada dokter, banyak pertanyaan wajib yang harus Anda tanyakan, salah satunya benarkah Anda membutuhkan obat-obat tersebut? Dan jika Anda telah mendapatkan penjelasan, Anda bisa melakukan pencarian informasi lebih lanjut di situs: http://drugs.com. Berawal dari situs inipula Paseban menyajikan informasi beberapa aplikasi kesehatan yang khusus dikembangkan oleh situs tersebut untuk pengguna perangkat iOS dan Android. Berikut aplikasinya.

Pill Identifier

Aplikasi kesehatan ini menyajikan lebih dari 10.000 database Rx/obat OTC yang ada di Amerika Serikat. Meskipun demikian, tidak ada salahnya jika Anda memiliki aplikasi ini. Terlebih bagi Anda yang sering melakukan pengobatan ke luar negeri seperti ke Amerika Serikat.

Anda bisa mencari obat berdasarkan pembuat obat, bentuk obat, nama dan warna obat. Dalam aplikasi kesehatan ini juga tersedia gambar obat, penjelasan dan indikasi, katgori kehamilan, jadwal CSA, ketersediaan obat /presentase Rx. Bahkan jika informasi yang Anda cari tidak ditemukan, aplikasi ini akan menyambungkan Anda ke situs resminya langsung. Aplikasi ini tersedia bagi Anda pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch dalam dua versi. Yang pertama versi Lite yang dihargai sebesar $0,99 dan versi Pro yang dihargai sebesar $39,99. Anda bisa mengunduhnya melalui link di bawah ini:
- Pill Identifier Lite: http://itunes.apple.com/us/app/pill-identifier-lite-by-drugs/id398305495?mt=8
- Pill Identifier Pro: http://itunes.apple.com/us/app/pill-identifier-by-drugs-com/id389479625?mt=8

Pill Reminder

Bagi Anda wanita yang sedang menjalani program KB khususnya, aplikasi kesehatan ini akan membantu Anda utnuk mengingatkan kapan waktunya meminum obat dan kapan obat tersebut habis. Tidak hanya untuk mengingatkan Anda dalam meminum pil KB, namun juga bagi Anda yang sedang menjalani proses penyembuhan di mana harus rutin meminum obat dari dokter /catatan obat komprehensif pribadi (PMR).

Selain pil KB, dengan aplikasi kesehatan ini Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengelola kombinasi obat-obatan, vitamin /suplemen. Aplikasi yang dikembangkan oleh Drugs.com inipun menyediakan akses dan informasi yang lengkap serta * up to date*. Anda bisa memeriksa interaksi obat, dosis dan efek samping tanpa harus keluar dari aplikasi.

Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi Pill Reminder untuk perangkat iOS ini di antaranya:

  • Antarmuka intuitif yang memungkinkan Anda membuat daftar obat-obatan dengan mengatur reminder /pengingat hanya dalam beberapa detik menggunakan database obat-obatan terlengkap yang telah built-in .
  • Menyiapkan pengingat semua jenis pil secara rutin menggunakan pilihan penjadwalan yang fleksibel.
  • Dukungan beberapa pengguna, Anda bisa menetapkan obat untuk diri sendiri, anggota keluarga maupun orang-orang yang sedang Anda rawat.
  • Tersedia kunci PIN untuk keamanan dan privasi.
  • Adanya pengaturan skrip pengingat untuk memberitahu Anda ketika Anda harus melakukan restock resep obat.
  • Suara pengingat yang bisa dikustomisasi.
  • Bisa menambahkan catatan secara kustom untuk pengingat pil Anda misalnya dengan menambahkan rincian makanan, resep dokter dan lain sebagainya.
  • Bisa menambahkan foto obat untuk referensi visual cepat.
  • Akses informasi medis yang komprehensif untuk obat Anda dengan mudah termasuk efek samping, dosis, interaksi, keselamatan kehamilan dan lain sebagainya.
  • Bisa menunda jadwal pengingat ketika Anda berada dalam pertemuan penting atau sedang tidak ingin diganggu.
  • Bisa menyimpan riwayat data medis Anda.
  • Reminder bersifat lokal yang tidak memerlukan koneksi internet.
  • Semua data disimpan pada perangkat pribadi Anda dan sepenuhnya tersimpan dengan aman.
  • Bisa mengekspor daftar obat atau sejarah administrasi Anda.

Aplikasi manajemen kepatuhan pengobatan yang sangat berharga ini dihargai dengan harga sekitar $0.99 yang bisa diunduh di sin http://itunes.apple.com/us/app/my-meds-pill-reminder-by-drugs.com/id453359236?mt=8i. Dengan aplikasi kesehatan ini diharapkan tidak ada waktu yang akan terlewatkan lagi untuk minum obat.

Drug Guide for Consumers

Aplikasi panduan obat untuk konsumen ini merupakan database komprehensif terhadap penggunaan obat-obatan di Amerika Serikat yang telah disetujui oleh FDA. Untuk obat-obatan yang tidak disetujui di Amerika Serikat mungkin memiliki cakupan yang tidak lengkap.

Aplikasi kesehatan ini mudah dimengerti oleh konsumen karena ditampilkan dalam format yang mudah dibaca di mana di dalamnya dilengkapi dengan informasi efek samping, peringatan kotak, tindakan pencegahan, instruksi administrasi dan informasi overdosis. Anda bisa mencari nama obat berdasarkan kondisi medis atau klasifikasi obat.

Aplikasi ini juga mencakup peringatan FDA MedWatch untuk membantu menjaga kesehatan pengguna melalui informasi batas konsumsi obat-obatan atau suplemen makanan. Semua data disimpan pada perangkat iOS Anda dengan akses yang cepat. Keamanan alert, revisi isi dan obat akan selalu dotambahkan setiap bulannya. Aplikasi kesehatan yang satu ini dapat Anda miliki dengan membelinya di iTunes Store dengan harga $24.99.

Drug Guide for Healthcare Professionals

Tidak berbeda jauh dengan aplikasi panduan obat untuk konsumen di atas, aplikasi panduan kesehatan untuk professional inipun memiliki fitur-fitur yang serupa di mana informasi akan ditampilkan dalam format monografi yang di dalamnya tersedia informasi mengenai dosis & administrasi, reaksi merugikan, interaksi obat, farmakologi, indikasi, kontraindikasi dan informasi pasien. Aplikasi ini digunakan oleh Anda yang berprofesi seorang dokter. Aplikasi yang dihargai sekitar $39.99 ini bisa Anda dapatkan di iTunes Store.

Personal Medication Record

Dengan aplikasi kesehatan ini Anda bisa merekam obat pribadi secara digital (ePMR) untuk melacak obat Anda dan langsung membuat informasi medis yang relevan secara sederhana, karena memiliki format yang mudah untuk dibaca secara pribadi. Anda juga bisa mendapatkan akses langsung yang mendalam sebagai konsumen untuk membandingkan informasi obat, berita sejarah, peringatan FDA, interaksi obat dan makanan, alergi serta kondisi medis.

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, aplikasi yang bisa Anda dapatkan secara gratis ini ditujukan khusus untuk Anda para pengguna Android. Dan Anda bisa memiliki aplikasi ini dengan mengunduhnya secara langsung di Google Play Store .

Itulah beberapa aplikasi yang dikembangkan oleh sebuah situs yang bernama Drugs.com. Dalam hal ini mereka menegaskan bahwa Drugs.com tidak memberikan saran medis atau pengobatan. Dan sebaiknya Anda selalu berkonsultasi dengan dokter. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel